Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Nissan Livina

Kelebihan dan kekurangan mobil Nissan Livina adalah dua hal yang perlu dipahami sejak awal. Hal ini penting apalagi jika kamu hendak membeli mobil tersebut. Sebagai MPV, Nissan Livina nyatanya digemari kalangan masyarakat Indonesia sejak dahulu sampai sekarang.

Awalnya, Nissan Livina dibuat oleh pabrikan mobil Jepang Nissan. Ia lantas diperkenalkan pada Juli 2006 oleh pembuat mobil dan afiliasi Nissan di China, Dongfeng Nissan Passenger Vehicle Company di Guangzhou International Motor Show dan mulai dijual pada Desember 2006.

Seiring berjalannya waktu, Nissan Livina menempuh dua generasi dengan peningkatan kualitas pada sejumlah aspek. Perubahan-perubahan ini mengharuskan kamu untuk tahu lebih dalam soal kelebihan dan kekurangan mobil Nissan Livina. Yuk, pahami spesifikasi tersebut dari sekarang!

Perkembangan Nissan Livina Seiring Berjalannya Waktu

Nissan Livina menjalani debut pertama di Cina sebelum dirilis di negara lain. Livina generasi pertama dijual di Brasil, Malaysia, Indonesia, Thailand, Afrika Selatan, Cina, dan Taiwan. Penyebaran ini cukup memiliki hasil yang memuaskan di pasar otomotif dunia.

Berbicara soal keberadaannya di Indonesia, Grand Livina diluncurkan pada tanggal 5 April 2007 dan tersedia dalam varian 1,5 SV, 1,5 XV, 1,8 XV, dan 1,8 level trim Ultimate. Lantas 1,5 S, 1,5 Ultimate, serta 1,5 Highway dan 1,8 Highway Star ditambahkan ke dalam lineup.

Memasuki tahun 2008, Livina X-Gear diperkenalkan di Indonesia. Berdasarkan Livina biasa, X-Gear memiliki fender hitam di atas, hiasan di badan samping, bumper kasar yang sporty dan rel atap yang membuatnya tampak seperti crossover.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Nissan Livina Bekas di Tahun 2020.

Pasar Indonesia Livina X-Gear ditenagai oleh mesin 1,5 liter, sedangkan varian Brasil ditenagai oleh mesin 1,6 liter. Di Malaysia, Livina X-Gear diluncurkan pada bulan September 2011 dengan ditenagai oleh mesin HR16DE Nissan.

Livina generasi kedua diluncurkan di Indonesia pada 19 Februari 2019 silam. Ia merupakan varian Xpander yang didesain ulang dan diproduksi oleh pabrik Mitsubishi Motors di Cikarang Tengah, Bekasi, Jawa Barat.

Nissan memutuskan untuk menggunakan nama “Livina” dalam model ini karena penggunaan papan nama yang mapan di Indonesia. Mengingat spesifikasinya didasarkan pada Xpander, Livina terbaru ditawarkan dalam satu varian tubuh saja dan memiliki beberapa proporsi.

Dibandingkan dengan Xpander sendiri, Nissan telah mendesain ulang beberapa panel bodi Livina terbaru seperti grille V-Motion Nissan, lampu depan, bumper depan, fender depan, pintu samping depan, bumper belakang, casing lembaran logam bak belakang dan internal taillamp.

Livina generasi kedua tersedia dalam empat level trim: E, EL, VE, dan VL. Spesifikasi ukuran dan mesin mobil, antara lain:

– Tipe Mesin: 4 cylinder inline, 16 valve, DOHC, dan Twin VTC.

– Isi Silinder: 1499 cc.

– Diameter x Langkah: 78.0 x 78.4 mm.

– Daya Maksimum: 104 PS / 6000 rpm.

– Torsi Maksimum: 141 Nm / 4000 rpm.

– Sistem Bahan Bakar: Electronic Concentrate-engine Control System (ECCS).

– Kapasitas Tangki: 52,4 L.

– Steering: Rack and Pinion with Electronic Power Steering (EPS).

– P x L x T: 4420 x 1690 x 1595 mm.

– Jarak Poros Roda: 2600 mm.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Nissan Grand Livina Bekas di Tahun 2020.

Jangan sampai menyesal di akhir, ya! Pahami spesifikasi yang telah dijabarkan di atas. Setelah itu, mari kita simak kelebihan dan kekurangan mobil Nissan Livina sebagai berikut.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Nissan Livina

Kelebihan Mobil Nissan Livina

Jika dilihat secara detail, Nissan Livina adalah MPV yang merupakan pengembangan dari sedan. Sampai sekarang, ia didapuk sebagai alternatif antara duo Toyota Avanza serta Daihatsu. Berbagai keunggulan menghiasi fitur dalam Livina, mulai dari aspek ekserior hingga interior.

Nissan Livina hadir sebagai MPV berukuran kecil yang unggul di kelasnya. Stabilitas berkendara diusung oleh Nissan untuk memberi kenyamanan optimal bagi pengemudi serta penumpang. Suspensi Livina empuk da berkualitas, sehingga mudah dikendalikan dalam medan-medan berat.

Transmisi manual 6-speed Nissan Livina, sanggup menghadirkan akselerasi yang agresif dan prima. Perpindahan gigi begitu lembut, satu hal yang bikin pengemudi nyaman memacu mobil. Tak ketinggalan, mobil Nissan Livina hemat bensin dengan cakupan 9-12 km per 1 liter!

Kekurangan Mobil Nissan Livina

Meski memiliki suspensi empuk dengan transmisi halus, salah satu kekurangan mobil Nissan Livina yakni ground clearance yang terlalu rendah yakni 175 mm kerap menjadi sorotan. Angka tersebut dinilai terlalu rendah untuk mobil MPV, apalagi kalau membawa banyak penumpang!

Kekurangan lain yang patut kamu ketahui dari mobil Nissan Livina adalah jenis bahan bakar. Faktanya, minimal jenis bensin Livina yakni disarankan Pertamax. Jika diisi oleh bahan bakar dengan kadar oktan di bawah Pertamax, bisa-bisa kamu mengalami knocking saat berkendara!

Baca Juga: Apakah Mobil Nissan X-Trail Boros Bensin? Berikut Ulasannya!

Peredaman kabin hingga bentuknya yang dirasa terlalu sempit, turut menjadi pertimbangan orang saat hendak membeli Nissan Livina. Begitulah kelebihan dan kekurangan mobil Nissan Livina yang harus kamu ketahui dari sekarang. Akses BeliMobilGue.co.id untuk informasi lebih lanjut!