Jangan Bingung, Ini Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mati Total!

Baterai mobil alias accumulator atau sering disebut aki adalah elemen penting dari mobil. Tanpanya, daya listrik kendaraaan empat roda milikmu tak akan mampu menyalakan berbagai macam perangkat elektronik seperti lampu hingga AC.

Pada dasarnya, aki merupakan baterai isi ulang yang memasok arus listrik ke kendaraan bermotor. Tujuan utama aki mobil adalah memberi asupan starter yang menghidupkan mesin. Setelah mesin berjalan, daya sistem kelistrikan mobil lantas disuplai oleh alternator.

Starter dan pengisian listrik awalnya dirancang lewat sistem 6-volt dengan sasis kendaraan terhubung langsung ke terminal baterai positif. Saat ini, hampir semua kendaraan jalan memiliki sistem ground negatif dan terminal baterai negatif terhubung ke sasis mobil.

Baca Juga: Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter, Apa Saja?

Memahami Cara Kerja Aki Mobil dalam Memasok Listrik

Berdasarkan konsep kerja mobil modern bertenaga bensin dan mesin diesel, aki dirancang untuk memberikan arus maksimum dalam waktu singkat yang kadang disebut sebagai “baterai SLI”.

Seperti halnya menghidupkan mesin, baterai SLI memasok daya ekstra yang diperlukan ketika kebutuhan listrik kendaraan melebihi asupan dari sistem pengisian. Ia juga berfungsi sebagai penstabil di malam hari untuk menjaga lonjakan tegangan.

Saat mesin bekerja, sebagian besar daya disediakan oleh alternator yang mencakup regulator tegangan untuk menjaga output antara 13,5 dan 14,5 V. Baterai SLI modern adalah jenis timbal-asam yang menggunakan enam sel untuk menyediakan sistem nominal 12 hingga 24 volt.

Berbeda dengan mobil listrik. Ia ditenagai oleh baterai kendaraan listrik bertegangan tinggi, namun biasanya turut memiliki baterai otomotif juga. Hal itu dapat membuatnya digunakan sebagai aksesori otomotif standar yang dirancang untuk berjalan pada 12 V.

Sama seperti sparepart mobil yang lain, aki kerap kali memiliki permasalahan karena satu dan dua hal. Faktornya bisa berasal dari cara pemakaian hingga hal-hal lain yang mungkin tak mudah dicari tahu penyebabnya. Maka dari itu, kamu harus rajin memeriksa kesehatan aki.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah aki mobil milikmu kering dan mati total. Tentu saja hal ini amat mengganggu, apalagi ketika kamu sedang bergegas menuju kantor atau pertemuan penting yang tak bisa diganggu gugat!

Jangan khawatir apalagi bingung. Bila hal itu terjadi pada kamu, ikuti cara memperbaiki aki kering yang mati total sebagai berikut ini.

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mati Total

Bingung cara memperbaiki aki kering yang mati total? Jangan khawatir, lakukan kiatnya secara tepat lewat penjelasan di bawah ini!

1. Siapkan alat dan bahan

Sebagai langkah awal cara memperbaiki aki kering pada mobil yang mati total, siapkan peralatan di bawah ini:

– Obeng pipih.

– Air aki.

– Senter.

3. Periksa aki terlebih dahulu

Pertama, cungkil tutup sel baterai yang terletak di bagian atas aki mobil. Lepas menggunakan obeng pipih sebagai tuas. Dorong obeng ke dasar tutup sel dan tarik perlahan ke atas sampai tutup sel bebas. Tempatkan tutup di tempat yang aman dan jauh dari blok mesin.

Hidupkan senter untuk sinari aki mobil. Tentukan apakah cairan dalam aki benar-benar kering dan tidak ada benda asing lainnya yang bersarang di dalam situ. Periksa bagian dalam wadah aki, pastikan tidak ada perubahan warna.

3. Lepas dan bersihkan aki

Segera lepaskan aki kering tersebut guna memulai perbaikan. Bersihkan bagian luar aki dari kotoran-kotoran yang menempel. Usap secara perlahan menggunakan kain lap. Kiat melepas aki yang baik yakni lakukan kutub positif (+) terlebih dahulu.

Hati-hati dalam melepas aki. Pasalnya, ketika kunci mengenai bagian mobil dan bersentuhan pada kutub negatif (-) dengan posisi kutub positif(+) masih menempel di aki, hal tersebut dapat menimbulkan percikan api.

Baca Juga: Begini 4 Cara Memperbaiki Alarm Mobil yang Error.

4. Mengisi air aki

Setelah aki dilepaskan, buka lubang karet untu mengisi air aki. Terdapat sekitar 3 sampai 10 lubang karet aki yang mesti dibuka sesuai dengan kapasitas ampere. Siapkan kain lap dan suntikan untuk memasukkan air tersebut.

Masukkan air aki ke dalam tiap-tiap lubang dengan menyuntikkan jarum ke dalam lubang karet hingga 1 cm di bawah lubang tersebut. Lakukan cara yang sama pada semua lubang karet agar dapat terisi kembali. Setelah semuanya beres, pasang kembali aki ke dalam mobil.

5. Pasang kembali, pastikan semua rapi

Setelah aki terpasang, diamkan sejenak selama 15 sampai 30 menit pada posisi stasioner supaya tegangan listriknya dapat menyesuaikan dengan mesin kendaraan. Siapkan pula alat ukur listrik guna memastikan apakah aki sudah terisi daya atau belum.

Sampai sini, kamu akan mengetahui permasahan di balik aki tersebut. Jika memang kering karena kurang cairan, maka metode di atas akan relevan dan dapat menjawab pertanyaan selama ini. Namun kalau masih belum menyala, maka tandanya kamu harus ganti aki.

Itulah tadi langkah dan cara memperbaiki aki kering yang mati total. Kunjungi bengkel resmi terdekat guna mengetahui masalah lebih dalam, ya! Tak lupa, pastikan kamu mengakses BeliMobilGue.co.id untuk mengetahui segala informasi terkait jual beli mobil.