Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda CRV

Buat kamu yang sedang mencari kelebihan dan kekurangan mobil Honda CRV, hal-hal seperti ini memang patut diketahui sejak awal. Pasalnya, kamu perlu menyesuaikan segala fitur yang ada dengan kebutuhan pribadi agar tidak menyesal di akhir kelak. Jadi, sudah tahu apa saja?

Honda CRV adalah SUV crossover kompak yang diproduksi oleh Honda sejak tahun 1995 dan diperkenalkan di pasar Amerika Utara pada tahun 1997. Ia menggunakan platform Honda Civic dengan desain bodi SUV sebagai kendaraan utilitas kelas menengah Honda.

Posisi CRV ditempatkan di antara Honda HRV yang lebih kecil dan Honda Passport yang lebih besar. Berdasarkan sumber resmi, CRV adalah singkatan dari Comfortable Runabout Vehicle. Sebelum tahu kelebihan dan kekurangan mobil Honda CRV, pahami sejarahnya dulu yuk!

Sejarah Panjang Mobil Honda CRV

Honda mulai memproduksi CRV di Sayama, (Jepang) dan Swindon (Inggris) untuk pasar di seluruh dunia. CRV juga diproduksi di Wuhan untuk pasar China oleh Dongfeng Honda Automobile Company, perusahaan gabungan dengan Dongfeng Motor Corporation.

Dahulu, CRV generasi pertama diperkenalkan di Jepang hanya di dealer Honda Verno dan dianggap sebagai kendaraan mewah di Jepang. Sementara untuk pasar Amerika Utara, ia ditampilkan di Chicago Auto Show 1996 dan mulai dijual pada Februari 1997.

Masuk tahap generasi kedua, CRV menempuh desain ulang secara keseluruhan. Khusus model Asia Tenggara, ia menghasilkan tenaga 150 hp (112 kW) dan 190 Nm (140 lbfft). CRV baru mempertahankan ekonomi bahan bakar dari model sebelumnya karena sistem i-VTEC.

Saat ini, mobil CRV telah mencapai generasi kelima dengan fitur yang lebih canggih. Penjualan dimulai di AS pada 21 Desember 2016 sebagai model tahun 2017. Generasi kelima juga menawarkan kursi baris ketiga opsional untuk kapasitas 7 penumpang dan lebih besar.

Sementara di Indonesia, Honda CRV rilis pada 27 April 2017 di Indonesia International Motor Show ke-25 dan mulai dijual sejak tanggal 17 Juni 2017. Top trim model Indonesia (Prestige) dilengkapi dengan velg Modulo 5-spoke 18 inci yang tidak terlihat di pasar lain.

Model-model ASEAN (tidak termasuk Indonesia dan Malaysia) tersedia dengan opsi 1.6-liter Honda i-DTEC turbodiesel (menghasilkan 160 tenaga kuda dan torsi 350Nm) dipasangkan ke ZF 9HP dengan transmisi 9-speed yang dipasang secara otomatis.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Honda CR-V Bekas di Tahun 2020.

Ingin tahu spesifikasi mesin dan dimensi mobil Honda CRV simak sebagai berikut:

– Mesin:

Isi Silinder (cc): 1.997

Tipe Drive: Front Wheel Drive

Konfigurasi Mesin: R20 2.0L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW

Kapasitas Tangki: 57

Jenis Bahan Bakar: Bensin

Jumlah Silinder: 4

Konfigurasi Transmisi: Automatic CVT

– Dimensi:

Jarak Terendah (mm): 198

Tinggi (mm): 1.679

Panjang (mm): 4.584

Radius Putar (m): 5,9

Jarak Sumbu Roda (mm): 2.660

Lebar (mm): 1.855

Tertarik membeli Honda CRV? Sebelum mengambil langkah tersebut, ada baiknya kamu tahu kelebihan dan kekurangan mobil Honda CRV. Baik baru maupun bekas, fitur yang ditawarkan harus dipahami terlebih dahulu agar pembelian memuaskan dan tidak menyesal di akhir!

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda CRV

Sekarang kamu sudah mengetahui sejarah panjang Honda CRV, mulai dari generasi pertama, fitur terbaru hingga spesifikasi mesin dan dimensi. Kini saatnya mencari tahu kelebihan dan kekurangan mobil Honda CRV berdasarkan aspek interior serta eksterior. Simak berikut ini.

Kelebihan Mobil Honda CRV

Sama seperti mobil lainnya, seiring waktu berjalan, Honda CRV menawarkan berbagai macam fitur terbaru yang canggih. Tentu saja fitur ini bakal sangat berguna jika kamu menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Sudah siap menyimak kelebihan mobil Honda CRV? Ini dia!

Pada aspek eksterior, Honda CRV dilengkapi desain yang elegan dan mewah. Terdapat grill di bagian depan mobil yang dilapisi oleh warna chrome. Tak hanya itu, headlamp CRV juga dapat berfungsi optimal untuk menerangi jalan khususnya pada malam hari. Fog lamp juga tersedia.

Menengok interior, kapasitas Honda CRV cukup luas dengan interior yang juga mewah. Desain dashboard menarik pengan fitur canggih seperti AC, multimedia dan audio sebagai sarana hiburan. Jok dilapisi kulit, sementara mesinnya yang unggul telah dijabarkan di atas.

Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Civic.

Kekurangan Honda CRV

Ada kelebihan, ada juga kekurangan Honda CRV. Lewat berbagai macam spesifikasi yang canggih, kamu harus menebus mobil ini dengan harga mahal. Bahkan jika hendak membeli mobil CRV bekas, harganya terbilang cukup tinggi di pasar otomotif Indonesia.

Performa mesin yang optimal juga mesti diganti dengan borosnya bahan bakar. Tenaga putaran bawah dinilai oleh beberapa kalangan kurang responsif, bantingan keras, kualitas audio terbilang standar dan peredaman kabin kurang bagus. Penting buat kamu mengkaji hal ini.

Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Accord.

Sudah tahu kelebihan dan kekurangan mobil Honda CRV, ‘kan? Jika sudah, saatnya kamu mencari dan mengecek secara langsung baik lewat internet maupun showroom mobil. Tak lupa, kunjungi BeliMobilGue.co.id untuk melihat informasi lebih lanjut!