Penjualan Mobil Baru 2019 Diperkirakan Tembus 1,19 Juta Unit

Lembaga riset internasional, Frost & Sullivan memperkirakan penjualan mobil di Indonesia akan mencapai sekitar 1.192.700 unit pada tahun 2019, atau tumbuh 4,2 persen dari capaian 2018. Pasalnya, ekonomi Indonesia diperkirakan bakal terus mencatat pertumbuhan positif pada tahun 2019, mendorong kepercayaan konsumen sepanjang tahun.

Vivek Vaidya, Associate Partner and Senior Vice President of Mobility di Frost & Sullivan mengatakan, faktor-faktor kunci yang kemungkinan akan membantu pertumbuhan penjualan mobil Indonesia pada 2019. Hal itu meliputi pertumbuhan konsumsi domestik, pertumbuhan investasi swasta, dan peluncuran model mobil baru.

“Lebih banyak peluncuran mobil baru dan menarik dinantikan pada tahun ini. Segmen SUV akan menjadi perhatian pada 2019. Selain itu permintaan untuk model populer yang diluncurkan di semester II 2018 juga akan terwujud tahun ini,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Ia menambahkan, ada faktor-faktor eksternal seperti perang perdagangan China AS. Kemudian pengetatan kebijakan moneter di AS dan defisit transaksi berjalan Indonesia adalah beberapa hambatan pada 2019. Hal itu menurutnya perlu diatasi oleh sentimen konsumen yang positif untuk tetap berada di jalur pertumbuhan.

“Setiap peningkatan dalam perang perdagangan AS-China yang sedang berlangsung dapat berdampak signifikan terhadap Indonesia. Alasannya karena kedua negara adalah mitra dagang utama. Pasokan bahan baku Indonesia ke China akan terkena dampak negatif,” ujar Vivek.