Berbagai Hal Wajib Persiapan Mudik dengan Mobil Pribadi

Bulan suci Ramadan telah tiba, dan masyarakat yang merayakannya pasti telah mempersiapkan diri untuk Lebaran. Bagi yang merantau, mudik untuk merayakan Lebaran di kampong halaman adalah hal wajib. Nah, simak hal wajib untuk persiapan mudik dengan mobil pribadi.

Mudik dengan menggunakan mobil pribadi memiliki bermacam arti tersendiri. Mulai dari bisa menjadi perjalanan yang menyenangkan bersama keluarga, tetapi juga melelahkan untuk sang pengemudi.

Nah, untuk menjaga perjalanan mudik kamu dan keluarga tetap menyenangkan, maka sebaiknya memiliki persiapan mudik dengan mobil pribadi yang matang. Ini beberapa hal wajib untuk persiapan mudik dengan mobil pribadi.

 

Cek Kondisi Kesehatan Tubuh

Hal ini wajib bagi pengemudi mobil yang akan melakukan mudik, apalagi jika perjalanannya merupakan antar kota. Para penumpang pun juga sebaiknya mengecek kondisi kesehatan tubuh sebelum melakukann perjalanan jarak jauh.

Jika kamu memiliki dana yang cukup banyak, bisa melakukan cek kesehatan di laboratorium terdekat. Namun, jika dana kamu terbatas, saat ini banyak rumah sakit yang bisa memberikan layanan tes darah untuk mengetahui tekanan, kadar gula dan kolesterol kamu.

 

Perhatikan Kondisi Mobil

Nah, ini adalah hal yang wajib untuk persiapan mudik dengan mobil pribadi. Cek kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Jika memang perlu, maka lakukan servis ringan atau tune up mobil sebelum mudik.

Banyak bagian yang perlu kamu cek kondisinya sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Mulai dari power steering, kondisi ban, kampas rem dan kopling, hingga kelistrikan. Maka dari itu, lebih bijak jika berkunjung ke bengkel untuk mengecek kondisi mobil sebelum mudik.

 

Bawa Cukup Uang Tunai

Hal yang satu ini sangat penting dan wajib untuk persiapan mudik dengan mobil pribadi. Meski saat ini sudah banyak alat pembayaran digital, uang tunai tetap harus kamu persiapkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Uang tunai yang cukup sangat berguna apabila terdapat pengeluaran tak terduga. Tak hanya itu, jika kamu melakukan mudik antar kota, terdapat beberapa rumah makan atau bahkan SPBU yang tidak menerima pembayaran selain uang tunai.

 

Persiapkan Bekal Makanan dan Minuman yang Cukup

Menjaga asupan tubuh demi kondisi yang fit merupakan hal wajib untuk persiapan mudik dengan mobil pribadi. Pilihlah makanan dan minuman yang mudah dibuka dan dikonsumsi, jadi kamu tidak perlu repot.

Pastikan semua makanan tidak berbau menyengat agar perjalanan mudik dengan mobil pribadi tetap nyaman. Jangan lupa, persiapkan juga multivitamin untuk suplemen tubuh selama berkendara.