Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Daihatsu Ayla

Bagi kamu yang berminat memahami kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Ayla, ada baiknya hal tersebut diketahui dari sekarang. Kondisi ini penting, terlebih jika kamu hendak membeli mobil tersebut. Mau baru ataupun bekas, cari tahu spesifikasi Ayla terlebih dahulu!

Daihatsu Ayla adalah city car yang dirancang oleh Daihatsu dan diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor di Indonesia. Ayla juga dijual oleh Toyota sebagai Toyota Agya di Indonesia dan kawasan Benua Amerika, lalu Toyota Wigo di Filipina, Sri Lanka, Brunei, serta Vietnam.

Berdasarkan sumber resmi, Daihatsu Ayla diumumkan dan ditampilkan di Pameran Motor Internasional Indonesia ke-20 pada September 2012 silam. Ia hadir sebagai jawaban Toyota dan Daihatsu terhadap rencana pemerintah untuk program Low Cost Green Car (LCGC).

Mengenal Fitur Mobil Daihatsu Ayla

Secara rinci berdasarkan timeline, Ayla diluncurkan dari jalur perakitan di pabrik Karawang pada 25 Oktober 2012 dan memasuki produksi massal September 2013. Sementara beberapa negara lain meluncurkan dengan nama berbeda, peningkatan kualitas pun dilakukan.

Ayla mendapatkan facelift pada 7 April 2017 mencakup desain bumper depan dan belakang yang diperbarui, headlamp proyektor dengan lampu samping LED pada beberapa level trim, taillamp LED, kantung udara ganda, sabuk pengaman 3 titik, kontrol sakelar kemudi, dan lain-lain.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Mengemudi Mobil Daihatsu Ayla Matic.

Varian 1,0 L dari Ayla mempertahankan desain headlamp yang sama dari versi sebelumnya. Facelift juga mencakup opsi mesin tambahan: 1,0 L 1KR-VE tiga silinder (hanya untuk Agya) dan 1,2 L 3NR-VE mesin empat silinder dari Sigra. Sementara itu, mesin masih sama.

Kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Ayla bisa dilihat dalam berbagai macam hal. Namun sebelum itu, pahami 9 jenis Ayla berdasarkan level trim berbeda. Tujuh di antaranya memiliki pilihan transmisi manual atau otomatis, tiga di antaranya mencakup mesin 1,2 L 3NR-VE.

Jenis tersebut, antara lain:

– Daihatsu Ayla 1.0 D (hanya transmisi manual 5-kecepatan).

– Daihatsu Ayla 1.0 D + (hanya transmisi manual 5-kecepatan).

– Daihatsu Ayla 1.0 M (tersedia pilihan transmisi manual 5-kecepatan dan otomatis 4-kecepatan).

– Daihatsu Ayla 1.0 X (tersedia pilihan manual 5-kecepatan dan otomatis 4-kecepatan).

– Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe (tersedia dengan kit aero).

– Daihatsu Ayla 1.0 X Airbag (tersedia dengan dual airbag).

– Daihatsu Ayla 1.2 X (tersedia dengan transmisi manual 5-kecepatan dan otomatis 4-kecepatan).

– Daihatsu Ayla 1.2 R (tersedia dengan transmisi manual 5-kecepatan dan otomatis 4-kecepatan).

– Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe (tersedia dengan kit aero).

Tak mudah melihat kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Ayla berdasarkan 9 perbedaan level trim di atas. Meski begitu, kamu dapat melihat perbedaan tersebut secara garis besar lewat poin-poin sebagai berikut. Penting, lho, sebelum membeli!

Baca Juga: Begini Cara Mengemudi Mobil Toyota Agya Matic untuk Pemula.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Daihatsu Ayla

Kelebihan Daihatsu Ayla

Sebelum mengenal kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Ayla secara keseluruhan, ada baiknya kamu cari tahu kelebihan kendaraan yang satu ini. Mengingat Ayla adalah mobil baru, maka cukup banyak fitur kekinian yang bisa kamu jajal saat berkendara di jalan.

Seperti yang tertulis di atas, Daihatsu Ayla adalah Low Cost Green Car (LCGC) yang cukup unggul di kelasnya. Penggunaan bensin yang irit namun dilengkapi mesin bandel, merupakan keunggulan Ayla. Tak heran jka mobil yang satu ini laris di pasar otomotif Indonesia.

Varian mesin 1,0 liter misalnya, berkubikasi 998 cc DOHC, 3 silinder dan 12 katup. Mobil ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 65 Hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi mencapai maksimal 85 Nm pada putaran 3.000 rpm. Namun, konsumsi bensinnya bisa mencapai 20 kilometer per liter!

Bagi beberapa orang, dimensi Daihatsu Ayla yang kecil adalah kelebihan tersendiri. Belum lagi fitur-fitur terbarunya seperti transmisi CVT, interior berkualitas tinggi dan lain-lain. Sparepart mobil Daihatsu Ayla juga banyak dan dapat diperoleh secara mudah lewat dealer resmi.

Kekurangan Daihatsu Ayla

Ada kelebihan, ada pula kekurangan. Berbicara soal mesin 1,0 liter, mobil dengan kapasitas sebesar itu memang nyaman buat kota. Namun jika berbicara lintas daerah berjarak jauh, kemungkinan besar bakal terasa capek karena tenaga yang dihasilkan hanya 65 HP.

Kekurangan Daihatasu Ayla selanjutnya bakal lebih jelas ketika kamu melihat sembilan perbedaan level trim di atas. Itu artinya, kita tidak bisa membeli fitur yang sama satu sama lain. Terlebih, perbedaan harganya juga cukup signifikan. Hal ini juga harus diperhatikan!

Kemudian, saat melihat Daihatsu Ayla sebagai LCGC, perlu kita terima bahwa mobil jenis ini tak akan mampu diharapkan dari segi kualitas material. Banyak kalangan juga menila suspensi belakang Ayla cukup keras dan ruang gerak di dalamnya juga terbatas.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Daihatsu Ayla Bekas di Tahun 2020.

Itu tadi kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Ayla. Masih penasaran dengan mobil yang satu ini? Yuk, cari tahu informasi jual beli mobil lebih dalam dengan mengakses BeliMobilGue.co.id dari sekarang!