Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Brio

Salah satu pilihan mini hatchback yang punya range harga murah ialah Honda Brio. Sebelum dijadikan wishlist kendaraan tahun ini, simak dulu ulasan kelebihan dan kekurangan mobil Honda Brio, yuk!

Banyak orang yang mengatakan bahwa Honda Brio adalah jenis city car. Tak sedikit pula orang yang menyebutnya sebagai mini hatchback. Tak ada yang salah dengan keduanya.

Apapun sebutannya, mobil Honda Brio termasuk sebagai tipe kendaraan low cost green car (LCGC) yang terjangkau harganya. Selain irit bensin, itu berarti emisi yang dihasilkannya ramah lingkungan.

Memang orang mengatakan bahwa mobil Honda Brio terbaru merupakan LCGC termahal. Harga barunya mulai dari Rp145 jutaan dan yang termahal mencapai Rp199 jutaan.

Biarpun begitu, harga mahal tersebut berbanding lurus dengan fitur dan kualitas yang disuguhkan Honda. Selengkapnya, yuk, ketahui sepak terjang serta kelebihan dan kekurangan mobil Honda Brio berikut ini.

Spesifikasi dan Perkembangan Mobil Honda Brio di Indonesia

Brio bisa disebut sebagai pelopor mobil LGCG di Indonesia. Kemunculan Brio pertama kali cukup bersamaan dengan lahirnya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Honda Brio pertama kali muncul pada Agustus 2012 dan baru mulai dirakit setahun kemudian. Seiring perkembangannya, Honda mengeluarkan Brio sebanyak dua generasi. Honda Brio generasi pertama terdiri dari beberapa tipe, yaitu Honda Brio Satya, Honda Brio Tipe 1.2 L, dan Honda Brio RS.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Honda Brio Bekas di Tahun 2020.

Satya dan tipe 1.2 L diluncurkan bersama pada tahun 2013. Satya merupakan tipe Brio yang paling ekonomis dan murah. Ketika itu, Brio Satya dirilis dengan harga Rp109 juta. Brio Satya memiliki tiga jenis pilihan yaitu tipe A, S, dan E.

Tiga tahun kemudian Honda memberikan upgrade facelift pada brio dengan meluncurkan tipe 1.2 L Satya ECVT dan RS. Mobil ini memiliki tampilan yang lebih sporty dari pendahulunya.

Ada dua pilihan mesin yang melengkapi beberapa tipe brio. Pilihan tersebut ialah kapasitas 1.2 L 12B i-VTEC dan 1.3 L L13A i-VTEC.

Selang dua tahun dari peluncuran Honda Brio facelift, Honda meluncurkan generasi keduanya pada Agustus 2018. Honda All New Brio, itulah nama yang disematkan untuk mini hatchback tersebut. Berikut tipe-tipe All New Brio beserta kapasitas mesinnya:

All New Honda Brio S M/T – 1.2 L i-VTEC 90 PS.

All New Honda Brio E M/T – 1.2 L i-VTEC 90 PS.

All New Honda Brio E CVT – 1.2 L i-VTEC 90 PS.

All New Honda Brio RS M/T – 1.2 L i-VTEC 90 PS.

All New Honda Brio RS CVT – 1.2 L i-VTEC 90 PS.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Brio

Sebelum memutuskan untuk membeli, tentunya ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan. Maka itu, pelajari kelebihan dan kekurangan mobil Honda Brio di bawah ini!

Baca Juga: Simak Daftar Harga Honda Brio Terbaru Berikut Ini!

Kelebihan Mobil Honda Brio

1. Fitur Hiburan yang Cukup Lengkap

Harganya boleh saja murah, namun Honda Brio ternyata dirancang matang dengan berbagai fitur terkini. Salah satu fitur yang cukup dapat diperhitungkan dari mobil ini ialah fasilitas audionya.

Brio tak hanya dilengkapi dengan MP3 player dan radio, namun juga memiliki single disc player serta USB port. Tentu ini sangat memberikan kemudahan untuk memutar musik, bukan?

2. Memiliki Handling yang Terbilang Stabil

Sistem kemudi Honda Brio disebut-sebut tidak mudah loss. Hal ini dikarenakan handling mobil ini cukup stabil ketika digunakan. Itulah mengapa orang mengatakan Brio cukup mudah untuk dikendarai.

3. Irit Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

Mau mobil keren yang sangat irit bahan bakar? Kalau begitu jatuhkan saja pilihan kendaraanmu pada Honda Brio. Brio dapat melaju sejauh 20 kilometer untuk tiap liter bahan bakar. Hal ini disebut berkat kehadiran teknologi PGM-FI yang hadir pada sistem pasokan bahan bakarnya.

Selain itu, ada lagi kelebihan Honda Brio yang dimilikinya terkait bahan bakar. Sebagai salah satu LCGC di Indonesia, dapat dipastikan bahwa emisi Honda Brio pun ramah lingkungan.

Kekurangan Mobil Honda Brio

1. Desain Interior yang Tampak Murah

Tak bisa dipungkiri memang bahwa salah satu kekurangan dari mobil Honda Brio adalah penampakan dalamnya yang terkesan murah. Hal ini salah satunya bisa dilihat dari material pelapis bodi pada interior yang tampak tipis.

2. Jok Bagian Belakang Kurang Nyaman

Memiliki kabin yang kecil membuat interior brio kadang tak terasa nyaman, apalagi untuk orang dewasa. Ruang kaki yang tersedia cukup kecil sehingga kaki mudah lelah. Selain itu, jok mobil tidak begitu miring ke belakang serta tak bisa diatur. Badan pun jadi cepat pegal ketika menumpangi Brio.

Baca Juga: 5 Mobil LCGC Terbaik dan Termurah di Indonesia.

Semoga penjelasan BeliMobilGue.co.id mengenai kekurangan dan kelebihan mobil Honda Brio di atas cukup menggambarkan apa yang kamu butuhkan!