Begini Cara Menghemat BBM Mobil Matic

Bagaimana ya cara menghemat BBM mobil matic biar kantong tidak tiris? Ketahui fakta soal bahan bakar mesin (BBM) mobil matic dan trik menghematnya dari BeliMobilGue.co.id di bawah ini, yuk!

Mengapa BBM Mobil Matic Lebih Boros Daripada Mobil Manual?

Dikiranya irit, ternyata dibandingkan mobil manual, matic lebih banyak makan bensin, lho! Alasannya terletak pada transmisi dari mobil itu sendiri.

Jumlah gigi yang dimiliki mobil otomatis lebih sedikit dibandingkan manual yaitu hanya lima. Hal ini ternyata menyebabkan tidak efisien dalam mengonsumsi bahan bakar.

Alasan kedua ialah perputaran transmisi dari mobil otomatis yang berat. Akibatnya, konsumsi bahan bakar untuk mendorong dan memberi tenaga pun lebih besar.

Trik & Cara Menghemat BBM Mobil Matic

Bagaimana cara menghemat BBM mobil matic? Simak berikut ini!

1. Rajin mengecek kondisi mobil matic

Kondisi mobil yang tidak prima bisa mempengaruhi konsumsi bensin kendaraanmu. Pasalnya, kerusakan tersebut berdampak pada kerja mesin sehingga BBM yang dibutuhkan jadi lebih besar.

Itulah mengapa kamu bakal selalu disarankan untuk mengecek kondisi mobil secara berkala. Salah satu yang perlu diperhatikan ialah tekanan angin pada ban.

Misalnya, ban kempes dan dipaksa berjalan, dampaknya mobil akan melaju lebih berat. BBM pun jadi lebih cepat terbakar dengan percuma.

2. Memanaskan mobil dengan tidak berlebihan

Sebelum berangkat bekerja atau berkendara, apakah kamu kerap memanaskan mobil? Proses pemanasan perlu dilakukan, apalagi jika mobil jarang dipakai.

Hal yang perlu diingat adalah jangan memanaskan mobil dalam jangka waktu yang begitu lama. Cukup 10 menit saja maksimal, maka mobil pun sudah siap dibawa ke jalanan.

Sebenarnya, mobil-mobil keluaran terbaru sudah semakin canggih sehingga lebih cepat dipanaskan. Bila berlebihan, maka bensin kendaraan pun jadi terbuang percuma.

3. Tidak memuat barang secara berlebihan

Gunakanlah mobilmu sesuai dengan anjuran kapasitasnya. Misalkan kamu punya mobil matic tipe hatchback. Jangan paksakan untuk muat 5 hingga 6 orang.

Kelebihan muatan bisa berimbas pada kerja mesin yang lebih berat. Ujung-ujungnya konsumsi bensin jadi lebih tinggi. Jangan heran deh kalau indikator bensin tiba-tiba turun.

4. Tidak menyimpan atau memarkir mobil di tempat panas

Cara menghemat BBM mobil matic selanjutnya sangat simpel namun kerap terlupa. Ingatlah untuk selalu menaruh atau memarkirkan mobil tercinta di tempat yang teduh.

Bila ngeyel, jangan terkejut ya bila bensin mobil tiba-tiba makin berkurang. Ini terjadi karena panas sinar matahari bisa membuat BBM di dalam tangki yang terbuat dari besi/metal cepat menguap.

5. Jangan mengegas secara tiba-tiba

Ayo, ngaku! Apakah kamu masih sulit mengontrol injakan kaki saat menginjak pedal gas? Kebiasaan ini bisa membuat mobil matic jadi boros bensin, lho! Hindarilah untuk menginjak gas secara tiba-tiba. Usahakan untuk mengatur dan menahan injakan kakimu.

Cara mengegas yang tiba-tiba bisa menaikkan rpm menjadi tinggi. Jika lebih dari angka 2.000 rpm, maka bensin yang keluar jadi lebih besar.

Saat ingin mengebut, kamu disarankan untuk menginjak gas secara perlahan sehingga tidak terjadi akselerasi dadakan. Setelah itu, jaga kecepatan mobil dengan konstan untuk menjaga konsumsi BBM.

6. Hindari mengerem mobil secara mendadak

Selain mengegas secara tiba-tiba, hindari juga praktik mengerem secara dadakan. Jangan lupa membiasakan dirimu untuk selalu menginjak rem jika ingin melambatkan laju kendaraan.

Cara menghemat BBM mobil matic satu ini dapat dilakukan dengan memacu mobil berkecepatan konstan di jalan lurus. Jagalah kakimu juga agar tidak terus menekan pedal rem walau hanya sedikit.

Cara lainnya, kamu bisa mengangkat pedal gas pelan-pelan untuk mengurangi kecepatan. Saat kamu melakukan hal itu, rasio CVT pun bisa mengurangi kecepatan mobilmu dengan lebih halus.

7. Tutup jendela dan pasang AC dengan suhu yang tidak terlalu besar

Ingin mobil matic lebih irit bensin? Cobalah untuk berkendara dengan keadaan kaca tertutup. Sepele, namun cara menghemat BBM mobil matic ini bisa buat kendaraan terpacu lebih aerodinamis.

Selanjutnya, biasakanlah untuk mengeset AC dalam kabin mobil dengan suhu minimal. Bila menggunakan suhu paling dingin, kompresor mobil jadi bekerja lebih berat. Akibatnya mesin mobil pun jadi punya pekerjaan tambahan. Bisa ditebak akhirnya, BBM mobil jadi terkuras!

8. Hindari kondisi mobil menyala saat tidak dikendarai

Fakta baru lagi nih untukmu. Ternyata mobil matic yang menyala namun tidak tengah dikendarai memakan BBM cukup banyak. Belum lagi kalau kamu menyalakan AC atau music player. Wah, bisa-bisa BBM jadi terbuang dengan sangat sia-sia.

Apabila mobilmu berada di posisi diam dalam waktu cukup lama, lebih baik matikan mesinnya. Misalnya jika terjadi kemacetan panjang ataupun tengah menunggu seseorang datang. 

Semoga tips dan cara menghemat BBM mobil matic dari BeliMobilGue.co.id di atas bisa kamu praktikkan langsung, ya!