Tangani Sebelum Terlambat! Ini 5 Dampak Mobil Terkena Banjir

Hujan deras yang masih berlangsung di sejumlah kawasan termasuk Jabodetabek, melumpuhkan aktivitas masyarakat sekitar. Buat kamu yang memiliki kendaraan roda empat, tetaplah hati-hati. Pasalnya, dampak mobil terkena banjir bakal merepotkan kita kelak.

Sementara banjir dapat merusak banyak jenis properti, bencana tersebut juga sangat berbahaya bagi mobil. Salah satu aspek yang sering disoroti saat air menggenangi kendaraan roda empat yakni pada sistem kelistrikannya. Tak cuma itu, masih banyak lagi efeknya, lho.

Dampak mobil terkena banjir secara luas juga dapat merusak mesin, transmisi, dan sistem pendingin. Lantas kelembapan yang terkumpul di karpet, pelapis eksterior, atau pelapis interior dapat menghasilkan cetakan. Maka dari itu, perlu antisipasi sejak dini agar semua ini tak terjadi.

Memahami Dampak Mobil Terkena Banjir Secara Spesifik

Tanda-tanda kerusakan akibat banjir dapat sulit dikenali. Sekalipun kamu telah membawa mobil selama beberapa waktu, hal-hal yang janggal tersebut bisa saja hadir pada waktu tidak tertebak. Tidak hanya mobil sendiri, kamu juga mesti khawatir jika itu terjadi secara mendadak.

Salah satu kasus yang sering terjadi yakni saat hendak membeli kendaraan bekas. Jika diperhatikan sepintas, dampak mobil terkena banjir memang sulit dilihat. Namun, kamu akan merasakan tanda-tandanya selang beberapa waktu setelah pemakaian.

Baca Juga: Ketahui Ciri-ciri Mobil Bekas yang Masih Bagus Berikut Ini!

Beberapa pembeli mobil bekas misalnya, bisa jadi tak tahu harus memeriksa apa. Sedikit pula yang mempertimbangkan kerusakan banjir. Tanpa diketahui banyak pembeli, kendaraan yang rusak karena banjir sering ngadat saat sudah dibawa jauh.

Sementara banyak bisnis jual beli mobil bekas, cuma sedikit yang secara sadar memilih mobil dengan mempertimbangkan apakah ia pernah kena banjir atau tidak. Apapun yang terjadi, kamu harus tetap tenang dalam menanggapi masalah yang satu ini.

Pada dasarnya, semua mobil yang rusak dapat diperbaiki. Perihal biaya, semua itu tergantung kerusakan. Bakal lebih bagus lagi jika kamu mengasuransikan mobil sehingga biayanya dapat ditutupi kelak. Namun kalau tidak, siap-siap merogoh kocek sendiri.

Jadi, apa saja saja dampak mobil terkena banjir yang harus kamu ketahui? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Kerusakan Listrik

Dampak Mobil Terkena Banjir - 1
Kerusakan Listrik (Foto Shutterstock)

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, dampak mobil terkena banjir yang paling sering dibahas adalah kerusakan listrik. Seperti yang kita tahu, hampir seluruh sistem elektronik dan kelistrikan lainnya akan lumpuh jika terendam banjir akibat hujan.

Kerusakan listrik sebagai dampak mobil terkena banjir, biasanya dapat diketahui dengan mudah sejak awal. Permasalahan seperti kendaraan milikmu yang susah nyala misalnya, bisa jadi ciri-ciri awal. Jika itu terjadi, segera periksakan ke bengkel untuk mencari titik kerusakan.

Komponen listrik yang terdapat dalam mobil seperti audio, AC, wiper, hingga lampu luar maupun dalam, perlu dipastikan baik-baik saja. Memang tak semua mobil akan rusak saat terkena banjir, sehingga kamu perlu memeriksa ulang agar semuanya lebih jelas.

2. Kerusakan Mesin

Dampak Mobil Terkena Banjir - 2
Kerusakan Mesin (Foto: Shutterstock)

Setelah listrik mesin adalah aspek yang sering bermasalah. Dampak mobil terkena banjir satu ini memang cukup bikin pusing, terlebih mesin adalah komponen yang sangat penting. Semakin fatal rusaknya, semakin mahal pula biaya yang harus kita keluarkan!

Permasalahan yang sering terjadi pada mesin yakni ketika oli bercampur dengan genangan air. Hal ini dapat dilihat dari warnanya, apakah oli menjadi coklat agak keputihan? Pastikan pula mesin mulus saat dinyalakan. Jika terasa kasar, segera bawa ke bengkel terdekat.

Baca Juga: Begini Cara Mengganti Oli Mobil yang Bisa Kamu Coba.

3. Kotoran Menumpuk di Sela-sela Mobil

Dampak Mobil Terkena Banjir - 3
Kotoran Menumpuk di Sela-sela Mobil (Foto: Shutterstock)

Tak serepot dibanding listrik dan mesin, namun dampak mobil terkena banjir yang satu ini tak boleh diabaikan. Buat kamu yang malas membersihkan kendaraan pribadi setelah terkena genangan air, bahkan cuma kehujanan sekalipun, hilangkan kebiasaan tersebut.

Kotoran seperti sampah, bercak bekas genangan hujan, hingga lumpur yang menempel di sela-sela mobil, akan sangat menyebalkan. Apapun jenisnya, mobil yang kotor tak boleh ditoleransi alias mesti segera dibersihkan. Jika susah, segera bawa ke jasa cuci mobil agar lebih detail.

4. Bau Tak Sedap Akibat Kotoran

Dampak Mobil Terkena Banjir - 4
Bau Tak Sedap Akibat Kotoran (Foto: Shutterstock)

Terkadang, kotoran tak hanya datang begitu saja. Hal-hal lain yang mesti diperhatikan adalah bau tak sedap. Tentu saja kondisi ini sangat mengganggu. Air hujan yang banjir dan menggenangi mobil milikmu, pada dasarnya sudah bercampur dengan berbagai macam kotoran.

Sampah plastik ataupun non-plastik misalnya, adalah kotoran yang mengganggu dan turut membawa bau tak sedap. Jika kelihatan, segera buang dan bersihkan sela-sela mobil.

5. Mobil Berkarat

Dampak Mobil Terkena Banjir - 5
Mobil Berkarat (Foto: Shutterstock)

Sudah sepatutnya kamu mewaspadai dampak mobil terkena banjir yang satu ini. Saat elemen seperti besi terkena genangan air hujan secara terus-menerus, bukan tak mungkin beberapa bagian mobil menjadi berkarat. Hal tersebut bakal sangat mengganggu penampilan.

Karat dan korosi kerap terjadi pada aspek eksterior dan interior. Bagian bodi, kolong, hingga pedal dan jok mobil, bisa jadi seret karena kaku akibat pengaratan. Segera perbaiki jika mobilmu mengalami masalah tersebut.

Banjir masih mengintai beberapa wilayah, sehingga kamu harus waspada setiap saat. Stay safe, ya! Pantau terus penawaran menarik seputar jual mobil lewat BeliMobilGue.co.id dari sekarang!