Berapa Biaya Servis AC Mobil? Cek di Sini!

Sama seperti komponen mobil lainnya, seiring berjalannya waktu, AC mobil perlu kamu periksa dan mendapatkan perawatan rutin agar tetap mampu mengeluarkan performa terbaiknya. Namun, entah karena malas atau tidak ada waktu, tidak sedikit dari kita yang mengabaikan perawatan rutin sehingga membuat AC mobil tidak berfungsi dengan baik.

Perlu kamu ketahui, ada beberapa hal yang menyebabkan AC mobil jadi kurang dingin. Selain karena usia pemakaian, AC mobil kurang dingin juga diakibatkan oleh filter AC yang kotor hingga adanya penyumbatan pada saluran pembuangan air kondensasi.

Nah, apakah hal tersebut baru saja kamu alami? Kira-kira, berapa biaya service AC mobil, ya? Biar tidak bingung, langsung kebet artikel berikut ini.

Penyebab AC Mobil Kurang Dingin

Ada beberapa alasan yang menyebabkan AC mobil kurang dingin sehingga membuat kamu harus melakukan service AC di bengkel terdekat. Apa saja? Berikut penjabarannya.

1. Freon berkurang

Jadi, ada beberapa alasan yang menyebabkan AC mobil kurang dingin. Pertama adalah freon berkurang atau habis. Perlu kamu ketahui bahwa sejatinya freon AC mobil tidak akan habis jika tidak ada kebocoran pada sistemnya. Nah, penyebabnya adalah ada beberapa komponen karet yang getas atau ada masalah pada valve kompresor. Efeknya, AC mobil tidak akan bekerja dengan maksimal.

2. Filter AC kotor

Filter atau saringan AC bertujuan untuk menyaring segala debu dan kotoran selama penggunaan. Itu sebabnya, kamu wajib banget memeriksa bagian ini dan membersihkannya secara rutin. Sebab, jika kamu terlalu malas untuk membersihkannya, debu dan kotoran akan menempel dan menyumbat bagian filter mobil. Efeknya, sirkulasi udara yang dihasilkan tidak akan optimal meski AC sudah kamu pasang atau atur untuk menghasilkan suhu yang dingin.

3. Kondensor yang kotor

Sama seperti filter AC, umumnya kondensor juga terletak di bagian depan mobil. Karena posisinya ini, kondensor akan menjadi sasaran empuk dari debu dan kotoran yang berpotensi menempel selama kita sedang mengemudi.

Nah, karena kotor, hal tersebut akan membuat pembuangan panas dari freon gas pada kondensor jadi tidak sempurna dan membuat proses kondensasi jadi tidak sempurna, sehingga membuat AC mobil kamu tidak dingin.

4. Saluran pembuangan air kondensasi tersumbat

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, penyebab AC mobil tidak dingin yang berikutnya adalah saluran pembuangan air kondensasi tersumbat. Ciri-ciri jika ada sumbatan pada saluran pembuangan air kondensasi adalah munculnya tetesan air di bawah dashboard atau bagian atas dashboard yang berembun saat AC dinyalakan.

Hal itu bisa terjadi karena boks evaporator dipenuhi air karena tersumbatnya saluran pembuangan air kondensasi, sehingga aliran udara yang dihembuskan blower akan terhambat. Efeknya, karpet menjadi basah dan menyebabkan bau lembap yang kurang sedap.

5. Motor extra fan lemah atau mati

Penyebab lainnya adalah motor extra fan yang lemah atau bahkan mati. Motor extra fan yang mati akan membuat proses kondensasi pada kondenser tidak berjalan dengan baik. Jika hal ini sudah terjadi, tidak ada jalan lain selain menggantinya dengan motor extra fan yang baru.

Biaya Service AC Mobil

Itu dia beberapa masalah umum yang menjadi penyebab kenapa AC mobil kamu tidak dingin. Sekarang, coba kamu periksa dan deteksi apa masalah yang kamu hadapi. Jika sudah, kini saatnya untuk membahas berapa biaya service AC mobil yang harus kamu bayarkan.

1. Mengganti freon

Sebelum mengganti freon, biasanya mekanik akan melakukan penambalan kebocoran dan mengisi kembali freon yang sudah habis. Untuk rincian biayanya, menambal kebocoran biasanya berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp400 ribu. Sedangkan untuk mengisi freonnya berkisar di antara Rp150 ribu hingga Rp350 ribu.

2. Mengganti spare part

Selain freon, AC mobil tidak dingin juga disebabkan oleh adanya beberapa perangkat yang rusak, seperti seal, thrust bearing, soe, dan shaft seal. Untuk biaya penggantiannya, umumnya ada di angka sekitar Rp475 ribu.

Selain itu, jika AC mobil tidak dingin karena ada kerusakan pada magnetic clutch, komponen ini harus diganti dengan yang baru. Biayanya mulai dari Rp380 ribuan.

3. Kondensor

Jika AC mobil tidak dingin karena disebabkan kondensor yang kotor, sih, kamu tidak perlu khawatir. Untuk membersihkannya terbilang mudah, cukup menyiramkan air bertekanan tinggi agar kotoran yang menempel bisa rontok.

Namun, jika sudah tersumbat, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp175 ribu untuk mengurasnya dengan menggunakan nitrogen. Bagaimana jika kondensor mengalami kebocoran? Kamu harus menggantinya dengan yang baru dan akan memakan biaya sekitar Rp500 ribu.

Itu dia beberapa penyebab AC mobil tidak dingin dan perkiraan biaya service AC mobil untuk mengatasi masalanya. Nah, jika kamu hendak menjual mobil lama kamu, jangan lupa buka BeliMobilGue.co.id, ya.