Begini Cara Mengemudi Mobil Toyota Agya Matic untuk Pemula

Mengemudikan mobil Toyota Agya matic menjadi tantangan tersendiri, terlebih lagi buat kamu yang terbiasa mengemudikan mobil bertransmisi manual. Yap, perbedaan mekanisme transmisi hingga cara mengemudikannya bisa bikin orang yang belum pernah mengemudikan mobil matic ‘kagok’.

Namun sebenarnya, cara mengemudi mobil Agya matic tak jauh berbeda dengan mengemudikan mobil bertransmisi manual. Asal kamu sudah menguasai cara mengemudi mobil yang baik dan benar, rasanya kamu tidak akan kesulitan untuk menguasainya.

Cara Mengemudi Mobil Agya Matic

Perlu diketahui bahwa cara mengemudi mobil Agya matic berbeda dengan Agya yang bertransmisi manual. Untuk itu, ada beberapa penyesuaian yang harus kamu lakukan agar bisa mengemudikan Agya matic dengan baik dan lancar. Apa saja? Berikut cara mengemudi Agya matic yang perlu kamu perhatikan.

Ketahui Perbedaan Mobil Matic dengan Manual

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah mengetahui perbedaan mobil matic dengan manual. Seperti yang sudah dijelaskan, ada beberapa penyesuaian yang harus kamu lakukan agar bisa mengemudikan Agya matic dengan baik dan lancar.

Pasalnya, ada perbedaan mendasar antara mobil Agya matic dan manual, yakni perbedaan pada jumlah pedal yang digunakan. Pada mobil Agya bertransmisi manual kamu akan menemukan tiga buah pedal untuk mengoperasikan mobil, yakni rem, kopling, dan gas. Sedangkan pada Agya matic, kamu hanya akan menemukan dua pedal saja, yakni rem dan gas.

Tidak berhenti sampai di situ saja. Perbedaan lainnya adalah pada mekanisme dan penampakan dari tuas transmisi yang digunakan. Mobil Agya matic memiliki tuas yang dilengkapi dengan huruf-huruf sebagai penanda mode transmisi yang sedang atau akan digunakan, sedangkan mobil manual menggunakan angka.

Ingat Arti Huruf dan Posisi Tuas Transmisi Saat Mengemudi

Cara mengemudi mobil Agya matic yang harus kamu perhatikan berikutnya adalah mengingat arti huruf dan posisi tuas transmisi saat mengemudi. Yap, berbeda dengan tuas transmisi manual yang ditandai dengan angka-angka, mobil Agya matic justru menggunakan tuas dengan penanda kombinasi angka dan huruf, yakni P, R, N, D4, 3, dan 2.

Buat kamu yang baru saja membeli mobil Agya matic dan baru pertama kali menggunakan mobil bertransmisi otomatis tentu akan sedikit bingung saat masuk ke dalam kabin. Agar kamu tidak kebingungan, berikut beberapa fungsi-fungsi yang harus kamu perhatikan:

Baca Juga: Simak Rekomendasi 6 Mobil Hatchback Bekas Terbaik.

  • P (Park): Kode yang satu ini digunakan saat kamu hendak memarkirkan mobil Agya matic kesayangan. Selain itu, posisi tuas transmisi P juga bisa digunakan saat kamu sedang terjebak macet yang membuat kamu harus berhenti dalam waktu yang lama, seperti di atas 10 menit.
  • R (Return): Jika kamu hendak memundurkan kendaraan, kamu wajib menggeser tuas transmisi ke huruf R.
  • N (Neutral): Tuas transmisi ada di posisi N saat kendaraan kamu terjebak di kemacetan stop-and-go sehingga kamu tidak capek harus menginjak pedal rem terus-terusan. Namun, ada satu hal yang perlu kamu perhatikan. Saat menggunakan mode ini di jalan macet atau saat menunggu lampu merah, kamu juga perlu menggunakan rem tangan agar kendaraan benar-benar berhenti dan kamu bisa melepaskan kaki dari pedal rem.
  • D4 (Drive): Tuas ini digunakan untuk membuat mobil bergerak maju saat kamu menginjak pedal gas. Selain itu, jika kamu mengendarai mobil di jalanan landai dan tidak berbukit, kamu bisa menggunakan mode ini.
  • 3 dan 2: Tuas transmisi ada di posisi ini jika kamu mengemudikan jalanan di tempat dengan tanjakan yang cukup ekstrem. Semakin kecil angkanya, maka tanjakannya semakin tinggi.

Dimulai dari P

Setelah kamu mengetahui kode pada tuas transmisi, sekarang waktunya untuk menyalakan mesin mobil. Jangan langsung dijalankan, mesin mobil butuh pemanasan. Kamu bisa memanaskan mobil selama 5-10 menit.

Setelah itu, pastikan bahwa tuas transmisi ada di posisi P atau N. Sebab, hal tersebut bertujuan untuk menghindari mobil yang melaju tiba-tiba saat mesin dinyalakan. Tidak cuma itu, beberapa tipe mobil yang beredar di pasaran tidak bisa dinyalakan jika tuas transmisi tidak berada di posisi P.

Baca Juga: Simak 5 Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom Berikut Ini.

Injak Rem Sebelum Memindahkan Tuas Transmisi

Perlu diketahui bahwa mobil bertransmisi otomatis akan punya karakter mobil yang akan langsung jalan dengan kecepatan rendah begitu transmisinya berada di posisi R atau D. Nah, itu sebabnya kamu harus berhati-hati.

Pastikan kamu sudah menginjak rem terlebih dahulu sebelum memindahkan tuas transmisi ke posisi R atau D. Hal ini bertujuan untuk mencegah mobil langsung berjalan begitu tuas transmisi berada pada posisi R atau D.

Bebaskan Kaki Kiri

Jika kamu menggunakan mobil manual, kaki kiri wajib stand by untuk menginjak pedal kopling. Namun buat kamu yang baru pertama kali mengemudikan mobil matic, kamu harus terbiasa untuk tidak menggunakan kaki kiri, apalagi untuk menginjak rem.

Pasalnya, feeling saat menginjak dengan kaki kiri dan kaki kanan akan sangat berbeda. Kaki kiri yang menginjak pedal kopling sedalam-dalamnya tentu akan berbeda dengan kaki kanan yang menginjak pedal rem seperlunya. Sebab, jika kamu melakukan itu, kamu kamu berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain karena melakukan manuver tiba-tiba akibat pengereman yang mendadak.

Nah, itu dia cara mengemudi mobil Agya matic untuk pemula. Selain beberapa cara yang sudah disebutkan tadi, jangan lupa juga untuk selalu menggunakan sabuk keselamatan dan ikuti aturan yang berlaku untuk keselamatan kamu di jalan, ya.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Mengemudi Mobil Daihatsu Ayla Matic.

Jangan lupa kunjungi BeliMobilGue.co.id untuk mengetahui beragam informasi terkini tentang jual-beli mobil, ya.