Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Mitsubishi Pajero Sport

Sebelum memutuskan beli, ada baiknya kamu mengenali kelebihan dan kekurangan mobil Mitsubishi Pajero Sport terlebih dulu. Mari kupas tuntas tipe, fitur, performa, hingga kelengkapan SUV apik ini, yuk!

Di antara berbagai pilih mobil Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia, Mitsubishi Pajero Sport merupakan mobil yang cukup diminati.  Sepak terjangnya di tanah air sendiri sudah dimulai sejak tahun 1996. Hal tersebut merupakan bukti bahwa Pajero Sport tak bisa dianggap remeh.

Baik baru maupun bekas, mobil yang satu ini bisa jadi rekomendasi SUV terbaik buat menerjang segala medan di jalanan Indonesia. Tertarik untuk membeli Pajero Sport? Simak dulu ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan mobil Mitsubishi Pajero Sport berikut ini.

Sepak Terjang Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia

Seiring berjalannya waktu, Mitsubishi Pajero Sport sudah diproduksi sebanyak tiga generasi. Generasi pertama dimulai dari tahun 1996 dan bertahun hingga 2008. Sementara generasi kedua dimulai pada 2008 dan berakhir pada tahun 2015.

Masuk ke generasi ketiga, Mitsubisi mengeluarkan beberapa pilihan tipe Pajero Sport. Ya, segenap pilihan tersebut didasarkan pada fitur tertentu sesuai kebutuhan masing-masing. Berdasarkan sumber resmi, berikut tipe-tipe Pajero Sport yang bisa dibeli:

  • Pajero Sport Exceed (4×2) M/T
  • Pajero Sport Exceed (4×2) A/T
  • Pajero Sport GLX (4×4) M/T
  • Pajero Sport Dakar (4×2) A/T
  • Pajero Sport Dakar Ultimmate (4×2) A/T
  • Pajero Sport Dakar (4×4) A/T
  • Pajero Sport Rockford Fostgate Black Edition

Harga Pajero Sport termurah yaitu mulai dari Rp486,5 juta untuk tipe Sport Exceed (4×2) M/T. Sementara harga termahal yaitu Rp597 juta untuk tipe Pajero Sport Dakar (4×4) A/T.

Khusus Mitsubishi Pajero Sport terbaru, berikut spesifikasi mesin dan dimensi sebagai berikut:

  • Kapasitas Mesin: 2,4L dan 2,5L
  • Tipe Mesin: Diesel 4N15 I4 MIVEC VGT 181 HP Di-D Hi-power & Diesel 4D56 I4; Turbocharger Intercoolere 136 HP Common Rail Di-D
  • Transmisi: 5-speed Manual, 5-speed Otomatis, dan 8-speed Otomatis
  • Dimensi: 4.785 mm (panjang), 1.815 (lebar), 1.800 (tinggi)

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Mitsubishi Pajero Sport Bekas di Tahun 2020.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Mitsubishi Pajero Sport

Layaknya mobil-mobil SUV lainnya, tentu ada hal yang menjadi nilai tambah yang dimiliki oleh Mitsubishi Pajero Sport. Kekurangannya put jangan sampai luput untuk diketahui. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan mobil Mitsubishi Pajero Sport yang perlu diketahui:

Kelebihan Mobil Pajero Sport

1. Harga Bersaing

Di kelas mobil SUV, harga Mitsubishi Pajero Sport cukup bersaing dengan merek lainnya. Contohnya saja bila dibandingkan dengan SUV sporty dari Toyota yaitu, Frotuner.

Harga terendah Pajero Sport berksiar antara Rp480 jutaan. Sementara itu harga Toyota Fortuner terendah terbaru sudah menyentuh angka Rp490 jutaan nyaris Rp500 juta.

2. Kabin Pajero Sport Lega

Dibandingkan kompetitor lainnya, Mitsubishi Pajero Sport terbaru disebut memiliki ruang kabin yang lega. Kelegaan ini terutama begitu terasa pada tempat duduk row kedua.

3. Dilengkapi Rem Parkir Elektrik

Masih dalam kecanggihan fiturnya, Fitur Canggih All New Pajero Sport yang tidak dimiliki oleh New Fortuner yaitu rem tangan elektrik. Adanya fitur tersebut, pengemudi tidak perlu repot menarik tuas rem tangan namun cukup menekan tombol untuk mengaktifkan rem parkir.

4. Memiliki Transmisi 8-Speed Otomatis

Tak seperti mobil lainnya, Mitsubishi Pajero Sport terbaru memiliki transmisi otomatis dengan 8 kecepatan. Padahal, sekelas Toyota Fortuner hanya memiliki transmisi otomatis tertinggi hingga 6 kecepatan. Kehadiran transmisi tersebut membuatnya memiliki ‘nafas’ yang lebih panjang.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil Bekas yang Dijual di Jakarta Utara.

Kekurangan Mobil Pajero Sport

1. Boros Bahan Bakar

Tak bisa dipungkiri bahwa mobil SUV lebih boros bensin dibandingkan tipe city car maupun MPV. Hal ini tentu disebabkan oleh kapasitas mesin yang besar yaitu di sekitar 2.000 cc.

Mitsubishi Pajero Sport pun dinilai sebagai SUV yang cukup embos dalam konsumsi bensinya.  Hal ini sering dijadikan keluhan oleh para pemiliknya di berbagai forum diskusi otomotif online.

2. Shock Breaker Mudah Rusak

Kekurangan Pajero Sport lainnya ialah kondisi shock breaker-nya yang mudah rusak. Bagian shock breaker yang paling rentan tersebut berada pada bagian belakang.

Banyak yang menganjurkan untuk sering mengecek dan memantau oli mobil ini. Bila oli rembes atau lumer, maka ada yang tidak beres dengan bagian shock breaker.

3. Steering Shaft Cepat Aus

Tampaknya kekurangan Mitsubishi Pajero Sport banyak terletak pada bagian bawah mobil. Selain shock breaker, steering shaft atau poros utama setir pun dikatakan cepat aus dan rusak.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Nissan Grand Livina Bekas di Tahun 2020.

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan mobil Mitsubishi Pajero Sport yang harus kamu ketahui dari sekarang. Selebihnya, pelajari informasi lewat internet maupun melihat langsung ke showroom. Simak BeliMobilGue.co.id dan temukan kendaraan idamanmu dari sekarang!