Sudah Tahu? Begini Cara Cek Mobil Bekas Terkena Banjir!

Dari sekian banyak pemeriksaan, apakah kamu sudah tahu cara cek mobil bekas terkena banjir? Ya, hal ini penting untuk dilakukan demi menghindari penipuan. Terlebih saat ini, beberapa wilayah di Indonesia seperti Jabodetabek turut terkena dampak banjir yang signifikan.

Banjir telah menjadi salah satu bencana alam di Indonesia yang merugikan. Tingkat genangan air yang tinggi mampu menghancurkan rumah, bisnis, transportasi dan infrastruktur lainnya. Bahkan, bencana banjir juga tuut merenggut korban jiwa. Maka dari itu, tetaplah hati-hati!

Bicara soal banjir, kamu yang hendak membeli kendaraan second harus waspada. Pasalnya, sulit untuk mengetahui mobil bekas terkena banjir di pasaran sana. Butuh kejelian khusus untuk memeriksa dan cek mobil bekas terkena banjir lebih dalam.

Memahami Cara Cek Mobil Bekas Terkena Banjir yang Benar

Ketika ditimpa musibah banjir tingkat lanjut, mobil yang basah sering diklasifikasikan telah rusak dan harus segera dihancurkan. Namun, beberapa mobil yang kebanjiran malah berakhir bursa jual mobil mobil bekas. Parahnya, tidak ada penanganan lanjut untuk mobil tersebut!

Genangan air hujan akibat hujan mampu merusak bagian-bagian mekanik interior seperti mesin hingga transmisi. Tak jarang, sistem kelistrikan baik untuk wiper AC hingga lampu turut terkena dampak buruk. Memang tak langsung terasa, namun dampaknya bisa fatal di kemudian hari.

Tak hanya soal mesin dan kelistrikan, kondisi-kondisi lain seperti kotoran, jamur hingga karat bisa saja menembus bagian mobil seperti jok, body dan sejenisnya. Hal seperti ini kadang luput dari perhatian banyak orang saat sedang berburu mobil bekas di pasaran.

Baca Juga: Inilah 7 Kelemahan Mobil Bekas yang Terkena Banjir.

Perlu kamu ingat lagi bahwa mobil terdampak banjir bakal memiliki efek lama bahkan setelah air surut. Kendaraan sangat rentan terhadap kerusakan akibat hal tersebut hingga pada akhirnya memengaruhi nilai jual sekalipun kerusakan yang dialami ringan.

Faktanya, itu semua bukan soal penurunan harga atau hal-hal sejenis. Namun yang jadi masalah, jangan sampai kamu salah membeli mobil bekas dengan kondisi di bawah rata-rata. Bisa-bisa, kita malah merugi dan menghabiskan banyak uang untuk bolak-balik ke bengkel.

Jangan sampai hal di atas terjadi padamu. Sebagai langkah waspada, simak cara cek mobil bekas terkena banjir sebagai berikut ini.

1. Tanyakan pada Pihak Dealer

Langkah pertama cek mobil bekas terkena banjir adalah bertanya langsung pada pihak dealer. Bagaimanapun, mengajukan pertanyaan ini amatlah penting agar kita tahu bahwa dia menjawab secara jujur atau tidak. Ya, langkah antisipasi yang penting untuk dilakukan sejak awal.

Tak semua dealer jual beli mobil bekas memiliki tabiat serupa. Mungkin ada satu yang jujur, sementara beberapa kerap menutup-nutupi kondisi asli. Dealer lama dengan sejarah yang baik biasanya tak akan mengambil risiko perusak reputasi dengan menjual mobil berkualitas bekas.

Intinya, baik dengan dealer mana pun, tanyakan apakah mobil yang kamu incar telah rusak oleh banjir atau tidak. Jika dia menjawab tidak, maka langkah cek mobil bekas terkena banjir selanjutnya adalah memeriksa sendiri. Catat dan perhatikan detailnya di bawah ini!

2. Masuk ke Dalam Mobil

Bau apek, timbul jamur, lalu berkarat adalah bukti mutlak bahwa mobil pernah terkena dampak banjir. Memang kondisi lain dapat menimbulkan hal tersebut, namun biasanya bekas terkena genangan air hujan akibat banjir adalah penyebab utama yang sulit hilang.

Maka dari itu, kamu mesti waspada terhadap bau lembab dan pengap. Kondisi lainnya yang perlu diperhatikan adalah penumpukan kotoran di tempat-tempat yang tidak biasa seperti di bawah dashboard atau jok mobil. Periksa juga karpet, apakah ada tanda-tanda perubahan warna?

Beberapa penjual biasanya mencoba untuk menyembunyikan penampilan mobil yang rusak akibat banjir dengan membuat pembaruan. Mengganti komponen interior hingga pengharum, bisa jadi modus untuk menyembunyikan kondisi asli. Saatnya memeriksa lebih dalam!

3. Minta Test Drive

Tak lengkap rasanya bila kamu tidak mencoba test drive. Ya, hal tersebut dilakukan sebagai langkah dan cara cek mobil bekas terkena banjir lebih spesifik. Lewat upaya uji coba kendaaan, kamu bisa merasakan mesin dan listrik dari mobil tersebut.

Sistem kelistrikan yang terganggu bisa jadi sumber bahaya di kemudian hari dengan potensi tinggi mengancam jiwa. Begitu pula dengan mesin terdampak banjir yang bakal terasa signifikan. Semua ini hanya bisa dipastikan lewat test drive.

Saat kamu menyalakan kunci kontak, dengarkan suara-suara tidak terduga. Bunyinya mulus atau tidak? Setelah itu, gunakan mata dan hidung untuk melihat serta mengendus apakah ada asap yang muncul? Jika aman, maka lanjutkan pada tahap selanjutnya yakni cek kelistrikan.

Pastikan semua lampu dasbor menyala, termasuk lampu belakang. Periksa juga lampu depan, lampu sein, dan lampu darurat. Nyalakan AC, wiper dan pemantik rokok untuk memastikan mereka bekerja seperti yang diharapkan.

Terakhir, jangan lupa juga untuk mendengarkan radio! Suara yang statis, terganggu, atau tidak ada audio sama sekali, biasanya terjadi akibat kerusakan air.

Baca Juga: Tangani Sebelum Terlambat! Ini 5 Dampak Mobil Terkena Banjir.

Tiga aspek di atas adalah kunci dari cara cek mobil bekas terkena banjir. Selebihnya, kamu bisa membawa teknisi terpercaya guna memeriksa kondisi lebih spesifik. Tetap waspada dan hati-hati ya! Kunjungi situs BeliMobilGue.co.id untuk tahu informasi jual beli mobil lebih lengkap.