Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Nissan Grand Livina

Sejak awal kemunculannya, Nissan Grand Livina telah mengalami berbagai peningkatan kualitas. Maka itu sebelum membeli, sebaiknya kenali dulu berbagai kelebihan dan kekurangan mobil Nissan Grand Livina.

Telah malang-melintang sekitar satu dekade, Nissan Grand Livina seolah membuktikan dirinya merupakan MPV yang cukup diidolakan masyarakat Indonesia. Desain, fitur, hingga harga menjadi beberapa faktor mengapa mobil ini masih digemari hingga sekarang.

Grand Livina terbaru merupakan generasi ketiga yang ditelurkan Nissan untuk MPV ini. Generasi satu muncul pada 2007 dan bertahan hingga 2013. Lantas, generasi kedua lahir setahun kemudian dan berakhir masa produksinya pada 2018.

Baik generasi lama maupun baru, tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum memutuskan pilihan, pastikan kamu sudah memahami betul elebihan dan kekurangan mobil Nissan Grand Livina. Berikut ulasan lengkapnya.

Spesifikasi Nissan Grand Livina Generasi ke Generasi

Pada awal kemunculannya Nissan menyuguhkan beragam opsi varian Grand Livina. Setidaknya ada delapan varian yang dapat dijadikan pilihan, yaitu:

  • Grand Livina 1.5 SV
  • Grand Livina 1.5 XV
  • Grand Livina 1.8 XV
  • Grand Livina 1.8 Ultimate
  • Grand Livina 1.5 S
  • Grand Livina 1.5 Ultimate
  • Grand Lvina 1.5 Highway
  • Grand Livina 1.8 Highway Star

Pada tahun 2008, varian terbaru Grand Livina yaitu X-Gear dijual lepas di Indonesia. Apa bedanya Grand Livina X-Gear dengan yang biasa?  Hal itu terletak pada bodi dan kit tambahan seperti pada bumper, fender, dan rel atap.

Penambahan di atas membuat X-Gear jauh lebih sporty dan maskulin dari Grand Livina biasa.  Selanjutnya pada tahun 2013, Nissan melahirkan All New Grand Livina yang tak jauh berbeda dari seri sebelumnya.

Kendati begitu, ada beberapa varian yang dihentikan produksinya. Sementara yang berlanjut, diberikan tambahan fitur seperti bumpet tipe HWS Autech, dua airbag, dan rem ASB+EBD+BA.

Sementara untuk generasi ketiga, Nissan memilih untuk menjual empat tipe All New Livina. Tipe tersebut yaitu E, L, VE, dan VL. Seluruh tipe mobil generasi kedua tersebut dilengkapi dengan spesfikasi sebagai berikut:

  • Dimensi: 4.510 mm (panjang), 1.750 mm (lebar), 1.695 mm (tinggi)
  • Mesin: 1.498 cc, 4 Cylinder Inline, 16 Valve, DOHC and Twin VTC (Variable-valve Timing Control)
  • Suspensi: McPherson Strut with Stabilizer (depan), Torsion Beam with Stabilizer (belakang)
  • Rem: Ventilated Disc (depan), Drum (belakang)

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Nissan Grand Livina Bekas di Tahun 2020.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Nissan Grand Livina

Setelah memahami spesifikasi dan berbagai varian, mari kita bahas seputar kelebihan dan kekurangan mobil Nissan Grand Livina. Selengkapnya, baca di bawah ini, yuk!

Kelebihan Mobil Nissan Grand Livina

1. Bahan Bakar Tergolong Irit

Mobil Nissan Grand Livina ditasbihkan sebagai salah satu MPV yang irit konsumsi bahan bakar. Hal ini terbukti pada jumlah konsumsi BBM per liter dari mobil ini, yaitu:

  • 9 hingga 12 kilometer per liter saat berkendara dalam kota.
  • 14 hingga 16 kilometer per liter saat berkendara di luar kota.

Inilah salah satu kelebihan Grand Livina yang banyak disukai seseorang. Sehingga, mobil ini pun cocok untuk dijadikan kendaraan keluarga maupun pribadi.

2. Suspensi Empuk dan Nyaman Dikendarai

Di kelasnya, Nissan Grand Livina bersaing ketat dengan Toyota Avanza serta Daihatsu Xenia. Namun begitu, Livina dianggap sebagai angin segar karena menyuguhkan keunggulan lain dibandingkan kedua kompetitornya.

Salah satu di antaranya ialah stabilitas berkendara berkat kehadiran suspensi yang berkualitas dan empuk. Hal ini memberi kenyamanan optimal bagi pengemudi serta penumpang walau dipacu di jalanan bermedan berat.

3. Perpindahan Gigi yang Lembut

Nissan Grand Livina dilengkapi transmisi manual 6-kecepatan. Hal ini membuat akselerasi mobilnya sangat prima di jalanan, bahkan bisa dipacu dengan agresif. Perpindahan gigi transmisinya pun begitu lembut.

4. Desain Interior Eksklusif Berfitur Modern

Setiap baris jok mobil Nissan Grand Livina dibalut dengan kulit berkualitas. Nyaman dan tentunya material ini membuatnya jadi tahan lama. Di sisi lain, baris satu dan baris dua Grand Livina dilengkapi dengan arm rest. Tentunya ini membuat penumpang menjadi lebih santai saat berada di dalam mobil.

Sementara itu untuk fitur hiburan, mobil ini dilengkapi dengan panel pengatur audio yang modern, Terdapat layar sentuh 6 inch, radio AM/FM, pemutar CD/DVD, USB, hingga iPod/iPhone connectivity.

Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Nissan Livina.

Kekurangan Mobil Nissan Grand Livina

1. Pilihan Bahan Bakar yang Terbatas

Biarpun terbilang irit, namun mobil Grand Livina memiliki pilihan bahan bakar yang terbatas. Nissan sebagai produsen sangat menganjurkan pemilik untuk mengisi bahan bakar Pertamax.

Tak seperti kompetitornya yang masih bisa diisi Premium maupun Pertalite, bukan? Inilah salah satu kekurangan mobil Nissan Grand Livina yang kerap dihindari calon pembeli.

Lantas bagaimana bila pengemudi ngeyel mengisinya dengan bahan bakar yang oktannya lebih rendah? Ternyata, bisa-bisa mobil Livina tersebut mengalami knocking.

2. Memiliki Ground Clearence yang Rendah

Kekurangan lainnya dari mobil ini ialah ground clearence yang rendah yaitu, 175 milimeter. Mobil MPV lainnya rata-rata memiliki ground clearence mencepati 205 milimeter. Semakin rendah ground clearence yang dimiliki, maka potensi mentok atau kandas dengan jalan. Jadi, disarankan untuk tidak membawa penumpang berlebih menggunakan mobil ini.

3. Tak Dilengkapi Double Blower AC

Kehadiran double blower AC pada mobil dengan kabin panjang nampaknya sudah jadi sebuah keharusan. Namun, hal ini tidak bisa ditemui pada model-model Grand Livina lama. Sangat disayangkan karena penumpang baris kedua dan ketiga akan merasa tak nyaman akibat hal ini.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Nissan Livina Bekas di Tahun 2020.

Itulah tadi pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan mobil Nissan Grand Livina. Jangan lupa, akses BeliMobilGue.co.id untuk informasi lebih lanjut!