Apakah Mobil Nissan X-Trail Boros Bensin? Berikut Ulasannya!

Apakah mobil Nissan X-Trail boros bahan bakar? Ini dia, nih, pertanyaan yang sering diajukan di forum-forum otomotif. BeliMobilGue.co.id akan membahasnya untuk kamu.

Produksi Nissan X-Trail di Indonesia sudah masuk pada generasi ketiga. Nissan X-Trail terbaru ini menyuguhkan tiga varian tipe yaitu: 2.0 MT, 2.0 CVT, dan 2.5 CVT.

Sebagai SUV compact yang tangguh banyak yang meragukan apakah mobil Nissan X-Trail boros bensin atau tidak. Hal ini pun banyak dijadikan bahan diskusi sebelum membeli versi baru dan bekasnya.

Kapasitas Mesin Nissan X-Trail 

X-Trail generasi pertama di Indonesia dirilis Nissan pada tahun 2003. Generasi ini bertahan hingga lima tahun hingga sebelumnya masuk ke generasi dua.

Mesin mobil X-Trail generasi satu memiliki dua pilihan. Pilihan pertama yaitu kapasitas 2.0L bertenaga 140 PS 6.000 rpm. Pilihan kedua memiliki kapasitas 2.5L dengan 180 PS 6.000 rpm.

Pada tahun 2007, Nissan X-Trail generasi kedua mulai diproduksi. Namun baru dua tahun kemudian X-Trail generasi kedua masuk ke pasar Indonesia dan Thailand.

Nissan X-Trail generasi dua dibekali dengan dua pilihan mesin berbahan bakar bensin. Pilihan pertama yaitu mesin dengan kapasitas 2.0L bertenaga 139 PS 5.200 rpm. Pilihan kedua berkapasitas 2.5L dengan transmisi manual dan CVT.

Beralih ke generasi tiga. Mobil-mobil dari generasi memiliki tiga pilihan tipe mesin. Pilihan tersebut yaitu kapasitas 2.0L dan 2.5L untuk bahan bakar bensin. Pilihan ketiga yaitu kapasitas 1.6L dengan bahan bakar diesel.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil SUV Paling Irit dan Tangguh.

Lantas, Apakah Mobil Nissan X-Trail Boros Bahan Bakar?

Sejak awal, Nissan X-Trail memang dirancang dengan kapasitas mesin besar untuk mendukung peruntukan kendaraan ini. Nissan sendiri memiliki kapasitas mesin 2.000 CC dan 2.500 CC.

Umumnya, mobil SUV digunakan untuk medan yang sulit dan butuh kapasitas mesin besar sehingga tenaga yang dihasilkan pun setara. Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa mobil Nissan X-Trail menyerap banyak bahan bakar dalam operasionalnya.

Penyerapan volume bensin yang cukup besar ini terjadi pada mobil-mobil mode 2 wheeldrive (WD). Terlebih untuk X-Trail yang memiliki mode 4 WD.

Namun apakah hal tersebut membuatnya serta-merta menjadi mobil yang boros? Jawabannya, tergantung pada pilihan generasi, penggunaan, dan kebiasaan menyetir sang pemilik Nissan X-Trail.

Disebutkan bahwa teknolog CVT yang menyertai Nissan X-Trail terbaru membuat penggunaan bahan bakar jadi lebih efisien. Dikatakan pula, bila dibandingkan dengan generasi pertama, X-Trail keluaran terbaru tak begitu boros.

Baca Juga: Begini Cara Menghemat BBM Mobil Manual.

Fitur yang Mendukung Iritnya Penggunaan BBM Nissan X-Trail

Ada beberapa hal lain yang membuat Nissan X-Trail terbaru tidak boros bensin. Hal pertama ialah fitur transmisinya yang dapat mengenali karakter sang pengemudi.

Hal kedua, Nissan X-Trail terbaru memiliki mode eco drive yang membantu mesin mengonsumsi bahan bakar lebih efisien. Saat mode ini menyala, maka transmisi mobil terset pada putaran mesin yang rendah.

Kamu sangat disarankan untuk tidak menyetir Nissan X-Trail serta mobil SUV lainnya secara ugal-ugalan. Pasalnya bila mobil dipacu dengan agresif, transmisi ikut bekerja lebih giat untuk menyalurkan tenaga yang berujung pada konsumsi BBM yang tinggi.

Pertanyaan apakah mobil Nissan X-Trail boros pun dijelaskan langsung oleh Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Steve Ardianto. Ia menjelaskan tak ada lagi stigma bahwa X-Trail merupakan SUV boros seperti pertama kali ia diluncurkan.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Nissan Grand Livina Bekas di Tahun 2020.

Melansir halaman Liputan 6 Otomotif, Steve mengungkapkan bahwa seluruh produk Nissan terbaru telah dikembangkan agar lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar. Hal ini pun telah diuji di pusat pabrikan Nissan di Jepang.

Ia mengatakan bahwa per liternya, mobil All New Nissan X-Trail dapat menempuh jarak 16 kilometer. Jadi sangat irit, bukan?

Semoga pertanyaan soal apakah mobil Nissan X-Trail boros atau tidak jadi terjawab, ya. Jangan lupa, bila ingin menjual mobil langsung kunjungi BeliMobilGue.co.id!