Siap-siap, Bakal Ada 81 CCTV untuk Tilang Elektronik di Jakarta

Sobat Gue merupakan warga Jakarta atau bekerja di Ibukota Indonesia ini? Siap-siap ya, Pemerintah Provinsi Jakarta bekerjasama dengan Polda Metro Jaya bakal menggiatkan tilang elektronik. Salah satu caranya adalah dengan memasang puluhan CCTV di berbagai persimpangan.

Langkah pemasangan CCTV ini merupakan bagian dari program penerapan tilang elektronik yang disebut dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Ditargetkan bisa berlaku pada 2019, sebanyak 81 kamera CCTV bakal dipasang di Jakarta.

Untuk diketahui, sebenarnya sistem tilang elektronik ETLE ini mulai diterapkan sejak 1 November 2018. Adapun penerapan tilang tersebut dilakukan setelah uji coba sejak 1 Oktober 2018.

Di Jakarta sistem ELTE bakal mengandalkan kamera CCTV berteknologi canggih yang akan memantau pelanggaran lalu lintas. CCTV tersebut bisa merekam pelanggaran dan pelat nomor kendaraan yang kemudian terkoneksi dengan sistem Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya.

Nanti dari tim TMC Polda Metro Jaya akan mengecek database dari hasil rekaman pelanggaran lalu lintas yang terjadi. Nah, jika pengendara terbukti melakukan pelanggaran, maka polisi akan menerbitkan surat tilang. Saat ini kamera CCTV ETLE terpasang di persimpangan Patung Kuda dekat Monas dan di persimpangan Sarinah, Jakarta Pusat.

Rincian Pemasangan CCTV

Rinciannya, sebanyak 81 CCTV akan dipasang di simpang traffic light Kota sebanyak 3 kamera, Olimo sebanyak 2 kamera, Ketapang atau Gajah Mada sebanyak 2 kamera. Kemudian di Harmoni sebanyak 4 kamera, Istana Negara sebanyak 1 kamera, dan Bundaran Patung Kuda sebanyak 2 kamera.

Lalu di simpang trafic light Kebon Sirih sebanyak 4 kamera, Sarinah sebanyak 4 kamera, dan Bundaran HI sebanyak 4 kamera. Kemudian di simpang Bundaran Senayan sebanyak 3 kamera, Al Azhar sebanyak 3 kamera, CSW sebanyak 4 kamera dan Monalisa sebanyak 3 kamera.

Berlanjut di Jalan Gatot Subroto Simpang Pancoran sebanyak 4 kamera, Jalan Gatot Subroto Simpang Kuningan sebanyak 4 kamera dan Jalan Gatot Subroto Simpang Slipi sebanyak 4 kamera. Ditambah di Jalan S Parman Simpang Tomang sebanyak 4 kamera, dan Jalan S Parman Simpang Grogol sebanyak 4 kamera.

CCTV juga dipasang di simpang Asia Afrika sebanyak 3 kamera, Halim Baru sebanyak 4 kamera, dan Halim Lama sebanyak 3 kamera. Berlanjut di simpang trafic light Rawamangun sebanyak 2 kamera, Pramuka sebanyak 4 kamera, Rawasari sebanyak 2 kamera, dan Cempaka Putih sebanyak 4 kamera.

Nah, bagaimana menurut kamu? Jika kamu sering berkendara di Jakarta, jangan lupa selalu patuhi aturan lalu lintas ya. Jika kamu peduli dengan kemacetan dan ingin menjual mobil pribadi, silakan klik BeliMobilGue.co.id. Cuma 1 jam, aman, dan nyaman!