Bahaya Menghidupkan dan Mematikan AC Mobil Sembarangan

Apakah kamu suka menghidupkan dan mematikan air conditioner (AC) secara sembarangan? Nah, ternyata hal itu berbahaya dan bisa merusak mobil kamu loh. Simak penjelasannya di sini bagaimana hal itu bisa merusak mobil kamu!

Asal tahu saja, mengaktifkan dan menonaktifkan AC di mobil tidak boleh sembarangan. Pasalnya jika tak mengikuti aturan, maka terdapat kemungkinan komponen yang menunjang AC tersebut menjadi cepat rusak.

Contoh yang benar adalah, ketika mematikan mesin, maka sebaiknya AC juga ikut dinonaktifkan. Jika tidak, maka dalam jangka waktu panjang bakal ada komponen yang cepat rusak sebelum waktunya.

Memang jika AC dalam kondisi menyala saat mesin mati sebenarnya tidak akan merusak kompresor. Namun, komponen yang bisa cepat bermasalah adalah alternator dan aki.

(Baca juga: Ini Alasan untuk Menggunakan Jenis BBM Sesuai Rekomendasi Mobil)

Alasannya, ketika mobil dinyalakan, tenaga yang dibutuhkan cukup tinggi. Jika AC dalam posisi menyala maka daya ke magnet kompresor menjadi lebih besar. Karena itu, tak ada salahnya untuk mematikan AC ketika mesin mobil tidak menyala. Pasalnya, dalam jangka panjang hal itu baik untuk kondisi mobil.

Untuk diketahui, pada AC sendiri banyak komponen penting, seperti kompresor, kondensor, hingga evaporator. Nah, apabila ketika komponen itu bermasalah, maka kinerja AC pun menjadi tidak maksimal.

Bagaimana tips mobil di atas menurut kamu? Karena itu, untuk kamu para pemilik mobil tidak ada salahnya untuk memposisikan tombol AC pada posisi off ketika mesin mobil dimatikan. Ketika mesin menyala, maka AC juga boleh dinyalakan kembali. Hal itu agar semua komponen-komponen penting pada AC tersebut bisa lebih awet.