Honda Mobilio vs Mitsubishi Xpander, Mana yang Lebih Baik dan Irit?

Ketika sedang membandingkan mobil, salah satu aspek yang paling dicari tahu adalah perbandingan konsumsi bahan bakarnya. Nah, kira-kira irit mana Honda Mobilio vs Mitsubishi Xpander?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, sebaiknya kita membahas terlebih dahulu perbandingan keduanya secara general untuk benar-benar mengetahui kekuatan masing-masing.

Honda Mobilio adalah mobil low MPV yang paling laris setelah Toyota Avanza. Keberadaan Xpander sendiri merupakan cara Mitsubishi untuk mengejar Honda Mobilio yang mencoba meruntuhkan dominasi Avanza.

Kedua mobil ini merupakan rival abadi yang memang saling bersaing satu sama lain. Dari segi eksteriornya saja, keduanya sama-sama mengusung tampilan yang sangat atraktif. Selain itu, keduanya memiliki fitur andalan yang serupa, yakni penggerak roda depan.

Irit Mana Mobilio vs Xpander?

Melansir dari Cnnindonesia.com, pengujian mobil mana yang paling irit antara Mobilio dan Xpander ternyata pernah dilakukan bersama mobil MPV lainnya. Pengujian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana mobil ini melaju ketika diisi 1 liter bensin.

Pengujian uji irit 1 liter MVP ini dilakukan menggunakan mobil dengan transmisi otomatis yang berjalan dengan kecepatan 60-70 km per jam. Ternyata, Mobilio berhasil menang setelah berhasil melaju sejauh 17,05 km. 

Xpander kalah dengan perbandingan yang cukup tipis karena mobil ini telah menempuh jarak sejauh 16 km dengan 1 liter bensin saja. Irit mana Mobilio vs Expander ternyata dimenangkan oleh Mobilio.

Selain mengetahui mobil mana yang lebih irit, tentunya masih banyak aspek yang perlu diperhatikan sebelum kamu benar-benar bisa memutuskan mobil mana yang lebih baik.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Honda Mobilio Bekas di Tahun 2020.

Aspek-aspek ini bisa meliputi harga hingga pengendalian yang ditawarkan.

Perbandingan Harga Mobil Mobilio vs Xpander

Mobil pertama yang akan dibedah harganya adalah Honda Mobilio. Berikut adalah daftar harga Honda Mobilio terbaru 2020:

  • Harga New Honda Mobilio RS Facelift M/T: Rp233.000.000.
  • Harga New Honda Mobilio RS Facelift CVT: Rp243.500.000.

Untuk perbandingannya, berikut adalah daftar harga Mitsubishi Expander terbaru 2020:

  • Harga Mitsubishi Xpander Ultimate A/T: Rp245.350.000.
  • Harga Mitsubishi Xpander Sport A/T: Rp237.150.000.
  • Harga Mitsubishi Xpander Exceed A/T: Rp224.950.000.
  • Harga Mitsubishi Xpander Exceed M/T: Rp214.550.000.
  • Harga Mitsubishi Xpander GLS M/T: Rp208.550.000.
  • Harga Mitsubishi Xpander GLX M/T: Rp189.050.000.

Dari segi harga, bisa dibilang Mitsubishi Xpander menawarkan harga yang lebih ekonomis karena menawarkan varian Mitsubishi Xpander GLX M/T dengan harga Rp189 jutaan.

Harga tersebut, masih lebih murah daripada varian termurah yang ditawarkan oleh varian Honda Mobilio RS Facelift M/T yang dibanderol dengan harga Rp233 jutaan.

Baca Juga: Daftar Harga Honda Mobilio Terbaru.

Desain Eksterior

Xpander menawarkan tampilan kendaraan yang sangat memanjakan mata dan bisa dibilang keduanya memiliki tampilan eksterior yang cukup bersaing. Eksterior Mobilio terkesan lebih aerodinamis dan stylish sehingga sangat cocok digunakan dengan anak muda.

Sementara itu, Xpander memiliki tampilan yang lebih “garang” dengan konsepnya yang lebih terlihat seperti SUV yang futuristic dengan dynamic shield design.

Setiap orang pasti memiliki seleranya masing-masing. Namun, kedua mobil ini menawarkan tampilan yang jelas-jelas berbeda. Xpander memiliki keunggulan dari segi ground clearance yang lebih tinggi dan tampilan sporty-nya. Sedangkan Mobilio menawarkan nuansa MVP yang aerodinamis dengan ground clearance dan dimensi yang rendah.

Desain Interior

Selain mengetahui irit mana Mobilio vs Xpander, kamu juga harus mengetahui mobil mana yang dilengkapi dengan interior terbaik. Membandingkan kedua interior mobil ini cukup sulit dilakukan karena keduanya tampak seperti dari kelas yang berbeda.

Bisa dibilang, interior yang ditawarkan oleh Xpander setingkat di atas Mobilio. Xpander lebih cocok dibandingkan dengan Suzuki Ertiga yang kelasnya lebih sepadan dalam segi interior.

Dari segi build quality sendiri, Xpander lebih berniat untuk membuat mobil MPV yang lebih berkualitas. Selain itu, Xpander juga menawarkan kualitas dan pemasangan yang lebih rapi daripada Mobilio.

Pengendalian

Dalam segi pengendalian, ternyata Mobilio memiliki keunggulannya tersendiri. Pasalnya, pengendalian merupakan daya jual yang paling diunggulkan oleh Honda.

Setiap mobil yang diproduksi oleh Honda dirancang dengan mempertimbangkan kenyamanan dalam mengemudi. Hal ini dapat dilihat dari desain eksteriornya yang terkesan aerodinamis, tenaga yang besar, serta dimensi mobil yang rendah.

Namun, Xpander pun ternyata tidak terlalu buruk untuk ukuran mobil low MPV. Pasalnya, mobil ini mengoptimalkan kestabilan meskipun dimensi dan ground clearance dari mobil ini cukup tinggi.

Selain itu, efek limbung dari Xpander tidak seburuk mobil sejuta umat, Avanza. Terlebih, Xpander juga menawarkan stability control untuk beberapa varian seperti Ultimate dan Sport.

Baca Juga: Daftar 5 Mobil MPV Murah di Indonesia.

Itulah beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum kamu memutuskan untuk memilih salah satu dari kedua mobil di atas. Semoga ulasan BeliMobilGue.co.id ini menjawab pertanyaan bagus dan irit mana Mobilio vs Xpander, ya!