Cara Mengurus Pajak Mobil yang Telat Bayar Beserta Dendanya

Statusnya sebagai barang mewah, membuat mobil digolongkan sebagai harta terkena pajak. Setiap tahunnya, pemilik wajib membayar pajak kendaraan. Lantas jika lupa, berapa ya denda keterlambatan pajak mobil yang harus dibayarkan?

Jangan sampai deh ya kamu lupa membayar pajak kendaraan mobil. Pasalnya, hal ini melanggar hukum. Sebagai tindakan jaga-jaga, ada bagiknya kamu memahami cara membayar pajak mobil dan denda yang harus dibayarkan bila terjadi keterlambatan.

Pajak Kendaraan Bermotor

Bagi kamu yang sudah punya kendaraan pasti tahu, dong, ada dua jenis pajak yang perlu dibayar. Jenis yang pertama ialah pajak tahunan yang tahunan atau pajak pengesahan STNK per tahun. Sementara itu jenis yang kedua ialah pajak 5 tahunan untuk penggantian STNK.

Untuk membayar pajak tahunan, kamu perlu menyiapkan STNK, KTP, dan uang. Lalu, untuk pajak 5 tahunan STNK dan BPKB asli, KTP, formulir cek fisik kendaraan, dan uang.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online

Dulu, orang yang ingin mengetahui pajak kendaraan dan masa berlaku pajak, perlu mendatangi kantor SAMSAT. Melansir otomotif.kompas.com, kini semua penduduk Indonesia dapat mengecek pajak kendaraan mereka secara online.

Sebagai contoh, masyarakat yang tinggal di Jakarta dapat mengunjungi situs http://samsat-pkb2.jakarta.go.id. Sementara itu, untuk warga sekitar Jawa Barat dapat mengunjungi situs https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb.

Lalu, untuk warga Jawa Timur dapat melakukan pengecekan di http://www.esamsat.jatimprov.go.id. Sementara itu, untuk kamu yang berada di Jawa tengah bisa mengunjungi http://dppad.jatengprov.go.id.

Cukup memasukkan nomor polisi kendaraanmu, nomor KTP, besarta warna kendaraan, maka informasi pajak kendaraan pun bisa langsung diketahui. Untuk kamu yang tinggal di daerah lain, coba cek informasinya secara online, ya!

4 Cara Bayar Pajak Mobil

Ada cukup banyak opsi cara baya pajak kendaraan mobil. Mulai dari datang langsung ke lokasi SAMSAT terdekat di daerahmu, bayar lewat e-SAMSAT, via SMS, maupun langsung lewat ATM. BeliMobilGue.co.id akan membahas secara singkat cara bayar pajak mobil satu persatu di bawah ini.

Cara Bayar Pajak Mobil di Loket SAMSAT

1. Isi formulir yang disediakan di loket dengan informasi diri dan kendaraan.

2. Serahkan formulir dan dokumen yang diperlukan ke loket.

3. Tunggu namamu dipanggil untuk melakukan pembayaran.

Cara Bayar Pajak Mobil via SMS

1. Kirim SMS ke nomor 08112119211 dengan format: esamsat nomor chasis kendaraan nomor KTP email.

2. Contoh: esamsat MMRGE8 12398734560387 emailgw@email.com.

3. Setelah itu, kamu akan dikirimkan SMS yang berisikan kode bayar, jumlah tagihan, dan data kendaraan.

4. Bayar pajak lewat ATM, simpan bukti bayar, dan tunggu SMS konfirmasi.

5. Datangi loket SAMSAT terdekat untuk menukar bukti bayar dengan Surat Ketetapan Pajak Daerah.

Cara Bayar Pajak Mobil Secara Online Lewat e-SAMSAT

1. Kunjungi situs SAMSAT online sesuai daerahmu.

2. Masukkan data kendaraan dan kode verifikasi.

3. Bayar pajak kendaraan lewat ATM sesuai tagihan yang diberikan.

4. Simpan bukti bayar dan kunjungi SAMSAT terdekat.

Cara Bayar Pajak Mobil via ATM (Kunjungi Mesin ATM Terdekat)

1. Pilih menu “Bayar” dilanjutkan memilih “Lainnya”.

2. Pilih “Pajak/Penerimaan Negara”.

3. Pilih “e-SAMSAT”.

4. Input nomor polisi mobil.

5. Bayar pajak dan simpak buktinya.

Denda Keterlambatan Bayar Pajak Mobil

Tak ada yang tahu dengan hari esok. Sudah mempersiapkan bayaran pajak mobil, tahu-tahu ada kebutuhan lain yang mendadak harus dipenuhi. Akibatnya uang bayar pajak pun terpakai. Hal ini bisa saja terjadi, lho.

Contoh lain dan ini sangat sering terjadi, kelupaan bayar pajak mobil akibat terlampau sibuk. Tahu-tahu, pajak yang harusnya dibayar tiga bulan lalu jadi menunggak. Kalau sudah begini, siap-siap untuk bayar denda keterlambatan pajak mobil milikmu, ya!

Cara Hitung Denda Keterlambatan Pajak Mobil

Dilansir BeliMobilGue.co.id dari otomotif.kompas.com, ada dua denda keterlambatan pajak mobil yang harus dibayar ketika kamu menunggak. Pertama yaitu denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Kedua ialah pajak Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Perhitungan denda PKB ialah 25 persen dari pajak kendaraan per tahun. Lalu, untuk besaran denda SWDKLLJ ialah Rp100 ribu untuk kendaraan roda 4. Sementara untuk kendaraan roda dua lebih murah yaitu, Rp32 ribu.

Hmmh.. supaya kamu ada gambaran mengenai berapa besaran denda keterlambatan pajak mobil, mari kita buat simulasi. Misalnya Pak Bobby lupa bayar pajak mobil 3 bulan. Lalu pajak mobil yang seharunya ia bayarkan ialah Rp2,5 juta.

Maka denda PKB-nya adalah:

PKB x 25% x bulan keterlambatan/12,

(2.500.000 x 25%) x 3/12,

625.000 x 3/12 = Rp156.250.

Jadi, total denda yang harus dibayarkan Pak Bobby ialah Denda PKB + Denda SWDKLLJ, yaitu:

156.250 + 100.000 = Rp256.250.

Cara Mengurus Denda Keterlambatan Pajak Mobil

Tidak perlu khawatir dengan proses yang rumit karena telat bayar pajak. Cara mengurus dan membayar denda keterlambatan kurang lebih sama kok dengan cara bayar pajak mobil.

Setelah menghitung denda yang harus dibayarkan, datangilah loket SAMSAT terdekat. Jangan lupa untuk membawa beberapa dokumen kelengkapan seperti BPKB, STNK, dan KTP.

Perlu kamu ingat, pihak kepolisian kini telah menerapkan aturan baru. Bagi masyarakat yang lupa bayar pajak kendaraan hingga 2 tahun, maka data kendaraan akan dihapus. Itu berarti mobil yang kamu miliki berstatus ilegal. Jadi, jangan sampai lupa bayar, ya!

Semoga ulasan di atas tadi bermanfaat untuk kamu. Bila ingin menjual mobilmu, jangan lupa untuk memastikan pajaknya sudah dibayar, ya. Satu lagi, jika ingin jual mobil, percayakan saja pada BeliMobilGue.co.id.