7 Cara Mengatasi Mobil yang Terkena Banjir

Tidak ada yang mengharapkan banjir tiba, tapi banjir bisa tiba di saat yang tidak diharapkan. Begitupun kamu dan mobilmu, genangan air yang menyergap tiba-tiba bisa menjadi masalah besar sebab sangat mungkin komponen vital mesin mobil rusak karenanya.

Datangnya banjir tentunya tidak bisa kamu kontrol, tapi kamu bisa mengontrol apa yang sudah terdampak oleh banjir ke komponen mobilmu. Lalu, bagaimana cara mengatasi mobil yang terkena banjir? Mulai dari eksterior hingga eksterior mobil, ada beberapa spot yang perlu kamu perhatikan dan atasi segera.

Cara Mengatasi Mobil yang Terkena Banjir

Tidak berbeda dengan peranti elektronik pada umumnya, komponen mobil sangat sensitif dengan eksposur terhadap air; terlebih jika genangan air berlangsung dalam jangka waktu lama, dalam hal ini banjir.

Curah hujan yang tinggi di musim penghujan membuat Indonesia rentan akan sergapan banjir. Untuk itu, akan sangat baik jika kamu para pemilik mobil sudah mempersiapkan diri dengan pengetahuan mengatasi mobil yang terdampak banjir. Berikut cara mengatasi mobil yang terkena banjir yang bisa kamu ikuti.

1. Mengurangi Bau Tidak Sedap pada Interior Mobil

Cara Mengatasi Mobil Terkena Banjir - 1
Mengurangi Bau Tidak Sedap pada Interior Mobil (Foto: Shutterstock)

Air genangan banjir membawa banyak sampah besar sampai kotoran mikro yang bisa menyelinap ke sela-sela interior mobil kamu. Jika sudah tergenang banjir, secara otomatis interior mobilmu akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Pada dasarnya, penanganan interior mobil yang terendam mirip seperti perawatan perabot rumah. Cara mengatasi bau tak sedap di dalam mobil antara lain adalah dengan mengeringkan bagian yang bisa dilepas, seperti karpet misalnya.

Kemudian untuk bagian jok, kamu bisa mengawalinya dengan melakukan penyedotan cairan dengan vacuum, lalu fogging menyeluruh untuk mensterilkan interior mobil dari bakteri dan virus yang dibawa genangan banjir.

2. Hindari Mogok dengan Keringkan Komponen

Cara Mengatasi Mobil Terkena Banjir - 2
Hindari Mogok dengan Keringkan Komponen (Foto: Shutterstock)

Komponen pengapian dan kelistrikan pada mobil adalah vital untuk mencegah mogoknya mobil pasca genangan banjir yang merendam. Sebab vital, dua kategori komponen ini perlu jadi perhatian berikutnya dalam mengatasi mobil yang terkena banjir.

Cara mengatasi mobil yang terkena banjir selanjutnya yaitu, keringkan karburator, busi, coil, alternator, saringan udara, sampai kabel-kabel yang ada di teritori mesin dan bagian dalam dasbor. Salah satu cara mengeringkan yang direkomendasikan dan dapat dilakukan langsung di rumah adalah dengan pengering rambut.

3. Cegah Karat di Tangki Bahan Bakar

Cara Mengatasi Mobil Terkena Banjir - 3
Cegah Karat di Tangki Bahan Bakar (Foto: Shutterstock)

Sudah banyak diketahui bahwa paparan air bisa menimbulkan karat pada objek berbahan metal. Pada mobil, bagian yang penting untuk kamu perhatikan adalah tangki bahan bakar.

Jika genangan banjir melewati batas tutup tangki, maka besar kemungkinan kalau bagian dalam tangki bahan bakar mobil kamu kemasukan air pula. Masuknya air ke tangki bahan bakar bisa mengundang karat, yang berujung pada keroposnya tangki dari dalam.

Untuk mencegah hal ini, segera kuras tangki bahan bakar ketika keadaan sudah memungkinkan.

Baca Juga: Tips Mengendarai Mobil di Musim Hujan.

4. Antisipasi Korsleting

Cara Mengatasi Mobil Terkena Banjir - 4
Antisipasi Korsleting (Foto: Shutterstock)

Selain objek berbahan metal, komponen kelistrikan juga tidak akrab dengan air. Banjir yang mungkin saja memiliki ketinggian yang tidak kamu duga mengundang risiko arus pendek di sistem kelistrikan mobil.

Arus pendek atau korsleting pada mobil bisa menjalar dengan cepat dan berisiko merusak banyak komponen elektronik. Jika ini terjadi, tentu bisa kamu duga bahwa kerugian perbaikan yang semakin membengkak.

Untuk itu, ketika genangan banjir belum terlalu tinggi, sangat direkomendasikan untuk melepas kabel yang terhubung ke electrical control unit (ECU) agar terjadinya korsleting bisa dicegah.

5. Cek Sela-sela Mobil dari Lumpur

Cara Mengatasi Mobil Terkena Banjir - 5
Cek Sela-sela Mobil dari Lumpur (Foto: Shutterstock)

Seperti yang kita ketahui, air banjir turut membawa muatan lain seperti sampah dan kotoran. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kemungkinan adanya lumpur yang terbawa banjir dan menyelinap ke sela-sela komponen mobil.

Beberapa bagian yang bisa kamu periksa dari kemungkinan endapan lumpur pasca banjir adalah kisi-kisi AC, bagian dalam dasbor dan sudut panel, sendi-sendi jok, hingga radiator.

Sisa lumpur yang mungkin mengendap bisa jadi faktor lain yang bisa membuat interior mobil berbau tidak sedap, jadi poin ini erat kaitannya dengan poin pertama.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Hilangkan Baret pada Mobil Tanpa Harus ke Bengkel.

6. Bisa Fatal, Periksa Juga Bagian Komponen Transmisi

Cara Mengatasi Mobil Terkena Banjir - 6
Bisa Fatal, Periksa Juga Bagian Komponen Transmisi (Foto: Shutterstock)

Kopling, rem, sampai gearbox juga perlu kamu pantau dan pastikan bebas air dan endapan lumpur yang mungkin saja masuk. Selain dibersihkan, oli transmisi juga perlu diganti total untuk menjamin performa mobil tidak terganggu.

Khususnya untuk bagian gearbox, ini berlaku pada mobil jenis manual maupun matic. Dengan fungsi utama mengalirkan daya untuk menggerakkan roda, bagian ini bisa jadi fatal apabila luput dari perhatian setelah tergenang banjir.

7. Ganti Oli Mesin dan Oli Gardan

Cara Mengatasi Mobil Terkena Banjir - 7
Ganti Oli Mesin dan Oli Gardan (Foto: Shutterstock)

Oli mesin yang terkontaminasi air berpotensi besar merusak banyak bagian dalam mobil, yang berujung pada besarnya biaya perbaikan. Untuk itu, hal terakhir yang juga tak kalah pentingnya adalah mengganti oli mesin.

Selain oli mesin, oli gardan pun wajib diganti sebab berpengaruh langsung ke kenyamanan berkendara di kemudian hari. Jika tidak, kerusakan mulai dari suara kasar hingga rusaknya gigi gardan bisa terjadi.

Baca Juga: Begini Cara Mengganti Oli Mobil yang Bisa Kamu Coba.

Semoga tujuh cara mengatasi mobil yang terkena banjir di atas bisa membantu kamu yang sempat terdampak banjir. Jika kamu cukup savvy, cara-cara di atas bisa kamu lakukan sendiri; tapi direkomendasikan untuk memercayakan perbaikan mobil ke bengkel terpercaya. Rutin kunjungi BeliMobilGue.co.id untuk info jual-beli mobil ringkas dengan harga yang pantas.