Begini Cara Merawat Mobil Daihatsu Terios yang Benar

Daihatsu Terios merupakan salah satu mobil yang meramaikan khasanah kendaraan SUV di Indonesia. Irit bensin dan muat banyak jadi dua kelebihannya. Yuk, pahami cara merawat mobil Terios yang harus dilakukan!

Tipe dan Harga Mobil Daihatsu Terios Terbaru

Mobil SUV tujuh penumpang ini pertama kali dirilis ASTRA Daihatsu di Indonesia pada tahun 2006. Hingga kini, Daihatsu telah merilis tiga generasi Daihatsu Terios.

Terios terbaru atau generasi ketiga mulai dipasarkan pada tahun 2017 silam. Terdapat beberapa tipe mobil yang diunggulkan dengan harga yang tak lebih dari Rp300 juta.

Inilah harga mobil Daihatsu Terios terbaru yang dihimpun dari berbagai sumber:

Tipe Mobil Daihatsu Terios Teraru (2017) Harga OTR
Terios All New X M/T Rp206,8 Juta
Terios All New X Deluxe M/T Rp216,8 Juta
Terios All New X Deluxe A/T Rp226,8 Juta
Terios All New R M/T Rp239,5 Juta
Terios All New R A/T Rp249,5 Juta

*Harga bersifat tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sementara itu, harga mobil Daihatsu Terios bekas produksi 2006 bisa ditemukan mulai Rp130 jutaan.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Daihatsu Terios Bekas di Tahun 2020.

Mesin Daihatsu Terios

Pada awal kemunculannya, Daihatsu melengkapi SUV Terios dengan mesin 1.495 cc DOHC 16 valve VVT-i. Mesin berkonde 3SZ-VE ini mampu menghasilkan tenaga 109 hp/5.500 rpm dengan torsi 145 Nm/4.000 rpm.

Setelah mengalami upgrade, Terios kemudian disenjatai dengan mesin 1.5L 2NR-VE Dual VVT-i. Teknologi inilah yang diklaim membuat Terios baru jadi lebih irit dan efisien.

Biarpun punya mesin cukup bandel, jangan sampai mengabaikan cara merawat mobil Terios dengan baik ya! Mari simak tipsnya di bawah ini.

Cara Merawat Mobil Daihatsu Terios

Setelah membahas mengenai tipe, harga, dan kapasitas mesin, mari bahas cara merawat mobil Terios berikut ini.

1. Memilih Bahan Bakar yang Sesuai dengan Mesin

Mesin Daihatsu Terios tergolong canggih dan juga modern. Berkat hal tersebut, penggunaan bahan bakar bensin untuk konsumsi sehari-hari pun bisa makin irit.

Di sisi lain, jangan jadikan keuntungan ini sebagai alasan untuk mengisi bahan bakar dengan harga murah. Sangat dianjurkan untuk menggunakan bensin dengan kandungan oktan yang sesuai untuk mesin mobilmu.

Mengapa demikian? Pasalnya kualitas bahan bakar yang kamu pilih dapat menentukan stabilitas serta performansi mesin mobil Daihatsu Terios.

Penggunaan bahan bakar yang baik dan benar akan membantu sistem pembakaran bekerja lebih optimal. Efeknya, mesin pun dapat bekerja dengan sangat baik dan tidak mudah rusak.

Baca Juga: 4 Cara Merawat Mobil Avanza Supaya Kuat dan Tahan Lama.

2. Mengganti Oli Secara Berkala

Oli mobil bisa cepat panas, apalagi di kota-kota Indonesia yang iklimnya cenderung tropis. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memeriksa sensor panas oli untuk mengetahui keadaannya.

Selain itu, cara merawat mobil Daihatsu Terios lainnya ialah dengan melakukan pengganti oli secara berkala. Oli yang kotor akibat bercampur dengan kotoran serta endapan, bisa membuat mobil cepat panas. Akibatnya, kerja mesin mobil jadi terhambat dan berujung rusak.

Oli mobil tipe SUV seperti Daihatsu Terios umumnya juga berfungsi untuk mendinginkan mobil. Jika SUV tersebut dilengkapi dengan mesin turbo, maka penggantian oli pun perlu dilakukan secara seksama.

Kamu perlu melakukan ganti oli setelah menempuh jarak 40 ribu kilometer. Jika dihitung rata-ratanya, orang-orang pun kadang menganjurkan mengganti oli empat hingga enam bulan sekali.

3. Servis dan Tune Up Rutin

Jangan malas untuk melakukan servis serta tune up mobil Daihatsu Terios milikmu. Sebab ini merupakan cara merawat mobil Terios yang paling mudah agar bisa mengetahui kerusakan sedini mungkin.

Tidak hanya mengecek kondisi kendaraan, tune up pun perlu dilakukan agar fitur-fitur mobil dapat bekerja secara optimal. Beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya mengecek kaki-kaki, melakukan kalibrasi power steering, dan lain-lain.

4. Merawat Aki

Langkah perawatan yang perlu dilakukan selanjutnya ialah memelihara aki. Aki merupakan salah satu komponen vital pada mobil karena berperan besar dalam sistem kelistrikan.

Beberapa fitur mobil yang fungsinya bergantung pada aki antara lain starter, power window, hingga lampu. Itulah sebabnya kamu sangat perlu untuk merawat dan mengganti aki bila sudah soak.

Beberapa langkah perawatan aki mobil Daihatsu Terios milikmu antara lain:

  • Memeriksa sistem pengisian aki.
  • Memeriksa terminal aki.
  • Memeriksa jumlah elektrolit pada cairan aki.
  • Memanaskan mobil sesekali jika tidak digunakan secara rutin.

Baca Juga: Ketahui 5 Perbedaan Mobil SUV dan MPV Berikut Ini.

5. Melakukan Servis AC Bila Sudah Tak Dingin

Setelah merawat mesin dan sistemnya, jangan lupa juga untuk memelihara AC mobil Daihatsu Terios milikmu, ya. Ini dilakukan agar hembusan udara terjaga kebersihan dan juga suhunya.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah membersihkannya secara rutin saat mencuci mobil. Bila hembusan angin sudah tak terasa dingin, lakukan servis. Siapa tahu freon AC sudah habis atau kompresornya rusak.

Itu dia tadi pembahasan mengenai cara merawat mobil Daihatsu Terios yang perlu kamu lakukan. Semoga artikel dari BeliMobilGue.co.id ini bermanfaat, ya!