5 Cara Mudah Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil

Perubahan cuaca yang mendadak beberapa hari belakangan ini tak hanya menimbulkan beragam penyakit musiman pada banyak orang, tapi juga masalah pada kendaraan kesayangan. Selain karat, salah satu masalah yang biasa timbul adalah munculnya jamur pada kaca mobil.

Hal tersebut tentu tidak boleh disepelekan. Pasalnya, jamur akan menghalangi dan mengurangi visibilitas kamu selama mengemudi, terlebih lagi di musim hujan. Kamu tidak perlu khawatir jika hal tersebut menimpa kamu. Sebab, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Cara Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil

Sebelum masuk ke dalam pembahasan tentang cara menghilangkan jamur pada kaca mobil, kamu perlu tahu dulu beberapa penyebab munculnya jamur pada kaca mobil. Salah satu penyebab utamanya adalah kaca mobil yang tidak langsung dicuci atau dibilas setelah mobil dipakai untuk menerjang hujan.

Nah, jika kondisi tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama, suka atau tidak jamur akan muncul pada permukaan kaca mobil kamu. Tak perlu khawatir, berikut cara menghilangkan jamur pada kaca mobil yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Menggunakan alkohol dengan kadar 50-90%

Bahan yang satu ini umumnya digunakan untuk membersihkan luka. Namun, jika dalam keadaan darurat, alkohol dengan kadar 50-90% bisa digunakan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil.

Bagaimana cara penggunaannya? Gampang saja. Selain alkohol dengan kadar 50-90%, kamu juga wajib mempersiapkan perlengkapan lainnya, yakni kain dengan tekstur halus atau microfiber.

Untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil, kamu cukup membasahi kain microfiber tersebut dengan cairan alkohol dan gosokkan ke kaca mobil. Perlu kamu ingat bahwa saat menggosok kaca mobil, lakukanlah dengan tekanan lembut dan memutar agar kaca tidak tergores. Lakukan langkah ini beberapa kali untuk hasil yang maksimal. Setelah itu, bilas kaca mobil dengan air bersih dan keringkan.

2. Menggunakan minuman bersoda

Punya minuman bersoda sisa pesta semalam? Daripada dibuang, mending kamu gunakan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Yap, kamu tidak salah baca.

Tak hanya nikmat diminum saat cuaca sedang terik, minuman bersoda ternyata juga ampuh untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Namun, pastikan bahwa minuman bersoda yang kamu gunakan tidak mengandung gula agar tidak mengundang semut bersarang di mobil kamu.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan kaca mobil dari debu atau pertikel lain yang bisa menggores kaca mobil kamu dengan menggunakan lap chamois atau kanebo. Setelah kaca mobil sudah bersih, kamu bisa memulai pembersihan.

Kamu wajib menyiapkan kain bertekstur lembut seperti kain microfiber. Setelah siap, basahi kain tersebut dengan menggunakan minuman soda yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Setelah itu, gosokkan pada bagian kaca yang terkena jamur. Ulangi hal ini selama beberapa kali hingga jamur pada kaca mobil hilang.

3. Menggunakan pemutih pakaian

Selain alkohol dan minuman bersoda, pemutih pakaian juga bisa digunakan sebagai cara membersihkan jamur pada kaca mobil. Cara membersihkannya juga tidak jauh berbeda dengan alkohol dan minuman bersoda. Yang kamu butuhkan adalah kain lembut atau kain microfiber dan cairan pemutih pakaian secukupnya.

Jika dua bahan tersebut sudah tersedia, segera basahi kain dengan cairan pemutih dan gosok kaca mobil dengan lembut hingga bersih. Namun, pastikan bahwa kamu hanya menggunakan kain yang lembut dan tidak terlalu menekan kaca dengan kuat saat sedang menggosok agar tidak menimbulkan goresan pada kaca mobil kamu.

Nah, setelah langkah tersebut selesai dilakukan, lap kaca mobil dengan kain yang kering dan parkirkan mobil di tempat teduh agar tidak terkena sinar matahari langsung.

4. Menggunakan pasta gigi

Cara menghilangkan jamur pada kaca mobil yang berikutnya adalah menggunakan pasta gigi. Ya, tak hanya mampu membersihkan dan memutihkan gigi, pasta gigi juga bisa jadi bahan yang ampuh untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil.

Cara pemakaiannya sederhana. Cukup oleskan pasta gigi pada kaca mobil secukupnya dan tunggu hingga kering. Setelah itu, bilas dengan air bersih sambil digosok dengan menggunakan kain microfiber agar jamur hilang. Jika sudah, keringkan dengan menggunakan kain kering atau koran.

5. Menggunakan air tembakau

Cara menghilangkan jamur pada kaca mobil yang terakhir adalah dengan menggunakan air tembakau. Sebelum membersihkannya, kamu wajib menyiapkan segenggam tembakau kering dan rendam di dalam air bersih selama 15 menit.

Sambil menunggu rendaman tembakau tersebut, kamu bisa membilas kaca mobil terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih. Jika sudah, lap dan keringkan kaca mobil dengan kain lembut.

Setelah itu, siram kaca mobil kamu dengan air rendaman tembakau yang sudah lebih dulu kamu persiapkan sebelumnya. Selagi kaca mobil basah, kamu bisa menggosoknya dengan menggunakan busa dan gosok dengan lembut. Lakukan cara ini beberapa kali sampai jamur pada kaca mobil benar-benar hilang. Kemudian, bilas kaca dengan air bersih dan lap hingga kering.

Itulah tadi penjelasan tentang cara menghilangkan jamur pada kaca mobil yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Semoga artikel ini dapat membantu kamu, ya. Ingin mengetahui harga mobil bekas kamu? Segera kunjungi BeliMobilGue.co.id sekarang juga.