Jenis-Jenis Perawatan di Salon Mobil yang Bisa Dicoba

Sudah beli mahal-mahal sayang rasanya jika tidak melakukan perawatan menyeluruh untuk mobil kesayanganmu. Layaknya manusia, ada lho salon mobil yang siap membuat kendaraan jadi makin kinclong.

Ingat, bukan mesin mobil saja yang perlu dirawat. Interior serta eksteriornya pun tak kalah penting untuk diperhatikan. Biarpun sudah cukup tua, jika “didandani” salon khusus mobil, tampilannya pun bisa jadi jauh lebih muda.

Salon Mobil dan Auto Detailing, Apa Bedanya?

Sebelum membahas apa saja jenis perawatan yang bisa dipilih, bahas dulu yuk apa perbedannya salon mobil dan auto detailing. Treatment, waktu pelayanan, hingga harga cukup jauh berbeda.

Seperti dilansir BeliMobilGue.co.id dari Okezone, salon mobil membersihkan interior dan eksterior mobil dengan menyeluruh. Sementara itu, auto detailing, seperti namanya, membersihkan dan merawat mobil dengan sangat detail.

Beberapa contoh perawatan di salon khusus mobil misalnya pembersihkan kaca dengan waxing, penyedotan debu di dalam kabin, mengilaukan cat, dan mencuci keseluruhan mobil hingga bersih. Sementara auto detailing memberikan treatment yang serupa namun hingga bagian baut roda sekalipun sangat diperhatikan.

Untuk pengerjaan perawatan salon berkisar antara 3 hingga 5 jam. Lalu untuk auto detailing bisa mencapai 7 jam dan lebih. Soal harga, tentunya salon lebih murah sekita 1/3 dari harga perawatan auto detaling. Sementara itu, ketahanan hasil perawatan salon bisa sampai 3 bulan sementara auto detailing tahan sampai 9 bulan.

Pilihan Perawatan Salon Mobil yang Bikin Mobil Makin Kinclong

Bila belum pernah melakukan perawatan, ada baiknya kamu mencoba treatment salon khusus mobil terlebih dulu. Beda penyedia jasa, beda pula perawatan yang diberikan. Namun begitu, secara garis besar, inilah beberapa perawatan salon mobil yang bisa didapatkan.

1. Cuci mobil secara menyeluruh

Mencuci mobil adalah hal reguler yang perlu dilakukan agar kendaraan tampak selalu bersih. Hal ini pun termasuk dalam seluruh rangkaian perawatan yang disuguhkan oleh salon mobil.

Prosesnya kurang lebih sama, bagian luar mobilmu akan dicuci menggunakan sabun khusus. Orang-orang kini lazim menyebutnya sebagai snow wash. Setelah dicuci, bagian bodi dan kaca lalu dikeringkan menggunakan kanebo.

Sementara itu, bagian karpet dari plastik atau karet pelapis di kabin dikeluarkan dan disikat bersih. Setelah dicuci, karpet tersebut dikeringkan, lalu dikembalikan dalam keadaan kering.

2. Pembersihan jamur kaca

Seiring berjalannya waktu, kaca mobil yang tadinya bening akan menguning. Di sisi lain, ada pula bercak-bercak putih yang menempel di permukaannya. Itu adalah jamur kaca mobil.

Setelah membersihkan bodi mobil, proses penghilangan jamur kaca pun dimulai. Dibutuhkan cairan khusus untuk menghilangkan jamur kaca tersebut.

3. Membersihkan ruang mesin

Sama halnya dengan interior dan eksterior mobil, bagian ruang mesin pun kerap terkena kotoran. Bila tidak dibersihkan, kotoran kan menumpuk dan mungkin bisa mengurangi kinerja mesin. Maka itu, ruang mesin pun perlu dibersihkan secara rutin.

Saat perawatan di salon khusus mobil, mencuci ruang mesin sudah termasuk di dalamnya. Biasanya mesin disemprot menggunakan selang tekanan tinggi. Tujuannya adalah agar pasir, kotoran, dan noda dapat terangkat dengan sempurna.

4. Sedot debu dan kotoran interior mobil

Proses membersihkan mobil belum lengkap tanpa proses penyedotan debu dan kotoran di dalam kabin. Biasanya, proses ini menggunakan high preassure vacum cleaner. Karpet bawah, lapisan karpet, dan sela-sela lipatan mobil tak luput dari proses ini.

5. Steaming dan fogging interior

Tiga proses di atas merupakan hal general yang kerap dilakukan saat proses cuci mobil. Saat perawatan di salon khusus, bagian dalam akan diberikan steaming dan fogging. Tujuannya dari steaming adalah untuk menjaga kelembapan di dalam kabin. Uap panas dihembuskan ke dalam kabin secara menyeluruh.

Setelah itu, kamu bisa melanjutkan treatment dengan proses fogging. Guna dari proses fogging ini ialah untuk membuat kabin menjadi wangi dan membunuh bakteri. Setelah streaming dan fogging selesai, AC perlu dihembuskan agar mendapatkan hasil maksimal.

6. Waxing

Setelah proses pencucian luar dalam selesai, eksterior mobil akan di-wax. Proses waxing ini adalah dengan cara mengoleskan cairan khusus wax lalu dipulas dengan merata.

Tujuan dari treatment waxing ini adalah untuk mengembalikan kilap cat mobil. Tak hanya itu, lapisan wax tersebut juga mampu membuat bodi mobil lebih tahan terhadap bahaya dari air hujan.

7. Coating

Terakhir, setelah proses waxing, akan dilakukan perawatan yang dinamakan coating. Tujuan dari proses ini adalah untuk menghilangkan goresan-goresan tipis dan melindungi dari potensi di masa depan.

Ada dua jenis coating yang bisa dipilih yaitu ceramic coating dan nano coating. Seperti namanya, cairan ceramic coating ini mengandung keramik. Manfaatnya ialah memberikan proteksi lebih pada bodi. Sementara itu nano coating bertujuan untuk melindungi bodi dari paparan kimia dan proses oksidasi.

Semoga ulasan di atas mengenai perawatan salon mobil di atas bermanfaat untukmu. Jangan lupa dirawat, ya, mobilnya supaya kondisinya terus prima. Jangan salah, kalau mobil kamu bagus, harga jualnya nanti pun bisa bersaing di pasaran.