Begini Cara Mengatasi Mobil Matic yang Mogok di Jalan

Sewaktu-waktu musibah mobil matic mogok bisa menimpa siapa saja. Agar bisa berjaga-jaga, kamu wajib tahu dong cara mengatasi mobil matic mogok.

Memang sih, kamu bisa memanggil jasa montir jika sewaktu-waktu mobil matic milikmu mogok. Walau begitu, ada baiknya juga kamu bisa mengetahui seluk-beluk mengenai kendaraan pribadimu sebagai pertolongan pertama.

Betul tidak? Apalagi ini berhubungan dengan mobil matic, yang mana perawatannya disebut-sebut lebih rumit dari mobil dengan transmisi manual. Ini dia beberapa poin penting tentang cara mengatasic mobil matic yang mogok.

Jangan Pernah Mendorong Mobil Matic yang Mogok

Pernahkah kamu melihat mobil dengan gigi manual mogok yang didorong sambil digas kemudian hidup lagi? Ya, ini sering sekali dijadikan salah satu cara untuk memancing mobil mogok agar bisa nyala lagi mesinnya.

Catat, cara seperti ini sama sekali tidak dianjurkan untuk dilakukan pada mobil bertransmisi matic. Pasalnya, mobil bergigi otomatis memiliki pompa hidrolik yang bertugas melumasi transmisi.

Pompa ini sendiri akan melakukan tugasnya secara saat mesin menyala. Ketika mobil matic mati, maka otomatis pompa ini pun tidak dapat bekerja.

Nah, jika mobil matic dipaksa untuk didorong ketika mesin dalam tidak dapat menyala, maka transmisi pun tidak akan terlumasi secara otomatis. Akibatnya, transmisi mobil matic pun bisa mengalami kerusakan.

Lantas, bolehkah mobil matic didorong dalam jarak dekat? Soalnya banyak juga orang yang tidak menganjurkan untuk tidak melakukannya supaya transmisi matic tak rusak.

Selagi jaraknya hanya beberapa meter saja, hal ini ternyata diperbolehkan. Asalkan tuas transmisi berada di posisi netral (N) saat mobil akan didorong.

Cara Mengatasi Mobil Matic Mogok

Setelah memahami prinsip di atas, inilah langkah-langkah dan cara mengatasi mobi matic mogok.

1. Pindahkan mobil ke pinggir jalan yang lebih aman

Cara mengatasi mobil matic mogok yang paling pertama adalah mengamankan posisinya. Misalkan mobil mogok di tengah jalan, maka lebih baik dorong mobil ke pinggir jalan yang lebih aman.

Ingat dengan prinsip mendorong mobil matic. Asalkan jaraknya tidak begitu jauh dan gigi dalam keadaan netral, maka mobil aman untuk didorong.

2. Cek bensin pada indikator dashboard

Terdengar simpel dan klise mungkin, namun kamu perlu untuk mengecek indikator bensin pada bagian dashboard. Ini kerap terjadi, lho. Sudah panik takut mobil kenapa-kenapa ternyata mogok karena bensin habis.

Atasi permasalahan ini dengan segera membeli bensin literan. Jika kamu tidak bisa meninggalkan mobil atau tak ada yang bisa dimintai tolong, cobalah untuk membeli bensin dengan bantuan layanan dari ojek online.

3. Reset transmisi ke posisi netral

Salah satu penyebab mobil matic mogok yang kerap terjadi ialah masalah pada transmisi. Biarpun gigi mobil otomatis gampang diatur, namun jika kamu salah memasukkan gigi, akibatnya bisa cukup fatal!

Kejadian yang sering terulang pada pengendara mobil matic ialah lupa memasukkan gigi yang tepat saat sedang parkir. Akibatnya mobil pun jadi tidak bisa menyala.

Maka itu, coba cek bagian tuas transmisi mobilmu. Bila benar terjadi, maka langsung pindahkan gigi ke posisi N dan kembali nyalakan mesin.

4. Memeriksa aki mobil matic

Cara mengatasi mobil matic mogok yang kedua ialah memeriksa aki yang terletak di ruang mesin. Pemeriksaan pada bagian ini perlu kamu lakukan apabila mobil tak nyala saat distarter.

Bila mesin dan lampu-lampu indikator pada dashboard tidak menyala. Bisa jadi aki menjadi biang kerok mogoknya mobil matic milikmu.

Bukan penutup kap mesin dan cek kotak aki. Bila ada bagian yang longgar, maka coba untuk rapatkan. Selanjutnya bersihkan aki dengan lap atau kain sebelum dipasang kembali.

Bila sudah melakukan tahap di atas namun mobil masih tak menyala, itu berarti terdapat kerusakan pada aki. Mau tak mau, kamu harus menyetrumnya atau menggantinya agar mobil bisa menyala kembali.

5. Mengecek oli mobil

Ternyata mogoknya mobil matic juga bisa disebabkan oleh anomali pada oli. Apabila tekanan oli pada mobilmu rendah, maka kinerja mesin pun akan terganggu bahkan mengakibatkan mogok.

Lakukan pengecekan oli dengan mencabut stik oli (dip stick) dari tempatnya. Setelah itu, lihat ketinggian oli yang menempel pada dip stick.

Bila oli mobil habis akibat bocor atau habis, maka isi kembali hingga sesuai dengan indikatornya. Untuk mencegah mobil matic mogok sewaktu-waktu, lakukanlah pengecekan oli secara berkala ya!

Cara Mencegah Mobil Matic Mogok Mendadak

Layaknya seluruh kendaraan bermotor, rawatlah mobil matic milikmu secara berkala. Agar tidak mogok mendadak, lakukan tips-tips di bawah ini.

1. Rawat aki

Jagalah kesehatan aki mobil matic sebaik mungkin. Soalnya, aki merupakan komponen yang cukup vital untuk menjaga aliran listrik mobil matic agar bisa menyala dengan baik.

2. Panaskan mobil seminggu sekali

Jarang mengendarai mobil? Ada baiknya kamu memanaskan mobil setidaknya sekali dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk mengecek mesin dan juga kinerja komponen elektrik.

Caranya, nyalakan mesin kurang lebih selama 15 menit. Selama proses ini, jangan nyalakan radio/music player dan lampu mobil. Setelah dipanaskan, baru cek semuanya apakah berfungsi dengan normal atau tidak.

Semoga tips dan cara mengatasi mobil matic mogok dari BeliMobilGue.co.id di atas dapat bermanfaat untukmu, ya!