Jangan Salah Sangka! Ini Dia Perbedaan Wax dan Polish

Untuk menjaga kendaraan tetap terlihat baru biasanya kebanyakan pemilik kendaraan akan rajin untuk mencuci dan melakukan perawatan cat dengan membeli Wax dan Polish atau pergi ke salon mobil. Tujuannya agar cat tidak kusam dan kilap mobil agar selalu terjaga. Tetapi sayangnya masih banyak pemilik kendaraan yang masih salah membedakan antara Wax dan Polish. Kali ini kita akan menjabarkan perbedaannya, biar sobat gue gak salah beli!

Wax untuk Melindungi Cat Mobil

Pada dasarnya, Cairan Wax merupakan produk perawatan kendaraan berbahan lilin. Ada yang berbahan carnauba, ada juga yang menggunakan wax biasa. Kegunaan wax adalah untuk memberikan lapisan pelindung pada cat agar cat tetap terlihat prima. Sedangkan petunjuk penggunaan wax bisa berbeda-beda tergantung kebutuhan. Tetapi, kebanyakan salon mobil mengaplikasikan wax setelah melakukan poles. Selain itu, wax juga dapat membantu membersihkan baret halus meskipun tidak maksimal.

Agar maksimal, sebaiknya kamu menggunakan kain microfiber yang khusus untuk proses waxing mobil kesayangan mu

Polish untuk Mengkilapkan Cat Mobil

Berbeda dengan Polish. Jika tujuan wax untuk melapisi dan melindungi cat, kini giliran polish yang bertujuan untuk mengikis cat agar lebih mengkilap. Pada dasarnya, cat mobil sendiri memiliki beberapa lapisan. Mulai dari cat primer, lalu cat warna kendaraan, dan yang terakhir lapisan pernis yang mengkilapkan warna cat kendaraan yang kamu miliki. Biasanya, cat pernis cenderung tebal agar kendaraan tersebut tetap mengkilap. Namun ketika kusam atau ada goresan, kamu dapat mengikisnya agar lebih mengkilap dengan cairan Polish. Maka tidak heran banyak artikel dan bengkel yang menyatakan jika polish berguna untuk mengkilapkan mobil.

Tetapi jangan coba-coba untuk memoles kendaraanmu terlalu sering, atau ketika cat pernis kendaraanmu sudah menipis. Tentu lapisan cat kendaraanmu akan rusak.

Nah dari adanya kedua penjelasan ini, kamu bisa jadi lebih selektif untuk memilih perawatan apa yang perlu, dan belum perlu!

Kalau kamu mau upgrade kendaraan ke yang baru, yuk #LepasyangBekas di www.BeliMobilGue.co.id!