Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Daihatsu Terios

Daihatsu jadi salah satu Agen Pemegang Merek (APM) yang punya banyak portofolio menarik di berbagai pasar otomotif di Indonesia, tak terkecuali di segmen Low SUV. Di segmen ini, Daihatsu memiliki Terios generasi kedua dengan berbagai ubahan menarik yang bisa memikat hati banyak orang.

Hal tersebut bisa dilihat jelas dari tampilan terbaru mobil Daihatsu Terios yang lebih segar dan garang. Tak cuma itu, perubahan juga terjadi di berbagai sektor lainnya, mulai dari fitur hingga dimensinya.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Daihatsu Terios

Buat kamu yang berencana meminang Daihatsu Terios dalam waktu dekat ini, alangkah lebih baiknya untuk memahami kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Terios terlebih dahulu. Untuk memudahkan kamu dalam menentukan keputusan, simak penjelasan berikut ini.

Kelebihan Mobil Daihatsu Terios

  • Desain Gagah

Ada yang menarik dengan mobil Daihatsu Terios varian terbaru. Pada model ini, Daihatsu Terios punya perubahan yang cukup signifikan pada bagian eksteriornya. Yap, Daihatsu menghilangkan model mengotak dan menggantinya dengan desain menyerupai sebuah Low MPV berbodi bongsor.

Agar tampilan SUV-nya jadi lebih kental, Daihatsu tentu juga melakukan beberapa ubahan lainnya. Hal itu bisa dilihat dari penggunaan lampu utama dengan desain menyipit yang membuatnya makin terlihat sangar dan sporty.

Berpindah ke bagian buritan, Daihatsu Terios juga melakukan ubahan pada bagian pintunya. Jika dulu pintu bagasi dibuka secara menyamping dan memiliki ban cadangan yang umumnya disebut konde, kini pintunya sudah membuka ke atas dan ban cadangan pindah ke bawah.

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini Beda Timing Belt vs Timing Chain.

  • Dimensi Lebih Besar

Jika dibandingkan dengan versi terdahulunya, Daihatsu Terios versi terbaru punya dimensi yang lebih panjang. Mobil ini punya dimensi 4.435 x 1.695 x 1.705 mm dengan jarak sumbu roda 2.685 mm dan radius putar 5,2 meter. Dengan dimensi tersebut, Daihatsu Terios punya ukuran yang sedikit lebih besar dari Low SUV kebanyakan.

Namun sisi baiknya, kamu tentu akan mendapatkan kabin yang lega sehingga bisa membawa banyak barang saat bepergian, tanpa perlu mengorbankan kenyamanan para penumpang. Bisa dibilang, mobil ini cocok untuk kamu yang ingin memiliki mobil dengan kapasitas penumpang yang banyak, tapi ogah punya mobil besar seperti SUV kebanyakan.

  • Tenaga Garang

Tak cuma sangar di penampilan, nyatanya Daihatsu Terios juga dibekali dengan jantung pacu yang cukup garang, bahkan meningkat dari versi sebelumnya. Daihatsu Terios menggunakan mesin Toyota Veloz dan sudah tersematkan teknologi dual VVT-I.

Di atas kertas, mesin 1.5 L DOHC 4 silinder yang digunakan Daihatsu Terios mampu mengeluarkan tenaga hingga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 136 Nm pada 4.200 rpm yang dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis (AT).

  • Fitur Lengkap

Dari segi fitur, Daihatsu Terios bisa dibilang lengkap. Untuk sektor hiburannya, Daihatsu Terios dibekali head unit berukuran 7 inci yang bisa memainkan berbagai jenis musik favorit lewat sambungan Bluetooth atau AUX dari smartphone, serta koneksi USB.

Sedangkan fitur keselamatannya, mobil ini sudah mendukung Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), rem ABS, EBD, dan Emergency Stop Signal (ESS). Tidak lupa terdapat juga dual SRS airbags untuk mengurangi risiko cedera saat terjadi benturan.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Mobil Daihatsu Terios yang Benar.

Kekurangan Daihatsu Terios

  • Ruang Kabin Kurang Senyap

Meski dibekali dengan beragam kelebihan, bukan berarti Daihatsu Terios hadir tanpa cela. Buktinya, mobil ini masih punya satu kekurangan yang cukup ‘berbahaya’ karena berurusan langsung dengan kenyamanan.

Yap, kabin bagian penumpang masih terasa berisik yang disebabkan oleh suara mesin, terlebih lagi jika mobil sedang melaju dengan rpm yang tinggi. Hasilnya, kenyamanan penumpang akan berkurang dan sedikit terganggu selama di perjalanan.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Daihatsu Terios Bekas di Tahun 2020.

Kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Terios yang kami sebutkan ini semoga bisa menjadi pertimbangan saat kamu hendak meminang mobil ini. Jangan lupa buka BeliMobilGue.co.id untuk memenuhi kebutuhan mobil sehari-hari.