Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Daihatsu Xenia

Sudah tahu kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Xenia? Mobil yang satu ini memang menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Xenia hadir sebagai MPV yang mampu memenuhi kebutuhan satu keluarga dengan bensin yang irit, mesin bandel, hingga fitur canggih!

Daihatsu Xenia adalah mini MPV yang dirancang, diproduksi, dan dipasarkan oleh Daihatsu. Saudara kembarnya, Toyota Avanza, diproduksi oleh pabrikan yang sama dengan Xenia, namun dipasarkan oleh Toyota. Sepintas sama, namun keduanya memiliki sejumlah perbedaan.

Hingga Oktober 2011, ada 1 juta unit Xenia terjual, termasuk 113.000 unit yang diekspor. Kemudian Desember 2018, total akumulasi Xenia dan Avanza yang dijual mencapai angka hampir 3 juta. Bersama kembarannya, Xenia masuk dalam daftar mobil terlaris di Indonesia.

Menengok Daihatsu Xenia di Pasar Otomotif Dunia

Kelengkapan Daihatsu Xenia generasi pertama yakni ditenagai oleh mesin 1,3 liter yang mirip dengan Avanza. Tak hanya itu, ada pula mesin tiga silinder 1,0 liter dengan daya dan torsi mencapai 63 PS (46 kW; 62 hp) pada 5.600 rpm dan 92 Nm ada 3.600 rpm.

Berdasarkan tempat pemasarannya, Daihatsu Xenia hanya dijual di Indonesia dan China. Khusus wilayah Indonesia, Xenia tersedia dalam tiga level trim yakni 1,0 Mi, 1,0 Li, dan 1,3 Xi. Edisi perdana Daihatsu Xenia di China bernama FAW Senya, rilis pada tanggal 21 Juni 2007 silam.

Generasi kedua Daihatsu Xenia pada 9 November 2011 hanya diproduksi untuk penjualan di Indonesia, bersama dengan harga yang lebih terjangkau. Desain Xenia tetap sama dengan Avanza, namun memiliki sejumlah peningkatan pada beberapa aspek interior dan eksterior.

Salah satu tipe Xenia generasi kedua yakni 1.5R Deluxe, dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1500cc. Mesin dual VVT-i pada jenis produk tersebut dibuat sedemikian rupa untuk menghasilkan suara mobil yang halus namun irit bahan bakar, sehingga cocok buat keluarga.

Perbaikan yang dilakukan cukup progresif. Memasuki awal tahun 2019, Xenia melakukan pembaruan seperti lampu depan proyektor LED yang mirip dengan Toyota Voxy dan Toyota Vellfire, kaca spion samping dari F800 Terios dan fasia belakang yang juga ditingkatkan.

Baca Juga: Simak Rekomendasi 6 Mobil Hatchback Bekas Terbaik.

Ingin tahu kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Xenia? Tenang dulu, kamu wajib mengetahui spesifikasi mobil yang satu ini. Agar lebih jelas, simak sebagai berikut ini:

Tipe Mesin:

– EJ-VE DOHC VVT-i (Tipe D & M).

– 1NR-VE DOHC Dual VVT-i (Tipe X & R).

Volume Silinder:

– 989 cc  (Tipe D & M).

– 1329 cc (Tipe X & R).

Diameter x Langkah:

– 72,0 x 81,0 (Tipe D & M).

– 72,5 x 80,5 (Tipe X & R).

Daya Maksimum:

– 63 PS/5.600 rpm (Tipe D & M).

– 97 PS/6.000 rpm (Tipe X & R).

Torsi Maksimum:

– 9.2 Kg.m/3.600 rpm (Tipe D & M).

– 12.3 Kg.m/4.200 rpm (Tipe X & R).

Steering:

– Rack & Pinion dengan Electric Power Steering.

Sistem Transmisi:

– 5 Speed Manual / 4 Speed Automatic.

Baca Juga: 9 Mobil yang Cocok untuk Pemula yang Baru Bisa Menyetir.

Setelah melihat spesifikasi di atas, kini saatnya kita mengenal kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Xenia. Sudah tahu apa saja poin-poinnya?

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Daihatsu Xenia

Kelebihan Daihatsu Xenia

Kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Xenia ada untuk kamu pahami. Pasalnya, hal tersebut perlu disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Dibandingkan MPV pada kelas serupa, Xenia menawarkan performa mesin yang bandel namun irit bensin. Tentu saja ini menarik!

Ketahanan mesin serta iritnya bahan bakar Xenia sudah teruji. Sejak pertama rilis tahun 2004, Xenia terkenal dengan bensin yang irit dan menjadi rekomendasi buat mayoritas keluarga Indonesia kelas menengah. Tak hanya itu, Mencarri suku cadang Xenia juga cukup mudah.

Berbagai macam fitur yang tersedia dalam Daihatsu Xenia, tak perlu diragukan lagi. Selain Day-time Running Lights (DRL), aksesoris lampu pada handle pintu pada tipe tertinggi juga patut dicoba. Head unit audio layar sentuh dan GPS Xenia, amat membantu perjalanan kamu.

Kekurangan Daihatsu Xenia

Di balik iritnya Daihatsu Xenia, ternyata hal tersebut disinyalir sebagai sebuah kekurangan. Kapasitas mesinnya 1,3 liter dengan tenaga 97 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 120,6 Nm pada 4.200 rpm. Ya, kapasitas tersebut merupakan kecil jika dibandingkan mobil kelas serupa.

Faktanya, mayoritas mobil di kelas yang sama menggunakan mesin berkapasitas 1,5 Liter. Meski ketahanannya layak diuji, namun dalam situasi tertentu mesin bertenaga dapat lebih diandalkan.

Fitur Daihatsu Xenia juga bisa dibilang lengkap. Namun bila dibandingkan MVP kelas murah seperti Wuling, kelengkapan fitur Xenia terbilang kurang. Meski begitu, kalau kamu mencari fitur standar, Xenia mampu memenuhi walau tak bisa diharapkan lebih.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Daihatsu Xenia Bekas di Tahun 2020.

Kurang lebih seperti itulah kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Xenia. Kenali lebih jauh dengan mengakses BeliMobilGue.co.id dari sekarang!