Kenali 5 Ciri Mobil Bekas yang Telah Terkena Banjir

Membeli mobil bekas jadi pilihan utama untuk sebagian orang dengan bujet yang terbatas. Alasannya jelas. Dengan membeli mobil bekas, kamu bisa mendapatkan mobil idaman dengan kondisi yang lumayan dan dengan banderol yang masih terjangkau.

Namun masalahnya, membeli mobil bekas tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu harus jeli dalam memeriksanya. Sebab, ada oknum nakal yang menjual mobil bekas tabrakan atau terkena banjir. Jika salah perhitungan, alih-alih mencari untung, kamu malah bisa jadi lebih buntung.

Ciri Mobil Bekas Terkena Banjir

Meski sudah dibersihkan secara menyeluruh, mobil bekas banjir nyatanya tidak benar-benar bersih sepenuhnya. Sebab, masih ada endapan lumpur atau banjir yang tertinggal di eksterior atau interior mobil. Nah, kamu ingin membeli mobil bekas dalam waktu dekat ini? Berikut ciri mobil bekas terkena banjir yang harus kamu ketahui.

1. Kondisi Eksterior dan Interior Tidak Wajar

Ciri Mobil Bekas Terkena Banjir - 1
Kondisi Eksterior dan Interior Tidak Wajar (Foto: Shutterstock)

Ciri mobil bekas terkena banjir yang pertama adalah kondisi eksterior yang tidak wajar. Dalam poin ini, tentu kamu harus jeli saat memeriksanya. Sebagai contoh, saat kamu memeriksa kondisi ruang mesin dan kamu menemukan adanya daun kering atau sampah plastik yang tersangkut di salah satu komponen mesin, kamu perlu curiga.

Tidak berhenti sampai di situ saja. Eksterior dari mobil yang terkena banjir biasanya akan memiliki kerak atau bercak di beberapa bagian mobil. Salah satu cara untuk memeriksanya adalah kamu bisa membuka karet pintu yang tertempel pada bodi mobil dan perhatikan ada lumpur dan pasir yang tertinggal atau tidak.

Lalu, bagaimana dengan interiornya? Hampir sama pada bagian eksterior, cara paling mudah untuk mengetahui mobil bekas terkena banjir adalah memeriksa hampir setiap sudut mobil.

Bisa saja eksteriornya bersih, tapi ternyata si penjual lupa membersihkan beberapa sudut mobil sehingga meninggalkan bekas seperti adanya endapan lumpur atau pasir yang tertinggal.

2. Dashboard Mobil Ada Endapan Lumpur

Ciri Mobil Bekas Terkena Banjir - 2
Dashboard Mobil Ada Endapan Lumpur (Foto: Shutterstock)

Masih berhubungan dengan poin pertama, tak hanya kondisi karpet atau sela-sela kursi saja, kamu juga bisa memeriksa bagian dashboard mobil. Jika memungkinkan, kamu bisa memeriksa kabel di bagian dashboard mobil untuk mengetahui apakah ada endapan lumpur atau tidak.

Bagaimana jika kondisi kabel di bagian dashboard justru bersih? Kamu juga patut curiga. Sebab, bagian ini biasanya berdebu. Hal ini tidak berlebihan jika kamu lakukan. Sebab, bagian dashboard jadi salah satu bagian mobil yang jarang dan sulit untuk dibersihkan.

Baca Juga: Ketahui Tata Cara Over Kredit Mobil yang Aman Berikut Ini!

3. Terdapat Bau Menyengat

Ciri Mobil Bekas Terkena Banjir - 3
Terdapat Bau Menyengat (Foto: Shutterstock)

Seperti yang kita tahu, sisa air banjir yang menggenang akan menimbulkan bau tidak sedap. Nah, hal inilah yang wajib kamu perhatikan sebelum membeli mobil bekas. Sebab, ciri mobil bekas terkena banjir yang berikutnya adalah adanya bau menyengat saat kamu memeriksa bagian interiornya.

Salah satu bagian yang bisa dicek adalah bagian doortrim. Mengingat bahannya yang mudah menyerap air, jangan kaget jika bau tersebut bisa muncul dari area ini. Pun jika kamu mencium wangi parfum mobil yang terlalu kuat pada bagian kabin mobil. Bisa saja hal tersebut dilakukan oleh si penjual untuk mengaburkan bau tidak sedap akibat banjir.

4. Perangkat Elektronik yang Tidak Berfungsi dengan Normal

Ciri Mobil Bekas Terkena Banjir - 4
Perangkat Elektronik yang Tidak Berfungsi dengan Normal (Foto: Shutterstock)

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, beberapa komponen mobil yang berhubungan dengan kelistrikan juga bisa mengalami korsleting saat terkena air atau bahkan banjir.

Untuk memeriksanya, kamu bisa melakukan test drive sambil mencoba beberapa komponen yang terhubung dengan kelistrikan, seperti radio tape, power window, lampu kabin, lampu sein, hingga wiper.

Lakukan proses tersebut selama beberapa kali agar kamu bisa lebih yakin. Selain itu, perlu diketahui bahwa ciri mobil bekas terkena banjir adalah sulit dihidupkan. Jika kamu menemukan tanda-tanda ini, kamu patut waspada, ya.

Baca Juga: Ketahui Ciri-ciri Mobil Bekas yang Masih Bagus Berikut Ini!

5. Harga Jual Terlalu Murah

Ciri Mobil Bekas Terkena Banjir - 5
Harga Jual Terlalu Murah (Foto: Shutterstock)

Ciri mobil bekas terkena banjir yang terakhir adalah harga jual yang terlalu murah. Jika kamu menemukan orang yang menjual mobil dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasar, kamu wajib curiga.

Sebab, bisa saja mobil tersebut bekas terendam banjir atau bahkan pernah terlibat kecelakaan sehingga si penjual ingin menjualnya dengan cepat, alias butuh uang.

Nah, itu dia beberapa ciri mobil bekas terkena banjir yang perlu kamu ketahui. Selain beberapa tips tersebut, kamu juga bisa membawa teman atau mekanik untuk memeriksa langsung mobil incaran kamu, ya. Jangan lupa juga kunjungi BeliMobilGue.co.id untuk mendapatkan informasi terkait jual beli mobil terkini.