Intip Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda HR-V Berikut Ini

Apakah kamu sedang mencari Honda HR-V? Jenis kendaraan yang satu ini memang diminati oleh banyak kalangan Tanah Air. Kendati begitu, ada kelebihan dan kekurangan mobil Honda HR-V yang mesti dipahami satu per satu. Upaya ini juga bisa kamu jadikan ajang seleksi lanjutan.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan mobil Honda HR-V, kamu dapat menjadikannya sebagai riset mendalam sebelum membeli kendaraan. Berapapun perhitungan pengeluaran kelak, usahakan agar kamu selalu menyesuaikan dengan kantung pribadi.

Honda HR-V adalah jenis mobil mini SUV yang telah rilis sejak beberapa tahun silam. Seiring perkembangan zaman, Honda HR-V menempuh berbagai macam peningkatan pada sejumlah aspek seeperti interior, eksterior, ukuran, dan mesin mobil.

Teliti Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda HR-V Sebelum Membeli

Selama ini, HR-V yang memiliki singkatan “Hi-Rider Revolutionary Vehicle” didaulat sebagai salah satu mobil SUV kesukaan masyarakat Indonesia. Tak cuma bodi dan kekuatannya dalam menundukkan berbagai macam medan, kenyamanan juga jadi hal utama bagi HR-V.

Seperti yang kita tahu, mobil Sport Utility Vehicle (SUV) menganut konsep di mana kendaraan roda empat banyak mengimplementasikan wujud off-road. Bagian-bagian tertentu yang dapat dilihat antara lain pada bentuk bodi, ground clearance, hingga penggerak empat roda.

Baca Juga: Ketahui 5 Perbedaan Mobil SUV dan MPV Berikut Ini.

Berdasarkan sejarah, Honda HR-V generasi pertama dipasarkan pada rentang 1999 hingga 2006 di pasar otomotif, Jepang, dan kawasan Asia Pasifik. Perkembangan yang pesat, membuat pihak produsen terus mengembangkan teknologi Honda HR-V dari waktu ke waktu.

Bicara soal kiprah, HR-V di Indonesia muncul sejak ajang Indonesia International Motor Show ke-22, tanggal 18 September 2014. Interior mobil HR-V dirancang begitu tangguh namun tetap bersahabat jika dipakai untuk keluarga. Begitu pula aspek eksteriornya yang tampak kekar.

Kamu bisa memilih Honda HR-V dengan dua opsi mesin, yakni 1,5 dan 1,8 liter. Keduanya memiliki fitur berbeda, sehingga perlu dicocokkan dengan kebutuhan pribadi sebagai berikut:

1. Honda HR-V 1.500 cc

– Tipe: 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW.

– Sistem Suplai Bahan Bakar: PGM-FI.

– Diameter x Langkah: 73,0 x 89,4 mm.

– Isi Silinder: 1497.

– Perbandingan Kompresi: 10,3 : 1.

– Daya Maksimum: 120 PS / 6.600 rpm.

– Momen Puntir Maksimum: 145 Nm / 4.600 rpm.

2. Honda HR-V 1.800 cc

– Tipe: 1.8L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW.

– Sistem Suplai Bahan Bakar: PGM-FI.

– Diameter x Langkah: 81,0 x 87,3 mm.

– Isi Silinder: 1799.

– Perbandingan Kompresi: 9,7 : 1.

– Daya Maksimum: 139 PS / 6.500 rpm.

– Momen Puntir Maksimum: 169 Nm / 4.300 rpm.

Lebih dari sekadar spesifikasi, kamu juga perlu tahu kelebihan dan kekurangan mobil Honda HR-V. Jangan sampai menyesal di akhir, lebih baik ketahui dari awal lewat poin di bawah ini!

Kelebihan Mobil Honda HR-V

1. Mesin Tangguh

Tak perlu diragukan lagi, kelebihan mobil Honda HR-V yang pertama adalah dilengkapi mesin tangguh. Kamu sudah lihat ‘kan, kelengkapan spesifikasi di atas? Tak sedikit pula pengguna mobil yang kagum dengan performa mesin Honda HR-V.

Tipe pertama, Honda HR-V 1.5L, dilengkapi mesin i-VTEC + DBW bertenaga 120 PS dan dengan torsi 145 Nm. Masih kurang? Kamu perlu Honda HR-V 1,8L dengan tenaga 139 PS dan torsi 169 Nm. Keduanya sanggup membawa kamu menuju level tertinggi berkendara!

2. Desain yang Menawan

Mesin tangguh Honda HR-V turut dilengkapi dengan desain yang menawan. Baik interior maupun eksterior, keduanya hadir secara elegan dan berkelas tinggi. Dibanding SUV lain, kelebihan Honda HR-V adalah membawa gaya modern khas kendaraan crossover masa kini.

Pada aspek interior, bodi yang gagah, tangguh, dan dilengkapi lampu LED semakin meyakinkan kamu untuk percaya diri menggunakan mobil pada kondisi seburuk apapun. Terlebih lagi, desain interior dibuat senyaman mungkin agar pengemudi dan penumpang dapat  leluasa bergerak.

3. Fitur Serba Lengkap

Kelebihan mobil Honda HR-V semakin terlihat jelas saat kamu menengok fiturnya. Semua aspek, mulai dari keamanan, keselamatan, hingga hiburan, berhasil dijangkau oleh kendaraan yang satu ini. Kedua jenis mobil berdasarkan mesin berbeda, konon dilengkapi fitur yang sama.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Honda HR-V Bekas di Tahun 2020.

Kekurangan Mobil Honda HR-V

Ada kelebihan, ada pula kekurangan. Beberapa orang memiliki pandangan berbeda terkait hal ini, sehingga masih terus menjadi perdebatan sampai sekarang. Beberapa aspek yang dinilai sebagai kekurangan mobil Honda HR-V, antara lain:

1. Kualitas Material Kurang

Kabar ini datang menerpa beberapa jenis mobil keluaran pabrik Honda, salah satunya HR-V. Beberapa orang menilai bahwa kualitas material pada aspek interior dan eksterior kurang, sehingga menginginkan adanya perbaikan pada generasi mendatang.

Masalah kualitas material ini juga kerap dikaitkan dengan desain yang tak menunjang. Pasalnya buat sejumlah kalangan pecinta mobil, Honda HR-V disebut tak memberikan pengaruh signifikan khususnya pada generasi terakhir.

2. Harga Tergolong Mahal

Lewat performa dan segala fitur yang diberikan, konon Honda HR-V tergolong mahal di kelasnya. All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 misalnya, dibanderol seharga Rp478,5 juta. Beberapa kompetitor pada tingkat yang sama, menaru harga puluhan juta lebih murah.

3. Performa Mesin yang Jomplang

Perbedaan Honda HR-V 1,5L dan 1,8L dinilai jomplang. Keduanya seolah memiliki jarak yang jauh, apalagi ketika saat versi 1,5L disebut kalah ketika disandingkan dengan Chevrolet Trax yang menggunakan mesin berkapasitas sedikit lebih kecil, yakni 1.4L.

Baca Juga: Simak 5 Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom Berikut Ini.

Kelebihan dan kekurangan mobil Honda HR-V di atas dapat menjadi pertimbangan jika kamu hendak meminang mobil ini di showroom terdekat. Selamat mencari! Selebihnya, kamu bisa mengakses BeliMobilGue.co.id untuk memenuhi kebutuhan mobil sehari-hari.