Mau Mudik Tanpa Macet? Ini 5 Rute Terbaru yang Bisa Kamu Coba!

Mudik Tanpa Macet — Perjalanan mudik Lebaran rasanya sudah lumrah jika bermacet – macet ria atau antrian panjang mengular. Pemerintah bersama seluruh pihak berusaha mengurangi kemacetan saat mudik Lebaran dengan membangun sejumlah infrastruktur baru. Yaitu rute – rute jalan alternatif terbaru yang hampir 75% sudah rampung menghubungkan kota – kota di pulau Jawa dan pulau Sumatera.

Berikut kami bagikan 5 rute terbaru yang bisa dicoba untuk mudik tanpa macet di lebaran tahun ini:

1. Gerbang tol Salatiga

foto : kumparan

Banyak yang takjub dengan tol yang satu ini, karena menyajikan pemandangan yang luar biasa seperti di Eropa. Tol ini bisa dijadikan sebagai jalur alternatif mudik lebaran tahun ini. Karena tol ini sudah selesai dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada 2017 untuk menghubungkan Kota Salatiga ke daerah yang lainnya.

2. Jalur Lintas Selatan (JLS)

Jalur alternatif yang menghubungkan sisi selatan pulau Jawa ini, membentang di sepanjang kota – kota Jawa Timur. Seperti Jakarta – Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Kebumen – Yogyakarta – Pacitan – Ponorogo – Tulungagung – Blitar – Kepanjen – Malang.

Di samping itu, jalur ini memiliki pemandangan yang indah, karena berhadapan langsung dengan lautan lepas atau pantai selatan. Selain mudik tanpa macet kamu pun bisa sekalian berwisata bersama keluarga

3. Tol Trans Sumatera

foto : diskominfo

Tol yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan para pemudik lebaran di Sumatera untuk pulang ke kampung halamannya. Sejumlah ruas Tol Trans Sumatera bisa dilewati secara penuh pada saat mudik lebaran. Tol ini bisa menjadi referensi bagi pemudik yang berasal dari Sumatera dan kota sekitarnya.

4. Tol Trans Jawa

Tol yang segera diresmikan di tahun 2018 ini bisa dijadikan jalur alternatif untuk pemudik. Pasalnya,  sebagian jalur Tol Trans Jawa sudah bisa dilalui hingga Weleri ( sekitar 36 km sebelum Semarang dari arah Jakarta ). Tapi karena belum sempurna, hanya boleh dilalui pada jam 06.00-18.00 WIB saja dan  belum ada penerangan jalan atau rambu markanya.

5. Jalur mudik alternatif selain Tol fungsional Pejagan-Brebes-Pemalang

Bagi para pemudik yang akan pulang kampung ke Purbalingga, Purwokerta, Banjarnegara, dan sekitarnya bisa menggunakan jalur mudik alternatif yaitu Exit Tol – Pejagan- Ketanggungan- Bojong- Jatibarang- Slawi- Jatinegara- Randudongkal- Belik- Bobotsari- Purbalingga, lalu bisa lanjut ke Purwokerto, Banjarnegara, dan sekitarnya.

***

Itu dia beberapa rute – rute alternatif yang bisa dipelajari untuk menghindari kemacetan lalu lintas agar bisa sampai di kampung halaman dengan lebih lancar dan aman.

Persiapkan kebutuhan mudik Lebaran mulai sekarang ya. Selagi bisa, jual cepat mobil Anda untuk menambah ongkos mudik. Caranya gampang, kunjungi website www.belimobilgue.co.id, lakukan valuasi harga mobil anda, booking waktu inspeksi dan terima penawaran harga kami. Uangnya langsung dikirim ke rekening lho!

Yuk, buktikan kemudahan menjual mobil cepat dalam 1 jam dalam satu platform www.belimobilgue.co.id.