4 Ide Kegiatan Sahur On The Road yang Bermanfaat

Sahur On The Road kini sedang menjadi sorotan karena banyak mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat. Padahal, dahulu istilah Sahur On The Road kental dengan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Tren positif tersebut saat ini tercoreng dengan berbagai kasus Sahur On The Road yang berujung tindakan kriminalitas. Nah, jika kamu berencana untuk melakukan Sahur On Ther Road yang berisi kegiatan positif dan bermanfaat, silakan simak beberapa idenya di sini!

 

Bakti Sosial

Kegiatan ini sudah jelas sangat positif, karena berkontribusi bagi masyarakat banyak. Bakti sosial bisa kamu tujukan khusus untuk masyarakat yang tidak mampu. Salah satu jenisnya seperti berbagi sembako atau kebutuhan harian.

Nah, untuk membuat acara bakti sosial, pastikan kamu memiliki tim yang cukup dan dana yang memadai. Mulai dengan merancang bentuk acaranya, kemudian menentukan sumbangan yang akan diberikan, hingga menentukan tugas tiap orang dalam tim.

 

Sahur Bersama Anak Yatim

Berbagi kepada mereka yang kurang beruntung selalu membahagiakan hati siapapun.  Kegiatan yang satu ini punya begitu banyak hal positif jika dilakukan. Kamu bisa mengenal dan membantu mereka yang kurang beruntung dengan hidup tanpa kasih sayang orang tua.

Jika kamu berencana menggelar Sahur On The Road bersama anak yatim, sebaiknya melakukan survei ke panti asuhan terdekat dahulu. Setelah itu tentukan kapan saat yang tepat, susun tim dan pilih menu yang pas untuk sahur bersama mereka. Jangan lupa juga buat susunan acara yang fun untuk mereka agar berkesan!

 

Bersih-bersih Tempat Umum

Sahur On The Road yang satu ini pasti berguna banget untuk orang banyak. Kamu bisa buat acara bersih-bersih tempat umum seperti taman, jembatan, sungai, dan yang lainnya. Pastikan pesertanya cukup banyak sehingga bisa tetap menyenangkan, tetapi tidak melelahkan.

Untuk menggelar acara ini, kamu sebaiknya menyusun tim dengan peserta yang cukup banyak. Kemudian mulailah menentukan tempat umum yang akan dibersihkan. Usahakan aksesnya mudah dijangkau semua peserta ya.

 

Camping Rohani

Kegiatan yang satu ini mungkin salah satu yang paling asyik dan seru. Kamu bisa seru-seruan dengan teman, mendekatkan diri sama alam, sambil meningkatkan keimanan. Namun, banyak hal yang harus kamu persiapkan jika ingin menggelar Sahur On The Road yang satu ini.

Pertama, pilih tempat berkemah yang seru, tetapi aman dan nyaman. Jangan sampai ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi saat berkemah.

Kedua, pastikan barang-barang yang perlu di bawa oleh para pesertanya. Jangan sampai terjadi masalah karena lokasi yang jauh dari permukiman.

Ketiga, usahakan ada ustad yang mendampingi jalannya acara. Hal itu agar semua kegiatan terkendali dan sesuai dengan tujuan utama. Kalian bisa mengisi acara dengan beragam hal rohani bersama ustad.