Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Jazz

Honda Jazz bisa dibilang sebagai salah satu primadona mobil di pasar otomotif Indonesia. Kalangan masyaraat begitu menyukai city car yang satu ini karena dilengkapi berbagai macam fitur menarik. Sekarang, saatnya kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil Honda Jazz.

Baik baru maupun bekas, kelebihan dan kekurangan mobil Honda Jazz mesti kamu ketahui sejak dini. Wawasan ini diperlukan agar kamu dapat menyesuaikan kebutuhan berdasarkan fitur, kelengkapan serta hal lain yang dibutuhkan. Jangan sampai menyesal sesudah membeli, ya.

Honda Jazz tersebar di pasar otomotif Eropa, Oceania, Timur Tengah, Afrika, dan beberapa bagian Asia seperti Hong Kong, Makau, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, Singapura, dan India. Versi lainnya, Fit, tersebar di Jepang, Sri Lanka, Cina, Taiwan, dan Amerika.

Menengok Fitur dan Kelengkapan Honda Jazz

Perlu diketahui bahwa Honda Jazz dan Fit adalah kendaraan yang sama. Honda Fit/Jazz memulai debutnya pada Juni 2001 di Jepang dan langsung memenangkan Car of the Year Japan Award. Hal tersebut membuktikan bahwa Honda Jazz mampu mencuri perhatian sejak awal peluncuran.

Kelengkapan Honda Jazz/Fit generasi pertama adalah tangki bahan bakar di bawah kursi depan dan suspensi belakang yang empuk. Hal tersebut memungkinkan kursi belakang terlipat sangat rendah, menciptakan volume kargo yang fleksibel, teratur serta besar di kelasnya.

Baca Juga: Simak Daftar Harga Honda Jazz Terbaru Berikut Ini!

Generasi pertama Honda Jazz tersedia dalam beberapa level trim, antara lain:

–  1,3 L L13A i-DSI Mesin inline-four 2WD (Eropa: 1,4 L).

– 1,3 L L13A i-DSI Mesin inline-empat 4WD (khusus Jepang).

– 1.5 L L15A VTEC Mesin inline-four 2WD.

– 1.5 L L15A VTEC Inline-four 4WD (khusus Jepang).

– 1.2 L L12A Inline-four (Eropa).

– 1.3 L L13A i-DSI Mesin inline-four 2WD (2007 Eropa 1.4 L model. Dibuat di China).

Bicara soal penyebarannya di Indonesia, Honda Jazz pertama kali diimpor dari Jepang pada tahun 2002. Permintaan yang berlebihan menyebabkan Honda Prospect Motor merakit Jazz secara lokal di pabrik Karawang pada tahun 2004. Honda Jazz sukses dengan cepat.

Sebagai mobil terlaris keempat di Indonesia, Jazz mulanya hadir dalam satu trim dengan mesin 1,5 i-DSI yang dipadukan dengan manual 5-speed atau transmisi CVT. Awal tahun 2005, model VTEC ditawarkan dengan rem cakram belakang tambahan, ABS, EBD, serta kantung udara.

Seiring berjalannya waktu, Honda Jazz generasi ketiga diluncurkan pada 26 Juni 2014. Ia tersedia dalam tiga trim: A, S dan RS, dengan transmisi manual atau CVT, dan edisi khusus Black Top Limited Edition yang menyusul pada bulan September 2014.

Beberapa perubahan yang dapat dilihat yakni desain unit kepala audio baru, padding pada airbag penumpang, dan roda didesain ulang. Sementara itu pada tahun 2017, Honda Jazz RS dilengkapi dengan lampu LED terkini serta adanya sejumlah perubahan kosmetik.

Spesifikasi mobil Honda Jazz bisa dilihat secara rinci di bawah ini:

– Tipe: 1.5L SOHC 4 Cylinder dengan 16 Katup iVTEC + DBW.

– Sistem Bahan Bakar: PGM-FI.

– Diameter x Langkah: 73 x 88,4 mm.

– Perbandingan Kompresi: 10,3 : 1.

– Tenaga Maksimum: 120 PS / 6000 rpm.

– Torsi Maksimum: 145 Nm / 4800 rpm.

– Panjang Keseluruhan: 3.965 mm.

– Lebar Keseluruhan: 1.094 mm.

– Tinggi Keseluruhan: 1.524 mm.

– Jarak Poros Roda: 2.530 mm.

– Jarak Pijak Depan: 1.492 mm (Type A & S), 1.478 mm (Type RS).

– Jarak Pijak Belakang: 1.401 mm (Type A & S), 1.466 mm (Type RS).

– Kapasitas Tangki BBM: 40 Liter.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Honda Jazz Bekas di Tahun 2020.

Sekarang kamu sudah tahu ‘kan, spesifikasi lengkap mobil Honda Jazz? Berangkat dari penjelasan di atas, kini saatnya kita mendalami kelebihan dan kekurangan mobil Honda Jazz.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Jazz

Kelebihan Mobil Honda Jazz

Mulai dari kelebihan mobil Honda Jazz dulu, yuk! Begitu melihat kendaraan yang satu ini, kamu pasti akan kagum dengan tampilan eksterior yang sporty dan penuh gaya. Kemasan Honda Jazz sejak awal sampai sekarang sudah mengusung konsep yang elegan dibandingkan city car lainnya.

Fitur keselamatan dan hiburan yang tersedia dalam mobil Honda Jazz, turut menjadi keunggulan serta daya pikat masyarakat Indonesia. Tak heran jika ia laku di pasaran dengan angka penjualan yang fantastis. Mesinnya juga bandel dengan bensin yang irit.

Secara keseluruhan. kelebihan mobil Honda Jazz ini menjadi nilai jual tinggi dan faktor laris manis di pasar otomotif. Electric power steering yang tersedia pun, kian melengkapi fitur.

Kekurangan Mobil Honda Jazz

Ada kekurangan, ada juga kelebihan. Honda Jazz diketahui memiliki ground clearance yang rendah. Hal tersebut dikhawatirkan jika suatu saat kamu melalui jalanan berlubang dan terbentur aspal. Pasti rasanya akan sakit sekali! Honda Jazz tahun 2016 juga masih memiliki AC manual.

Aspek kekurangan lainnya yang sering dilihat pada Honda Jazz adalah tidak memiliki fitur Earthdream. Teknologi tersebut diklaim dapat meningkatkan performa mesin dan efisiensi bahan bakar. Di sisi lain, mobil baru seharusnya sudah memiliki teknologi tersebut.

Baca Juga: 5 Mobil LCGC Terbaik dan Termurah di Indonesia.

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan mobil Honda Jazz. Yuk, pertimbangkan secara mendalam sebelum membeli kendaraan yang satu ini! Simak informasi menarik lainnya dengan mengakses BeliMobilGue.co.id dari sekarang.