Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Freed

Jumlah mobil MPV dengan pintu berdesain geser di Indonesia terbilang cukup jarang. Salah satu di antaranya ialah Honda Freed. Tertarik beli? Pelajari dulu kelebihan dan kekurangan mobil Honda Freed, yuk!

Ayo, coba hitung satu-satu. Apa saja, ya, tipe dan merek MPV yang memiliki fitur pintu geser selain Freed? Ada Toyota Sienta, Nissan Serena, dan Mazda Biante yang bisa kamu temui.

Berbeda dengan ketiga mobil di atas, kini Honda Freed telah diberhentikan produksinya. Biarpun begitu, masih ada saja orang yang mencari bekasan mobil MPV cantik nan elegan satu ini.

Harga Honda Freed bekas di pasar kendaraan second sendiri beragam. Hal ini bergantung pada wilayah, kondisi, serta tahun produksinya.

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, kamu bisa menemukan mobil Honda Freed bekas tipe 1.5 E A/T mulai dari Rp96 jutaan. Sementara untuk tipe 1.5 S A/T harganya dipatok mulai Rp140 jutaan.

Kamu pun tertarik untuk membeli Honda Freed di tahun 2020? Yuk, kita kenali lebih dalam speknya serta kelebihan dan kekurangan mobil Honda Freed berikut ini.

Perkembangan Mobil Suzuki Ertiga dari Masa ke Masa

Di antara sekian banyak mpobil MPV yang seliweran di Indonesia, Honda Freed punya karakter tersendiri yang unik. Sejak awal kemunculannya, mobil ini pun cukup mencuri perhatian.

Bagaimana tidak? Pasalnya, jika MPV-MPV lain kerap didesain kotak seperti mobil van, Freed punya moncong yang mengerucut layaknya sedan.

Mobil ini pertama kali dirilis pada tahun 2008 di Jepang. Ia kemudian masuk ke Indonesia setahun kemudian tepatnya pada 21 Maret 2009. Mobil ini mengedepankan fitur kabin yang spacious. Tak heran, karena mobil ini memang ditujukan sebagai family car.

Ada tiga pilihan tipe desain kabin yang ditawarkan Honda Freed. Ada yang lima penumpang, tujuh, dan delapan penumpang. Walaupun berbeda setting tempat duduk penumpangnya, seluruh tipe mobil tersebut menggunakan mesin berkapasitas 1.5 L dengan teknologi i-VTEC SOHC. Diketahui mesin tersebut sebelumnya telah digunakan untuk Honda City dan juga Honda Jazz.

Kabar menyedihkan kemudian muncul dari Honda Freed sekitar tahun 2017. Honda Indonesia memutuskan untuk tak lagi merakit Freed karena dinilai tidak cukup populer.

Sebagai gantinya, Honda akan lebih fokus pada mobil-mobil incaran lainnya. Sebagai contoh seperti Honda B-RV, H-RV, dan Mobilio.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Honda Freed Bekas di Tahun 2020.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Freed

Berhentinya produksi Honda Freed untuk pasar Indonesia tentu menimbulkan pertanyaan, terutama untuk kamu yang tertarik membelinya. Memangnya, apa ya kelebihan dan kekurangan mobil Honda Freed. Nah, BeliMobilGue.co.id akan mengupas beberapa di antaranya sebagai berikut.

Kelebihan Mobil Honda Freed

1. Cukup Irit, Efisien, dan Ramah Lingkungan

Konsumsi bahan bakar Honda Freed bisa dikatakan cukup irit dibandingkan MPV lainnya. Untuk perjalanan dalam kota, Freed bisa menempuh 12 km per liter. Sementara di luar kota, konsumsinya mencapai 13 km per liter. Lalu jika dipacu konstan pada kecepatan 100 km/jam, konsumsinya bisa menembus angka 17 km per liter.

Tak hanya cukup irit, Honda Freed pun diklaim efisien bahan bakar. Hal ini berkat standar Euro-4 dan fitur ECO yang dimiliki Freed. Berkat hal itu pula, pembakaran bahan bakar Freed jadi sangat optimal. Di sisi lain, emisi yang dihasilkan pun cukup ramah untuk lingkungan.

2. Nyaman Dikendarai

Honda Freed memiliki transmisi otomatis dengan 5 percepatan. Hal ini disebut memberikan kenyaman tersendiri pada pengendara saat melaju di jalanan kota yang padat maupun luar kota.

Gigi D3 yang hadir dalam transmisi Freed bisa mengatur percepatan sesuai dengan kondisi perjalanan. Berbagai kondisi jalan seperti untuk akselerasi cepat maupun untuk engine brake.

Di sisi lain, kenyamanan dalam mengendarai Honda Freed pun didukung berbagai fitur lainnya. Salah satunya ialah suspensi depan dan belakang yang menggunakan McPherson Strut with stabilizer serta H-Shape Torsion Beam.

Setir kemudi Freed pun terasa sangat ringan baik untuk kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi. Hal ini dikarenakan terdapatnya fitur electric power steering. Radius putar yang dihasilkan cukup lebar yaitu, 5,2 meter.

3. Terdapat Fitur Keamanan yang Lengkap

Soal kenyamanan, Honda Freed tak usah diragukan lagi. Ternyata, mobil MPV ini pun punya nilai plus lain yaitu memiliki fitur keamanan yang super lengkap.

Mobil ini dilengkapi dengan sabuk pengaman berteknologi pretensioner dan load limiter. Dengan demikian, tekanan pada bagian dada bisa berkurang dan tidak menyakitkan saat terjadi pengereman mendadak atau tabrakan.

Di sisi lain, Freed pun dilengkapi dengan dual SRS front airbags untuk sopir dan penumpang. Teknologi ini dapat membantu meminimalisir risiko buruk dari kecelakaan.

Sebagai mobil keluarga, Honda Freed pun memberikan jaminan keamanan lebih dengan penggunaan struktur ACETM + G-CON. Struktur ini diklaim dapat meminimalisir kerusakan pada kabin saat terjadi tabrakan.

Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Jazz.

Kekurangan Mobil Honda Freed

1. Area Bagasi Kecil dan Sempit

Umumnya, mobil-mobil MPV menyediakan area bagasi yang lebar dan juga luas. Ini dapat dilakukan karena jok bagian belakang mobil tersebut dapat dilipat.

Hal ini tak ditemukan pada mobil Honda Freed dan dinilai sebagai salah satu kekurangannya. Hanya tersedia sedikit ruangan yang tersisa pada bagian belakang untuk menyimpan barang walaupun kursi sudah dilipat.

2. Fasilitas Hiburan Tak Begitu Lengkap

Buat orang-orang yang banyak menghabiskan waktu secara mobile, fasilitas entertaiment di mobil menjadi salah satu hal yang cukup penting. Sayangnya fasilitas tersebut cukup minim ditemukan pada Honda Freed.

Honda Freed hanya memiliki satu panel entertaiment untuk mendengarkan audio. Sementara itu tidak terdapat fasilitas TV/Video pada panel tersebut.

Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda City.

Semoga penjelasan BeliMobilGue.co.id mengenai kekurangan dan kelebihan mobil Suzuki Ertiga di atas cukup menggambarkan apa yang kamu butuhkan!