4 Cara Mudah Hilangkan Baret pada Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

Setiap pemilik kendaraan pasti menginginkan mobilnya tampil cantik tanpa cela. Itu sebabnya, banyak orang rela mengeluarkan banyak uang untuk menjaga penampilan kendaraan kesayangannya.

Namun masalahnya, terkadang ada 1-2 kejadian yang menimpa kita di jalan, salah satunya adalah bersenggolan dengan mobil lain. Alhasil, akibat kejadian tersebut, mobil kita mendapatkan ‘kenang-kenangan’ berupa baret pada bodi mobil.

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, baret pada mobil masih bisa kamu hilangkan sendiri asal tidak terlalu dalam. Nah, penasaran bagaimana caranya? Berikut cara menghilangkan baret mobil tanpa harus ke bengkel.

Cara Menghilangkan Baret Mobil

Sebelum mengetahui cara menghilangkan baret mobil, ada satu hal penting yang perlu kamu perhatikan, yakni mengukur kedalaman baret pada mobil kamu. Hal tersebut bertujuan agar kamu bisa menentukan langkah selanjutnya yang perlu dilakukan.

Kamu harus tahu lebih dulu apakah baret tersebut terjadi akibat bersenggolan dengan kendaraan lain atau diakibatkan oleh debu dan kotoran yang menempel di bodi mobil saja. Nah, kamu tidak perlu khawatir jika baret tersebut terjadi karena debu dan kotoran yang menempel. Pasalnya, untuk menghilangkannya kamu cukup mengelapnya saja dengan kain basah.

Lalu, bagaimana jika baret tersebut diakibatkan karena bersenggolan dengan kendaraan lain atau menabrak benda-benda asing di pinggir jalan? Berikut cara menghilangkan baret mobil yang perlu kamu tahu.

1. Menghilangkan baret mobil dengan menggunakan pasta gigi

Perlu kamu ketahui bahwa bodi mobil memiliki beberapa lapisan, yakni lapisan bening, warna, primer, dan baja. Nah, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu wajib mencari tahu terlebih dahulu sedalam apa ‘luka’ yang terdapat pada bodi mobil kamu.

Jika baret tersebut hanya mengenani lapisan beningnya saja, kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan pasta gigi. Cara menghilangkan baret mobil dengan menggunakan pasta gigi pun terbilang mudah.

Pertama, kamu harus membersihkan permukaan mobil yang lecet terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan kain dengan tekstur lembut seperti kain microfiber dan pasta gigi. Basahi kain microfiber dan oleskan pasta gigi pada kain tersebut.

Setelah itu, gosoklah bagian mobil yang lecet secara melingkar agar pemolesan rata pada semua bagian. Bisa dibilang, metode ini ampuh digunakan untuk mengatasi baret mobil yang ringan atau hanya terjadi di lapisan paling luar saja. Jika baretnya sudah dalam, cara ini sia-sia kamu lakukan.

2. Menghilangkan baret mobil dengan menggunakan kompon

Selain pasta gigi, cara menghilangkan baret mobil yang berikutnya adalah dengan menggunakan kompon. Proses pengerjaannya pun tak jauh berbeda, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama, bersihkan bodi mobil yang baret menggunakan air dan keringkan.

Setelah itu, poles bagian yang baret tersebut dengan menggunakan kompon poles. Namun, perlu kamu ketahui bahwa penggunaan kompon yang berlebihan justru akan merusak bodi mobil. Sebab, kompon bekerja dengan cara mengikis cat di sekitar goresan sehingga goresan hilang dan tertutup oleh cat di sekitarnya. Itu sebabnya, kamu perlu menggunakan kompon secukupnya saja.

Usapkan kompon secara merata dan satu arah pada bagian yang tergores. Lakukan berkali-kali hingga goresan hilang. Setelah itu, bilas bekas goresan dengan air bersih lalu lap mingga kering dengan menggunakan kain bertekstur halus atau kain microfiber.

3. Menghilangkan baret mobil dengan menggunakan scratch remover

Selain pasta gigi dan kompon, kamu juga bisa menghilangkan baret mobil dengan menggunakan scratch remover. Tak perlu khawatir, kamu bisa mendapatkan produk scratch remover di toko-toko aksesori mobil dengan harga yang terjangkau.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan cairan scratch remover pada bagian bodi mobil yang tergores secara merata dan gosok bagian tersebut dengan menggunakan kain microfiber. Lakukan proses tersebut beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Menghilangkan baret mobil dengan menggunakan obat nyamuk cair

Cara menghilangkan baret mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan obat nyamuk cair. Perlu kamu ketahui bahwa cara ini merupakan cara darurat jika kamu tidak memiliki kompon atau scratch remover di rumah. Sebab, obat nyamuk cair punya kandungan kimia dengan efek yang cukup keras pada cat mobil.

Proses penghilangannya pun sederhana. Kamu cukup mengoleskan obat nyamuk cair pada bagian mobil yang baret dan gosok secara merata. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih dan keringkan.

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan baret mobil yang bisa kamu lakukan di rumah. Perlu kamu tahu bahwa menjaga kebersihan mobil adalah sebuah kewajiban bagi para pemilik kendaraan.

Selain membuat mobil tetap terlihat gagah, menjaga kebersihan dan merawatnya juga akan membuat mobil memiliki nilai plus saat hendak dijual. Nah, buat kamu yang berencana menjual mobil bekas dengan cepat, kamu bisa kunjungi BeliMobilGue.co.id. Tidak sembarangan, di BeliMobilGue.co.id, mobil kamu bahkan bisa terjual dalam waktu satu jam saja. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri.