Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Kia Picanto

Siapa, sih, yang enggak kenal mobil Kia Picanto? City car besutan produsen mobil Kia ini memang sangat diminati masyarakat. Namun, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil Kia Picanto sebelum kita membelinya.

Berbicara soal Kia Picanto, mobil yang memiliki ciri khas ‘mini’ ini sebenarnya sudah ada sejak 2003 silam. Namun, kepopuleran mobil tersebut membuatnya bertahan hingga sekarang.

Saking tingginya permintaan masyarakat, hal tersebut membuat Kia Picanto bertahan hingga generasi ke-3. Sebuah pencapaian yang cukup ciamik untuk ukuran mobil perkotaan, bukan?

Lantas, bagaimana sih sebenarnya kelebihan dan kekurangan mobil Kia Picanto? Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, ada baiknya jika kamu mengetahui sejarah mobil yang satu ini.

Sejarah Mobil Kia Picanto di Indonesia

Generasi pertama mobil Kia Picanto sukses mencuri hati masyarakat. Tak puas dengan keberhasilannya tersebut, PT KIA Mobil Indonesia lantas mengeluarkan generasi kedua mobil Kia Picanto pada tahun 2011.

Pada generasi keduanya ini, Kia Picanto dibuat dengan tampilan eksterior yang sangat berbeda. Meski masih mempertahankan ukurannya yang kecil, namun desain mobi ini terlihat lebih sporty dan bergaya.

Kemudian, pada tahun 2017 varian terbaru mobil Kia Picanto akhirnya keluar. Sayangnya, generasi ketiga dari Kia Picanto ini adalah perubahan terakhir yang dimiliki oleh mobil tersebut. Sehingga, para pecinta mobil ini harus siap gigit jari jika kedepannya mobil tersebut tak lagi diperbaharui.

Kendati demikian, pembaharuan yang dilakukan pada generasi ketiga mobil Kia Picanto ini terbilang cukup signifikan. Pasalnya, mobil ini sudah dilengkapi dengan mesin bertipe 1.2 L Dual CCVT DOHC, serta dipasarkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual dan automatic.

Selain itu, fitur yang tersemat pada mobil Kia Picanto terbaru juga sangat menarik, di mana mobil tersebut sudah dilengkapi dengan fitur eco-friendly technology. Bagi kamu yang belum tahu, fitur ini membuat konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih irit dan ramah lingkungan.

Melihat sejarah panjang yang dimiliki mobil Kia Picanto, agak disayangkan memang jika mobil ini tak lagi mengeluarkan varian terbarunya. Hal tersebut tak ayal berdampak pada angka penjualannya di tanah air.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Kia Picanto Bekas di Tahun 2020.

Sepanjang tahun 2017, Kia Picanto hanya terjual sebanyak 111 unit saja. Padahal, pada tahun 2012 yang lalu mobil ini berhasil dijual hingga 7.675 unit. Meski begitu, bukan berarti mobil ini tak layak untuk kamu beli sebab spesifikasi dan fitur mobil Kia Picanto terbilang masih sangat mumpuni.

– Mesin:

  • Tipe Mesin: 1,2L Dual CVVT DOHC
  • Isi Mesin: 1.248 cc
  • Daya Maksimum: 87/6.000 rpm
  • Torsi Maksimum: 12,3/4.000 rpm
  • Jenis Bahan Bakar: Bensin
  • Sistem Pemasukan Bahan Bakar: EFI (Electronical Fuel Injection)
  • Streering: Electronic Power Steering with Tilting

– Dimensi:

  • Jarak Terendah: 152 mm
  • Tinggi: 1.490 mm
  • Panjang: 3.595 mm
  • Lebar: 1.595 mm
  • Jarak Poros Roda: 2.385 mm
  • Jarak Pijak Depan: 1.455 mm
  • Jarak Pijak Belakang: 1.465 mm

Baca Juga: Berapa Harga Jual Mobil KIA? Simak Berikut Ini!

Setelah membaca penjabaran di atas, terbukti, kan, jika mobil Kia Picanto masih sangat layak untuk kamu miliki? Namun, sebelum kamu memutuskan untuk membeli mobil tersebut, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan mobil Kia Picanto di bawah ini, yuk!

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Kia Picanto

Sebelumnya kita telah membahas perihal spesifikasi mesin dan dimensi mobil Kia Picanto. Maka dari itu, saat ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan mobil Kia Picanto dari aspek interior dan eksteriornya. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak penjelasannya berikut ini.

Kelebihan Mobil Kia Picanto

Sebagai kendaraan perkotaan, mobil Kia Picanto memiliki tampilan yang cukup bergaya. Hal ini terlihat dari desain eksterior dan interior mobil tersebut yang kompak, namun sangat futuristik. Varian warna  mobil ini juga beragam, mulai dari kuning, merah, biru, silver, hitam, dan sebagainya.

Bagian dalam mobil ini juga cukup indah. Material yang digunakan sebagai bahan pembungkus jok mobil adalah kulit sintetis premium. Selain itu, aksen garis putih yang dibuat sebagai desain jok mobil membuat Kia Picanto semakin sporty dan berkelas.

Fitur keselamatan yang ditawarkan oleh Kia Picanto juga mempuni, misalnya seperti dual air bags, side impact beam, dan sistem pengeraman ABS+EBD yang merupakan sistem pengereman terbaik di kelasnya.

Kekurangan Mobil Kia Picanto

Sayangnya, dibali kelebihan yang dimiliki mobil Kia Picanto mobil tersebut juga menyimpan sejumlah kekurangan, misalnya mobil ini termasuk minim fitur tambahan. Fitur-fitur yang tersemat pada bagian dalam mobil sangat standar.

Bahkan, sebagai mobil city car yang biasanya mengutamakan penampilan, mobil Kia Picanto tidak dilengkapi dengan LCD monitor. Hal tersebut membuat tampilannya kurang atraktif.

Baca Juga: 9 Mobil yang Cocok untuk Pemula yang Baru Bisa Menyetir.

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil Kia Picanto, apakah kamu berminat untuk membelinya? Yuk, kunjungi BeliMobilGue.co.id untuk melihat informasi lebih lanjut!