Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Civic

Kelebihan dan kekurangan mobil Honda Civic kerap menjadi pembahasan kalangan masyarakat di pasar otomotif. Pasalnya baik baru ataupun bekas, kendaraan yang satu ini terus diminati banyak orang di kelasnya. Belum lagi fitur yang menyertai mobil tersebut.

Civic diproduksi oleh Honda dan telah melalui beberapa perubahan generasi. Hal tersebut membuatnya jadi lebih besar dan lebih mewah, sehingga bisa dibilang pindah ke segmen mobil compact dari subcompact. Mobil ini telah menempuh beberapa generasi dan peningkatan.

Bicara soal kondisi secara utuh, kelebihan dan kekurangan mobil Honda Civic tak pelak menjadi pertimbangan bagi mereka yang menginginkan kendaraan tersebut. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, mari selami fakta dan sejarah seputar Honda Civic di bawah ini.

Kiprah Honda Civic di Pasar Otomotif Dunia

Honda Civic generasi pertama diperkenalkan pada 11 Juli 1972. Mobil ini dilengkapi dengan mesin berpendingin air empat silinder 1.169 cc (71,3 cu in) dan memiliki rem cakram daya depan, kursi vinil bersandar, trim kayu tiruan pada dasbor, serta penyejuk udara opsional dan radio AM/FM.

Sejak generasi pertama, Honda Civic mengalami peningkatan signifikan pada aspek kualitas. Hal tersebut membuatnya semakin tangguh di segala bidang, mulai dari interior hingga eksterior. Bahkan saat ini, generasi kesepuluh telah hadir dengan beragam fitur menarik.

Civic generasi kesepuluh didasarkan pada platform global compact Honda yang serba baru. Model tersebut pertama kali diluncurkan pada September 2015 dengan desain eksterior fastback serta bagian depan baru yang tampak di bagian atas lampu depan.

Interior Civic baru juga menghadirkan perubahan desain besar. Tidak seperti speedometer bi-level split dan takometer dari pendahulunya, EX dan trim level atas dari generasi kesepuluh Civic mengkonsolidasikan instrumen ini menjadi sepenuhnya dapat disesuaikan.

Ada pula fitur “Driver Information Interface” digital yang menggabungkan layar LCD 7-inci tepat di belakang setir dan garis pandang pengemudi. Instrumentasi trim LX terdiri dari tachometer analog besar yang mengelilingi speedometer digital dan lainnya.

Varian Civic termasuk sedan, coupe, hatchback lima pintu, trim Si dan model Type-R. Adapun Civic Si 2017 dilengkapi peredam adaptif, pengerasan komponen suspensi lainnya, termasuk titik pemasangan, batang anti-rol, pegas, dan busing. Sebuah kemajuan bagi Honda Civic.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Honda Civic Bekas di Tahun 2020.

Khusus Honda Civic terbaru, kamu bisa melihat spesifikasi mesin dan dimensi sebagai berikut:

– Mesin:

Type: SOHC Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW + DICT

Sistem Bahan Bakar: PGM-FI

Diameter x Langkah: 81 mm x 96,89 mm

Isi Silinder: 1.997 cc

Perbandingan Kompresi: 10,6 : 1

Tenaga Maksimum: 155 PS/6.500 rpm

Torsi Maksimum: 190 Nm / 4.300 rpm

– Dimensi:

Panjang Keseluruhan: 4.540 mm

Lebar Keseluruhan: 1.755 mm

Tinggi Keseluruhan: 1.435 mm

Jarak Poros Roda: 2.700 mm

Jarak Pijak Depan: 1.500 mm

Jarak Pijak Belakang: 1.520 mm

Kapasitas Tanggki: 57 Liter

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Civic

Kini sudah tahu ‘kan, spesifikasi lengkap dari segi mesin dan dimensi? Sekarang, saatnya kamu memahami kelebihan dan kekurangan mobil Honda Civic. Penting banget, apalagi kalau rencana untuk membeli kendaraan tersebut kian dekat. Yuk, simak satu per satu poinnya di bawah ini!

Kelebihan Mobil Honda Civic

Yuk, kita mulai dari kelebihan mobil Honda Civic. Seperti yang dijelaskan di atas, Civic telah mengalami berbagai perubahan dari waktu ke waktu. Kualitas semakin meningkat, banyak fitur terbaru, eksterior dan interior kian mumpuni, serta hal-hal lainnya yang dapat dirasakan.

Bodi Honda Civic menjadi salah satu keunggulan pertama yang mampu dilihat secara kasat mata. Ia dibanding dengan desain elegan, sporty, dan mewah. Headlamp sendiri telah didukung fitur canggih masa kini dengan tampilan grill yang sudah dilapisi dengan krom.

Belum lagi interior Honda Civic yang juga tampil prima serta bikin nyaman pengemudi hingga penumpang. Kapasitas kabin luas, fitur auto AC, hingga audio yang mampu memanjakan telinga. Performa mesin? Tak perlu diragukan lagi, Honda Civic selalu siap dipacu melibas jalanan!

Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Accord.

Kekurangan Mobil Honda Civic

Ini dia satu hal yang kerap menjadi pembahasan. Ya, terlepas dari segala kelebihannya, Honda Civic juga memiliki kekurangan tersendiri. Salah satu yang sering dibahas adalah harga mobil baru Honda Civic konon terlampau cukup mahal. Waspada kantung sebelum membeli!

Mengingat harganya mahal, maka perawatan Honda Civic pun bisa dibilang mengikuti. Sampai saat ini, fitur-fitur canggih dalam Honda Civic diklaim bernilai tinggi dan perlu treatment berbeda. Jika sudah yakin sejak awal, tak ada salahnya kamu mengabaikan kekurangan ini.

Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Toyota Camry.

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan mobil Honda Civic tahun 2020. Ingin membandingkan dengan mobil lain juga? Simak BeliMobilGue.co.id dan temukan kendaraan roda empat idamanmu dari sekarang, ya!