4 Cara Merawat Mobil Avanza Supaya Kuat dan Tahan Lama

Sebagai pemilik, sudahkah kamu menerapkan cara merawat mobil Avanza dengan baik dan benar? Memang betul bahwa kiat merawat seluruh kendaraan roda empat hampir sama. Tapi jangan salah, mobil yang satu ini memiliki kiat tersendiri!

Avanza merupakan MPV mini rancangan serta produksi Daihatsu yang kemudian dipasarkan oleh Toyota. Namanya berasal diambil dari bahasa Spanyol yang berarti “bergerak” dan dalam bahasa Italia memilki definisi “maju”.

Pemasaran Toyota Avanza, selain tersebar secara masif di Indonesia dan Malaysia, ada juga di Filipina, Thailand, Singapura, Brunei Darusalam, Pakistan, Meksiko, Afrika Selatan, dan masih banyak lagi. Cukup luas, namun identik keberadaannya di Tanah Air.

Menengok Mobil Toyota Avanza di Pasar Otomotif Indonesia

Toyota Avanza khusus dikembangkan sebagai MPV entry-level buat masyarakat Indonesia dan negara lainnya. Sebagai generasi penerus Toyota Kijang serta versi ekonomis Innova, Avanza memakai sasis unibody.

Penjualan Toyota Avanza amat fantastis, wajar jika ia menjadi mobil terlaris di Indonesia selama 14 tahun berturut-turut sejak 2004 hingga 2018. Per bulan Desember 2018, tercatat bahwa penjualan Avanza telah mencapai angka 1,7 juta unit!

Saat awal kemunculannya pada Desember 2003, Toyota Avanza terjual lebih dari 1000 unit di tahun yang sama. Ia tersedia dalam dua level trim, yakni 1,3 E dan 1,3 G. Keduanya juga memiliki transmisi yang sama, yakni manual.

Seiring berjalannya waktu, pembaruan dilakukan dengan memperkaya tampilan interior serta eksterior. Tahun 2019 kini telah hadir berbagai macam jenis Toyota Avanza, antara lain:

– Tipe 1.3 E M/T (manual).

– Tipe 1.3 E A/T (automatic).

– Tipe 1.3 G M/T (manual).

– Tipe 1.3 G A/T (automatic).

– Tipe 1.5 G M/T (manual).

Bagaimana cara merawat mobil Avanza secara khusus? Jangan bingung. Kamu bisa mempelajari satu per satu di bawah ini!

Cara Merawat Mobil Avanza dengan Baik dan Benar

Meski hampir serupa, namun cara merawat mobil Avanza perlu kamu pahami agar tetap kuat dan tahan lama. Yuk, simak tipsnya di sini!

1. Rutin cek mesin dan aspek terkait

Sudah pasti, cara merawat mobil Avanza yang pertama adalah rutin cek mesin. Ketika permasalahan seperti kemudi setir mulai tak enak, cara terbaik adalah segera memeriksa mesin dan membawa ke bengkel resmi terdekat jika perlu.

Beberapa elemen juga tak boleh diabaikan. Ganti oli mobil misalnya, perlu diganti secara rutin dan biasakan untuk memakai produk berkualitas tinggi. Sementara itu, aki sebagai sumber daya listrik mesti diperhatikan pada jangka waktu tertentu.

Satu lagi yang wajib diperhatikan dalam cara merawat mobil Avanza adalah filter udara. Kamu harus rajin memeriksa, jangan sampai debu dan kotoran lainnya menumpuk. Jika didiamkan, bisa-bisa Avanza milikmu susah menyala bahkan tak bisa sama sekali!

Jangan lupa aspek seperti radiator yang perlu dipantau secara berkala agar mobil tidak overheat. Ingat, pengisian air radiator harus berada dalam batas low dan full supaya tetap seimbang. Setelah semua elemen mesin aman, saatnya beralih pada hal lain.

2. Perhatikan eksterior mobil

Tak kalah dengan mesin, kamu mesti memperhatikan eksterior mobil agar selalu terjaga dari segi kebersihan. Lakukan perawatan rutin seperti mencuci baik membawa ke tempat cuci terdekat atau lakukan sendiri. Cuci mobil setidaknya seminggu sekali.

Sebelum mencuci, pastikan agar mobil Avanza milikmu sudah dalam keadaan dingin. Saat panas dan memaksakan untuk mencuci, hal tersebut dapat menimbulkan bercak pada tubuh mobil. Kamu bisa pakai busa dan kain berbahan microfiber demi menghindari goresan.

Beberapa jenis Avanza seperti G dan E, seringkali bermasalah pada bagian tutup samping bagian forglamp karena muda terlepas. Meski tak berdampak signifikan, namun pastikan agar kamu mengecek kelonggaran. Jika sudah terjadi, aksesori ini bisa dibeli seharga Rp50 ribu.

3. Jangan lupa bagian interior

Setelah memperhatikan eksterior, sekarang kamu harus cek bagian dalam alias eksterior. Sama halnya dengan luar, kamu mesti rutin membersihkan mobil dari debu dan kotoran. Ya, aspek yang satu ini bakal mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Pakai sapu kecil atau vacuum cleaner mungil untuk menyedot debu serta kotoran menumpuk. Sediakan tempat sampah kecil agar kamu, teman, atau anggota keluarga lain membuang sembarang. Jangan lupa, kaca juga perlu rutin dilap.

Sediakan dua lap, yakni kering dan basah. Pakai lap basah terlebih dahulu, setelah itu baru gunakan la kering agar tidak menimbulkan jamur. Sebagai upaya mengeringkan, kamu bisa menaruh mobil di bawah sinar matahari selama kurang lebih 1 jam.

4. Perhatikan komponen listrik

Sejumlah kasus mobil Avanza yang sering mati tiba-tiba, turut menjadi sorotan. Masalah ini kerap terjadi apalagi kalau kamu tak menggunakan mobil dalam waktu lama. Aspek utama yang perlu diperhatikan adalah mengecek sistem listrik, yakni kabel.

Adakah kabel yang kendur atau putus? Lalu, sistem pengapian serta api, apakah komponen tersebut bermasalah? Jika kamu berpengalaman dalam hal kelistrikan, masalah seperti ini dapat ditemukan dengan cepat. Jika tidak, segera bawa ke bengkel.

Berbicara soal aki, cara perawatan mobil Avanza yang satu ini tak boleh diabaikan. Rutin periksa, bersihkan, lalu ganti jika memang aki sudah soak. Kurangi penggunaan listrik sejenak seperti radio, charge, dan sejenisnya.

Itu tadi empat cara merawat mobil Avanza untuk semua jenis secara baik dan benar. Yuk, lakukan secara rutin dan berkala! Pastikan pula kamu mengakses BeliMobilGue.co.id untuk mengetahui segala informasi soal jual beli mobil.