Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Nissan March

Tertarik memiliki Nissan March sebagai kendaraan sehari-hari? Jangan dulu membeli ya sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil Nissan March berikut ini!

Nissan March merupakan salah satu mini hatchback yang cukup diperhitungkan kualitasnya. Buktinya, hampir 10 tahun sudah mobil imut ini eksis di Indonesia.

Empat generasi sudah mobil ini diproduksi di kawasan Asia. Salah satu hal yang membuat masyrakat tertarik dengannya ialah harga yang cukup ramah budget. Harga on the road yang ditawarkan Nissan Indonesia untuk tipe March terbaru sendiri mulai dari Rp185 juta saja.

Tentunya bukan hanya harga murah saja yang patut dipertimbangkan sebelum membelinya. Spesifikasi hingga kelebihan dan kekurangan mobil Nissan March pun perlu dijadikan faktor penentu. Maka itu, simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Perkembangan dan Spesifikasi Mobil Nissan March di Indonesia

Nissan March boleh jadi berusia satu dekade di Indonesia. Faktanya, mobil ini sudah diproduksi sejak tahun 1982 secara global. Perkembangan dari generasi ke generasi pun, punya tren positif.

Pada tahun 2010, barulah Nissan March diperkenalkan untuk pasar Indonesia, tepatnya bulan November. Nissan langsung memperkenalkan produksi dari generasi keempat  pasar Tanah Air.

Nissan menyuguhkan beberapa varian tipe March yang memiliki perbedaan dari sisi kapasitas mesin dan juga transmis. Berikut varian Nissan March yang dapat dijadikan pilihan:

  • Nissan March 1.2 M/T
  • Nissan March 1.2 A/T
  • Nissan March 1.2 XS A/T
  • Nissan March 1.5 M/T
  • Nissan March 1.5 A/T

Adapun seluruh mobil Nissan March memiliki dimensi panjang 3.780 mm, lebar 1.666 mm, dan tinggi 1.514 mm. Tergolong kecil, namun mobil ini dapat menampung hingga lima penumpang dan muat banyak barang!

Sementara itu mesin Nissan March dilengkapi dengan mesin tipe HR12DE berkapasitas silnder 1.198 CC. Mesin ini mampu memproduksi daya maksimum 76 ps/6.000 rpm dan torsi maksimum 10.6 kg-m/4.000 rpm.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Nissan March Bekas di Tahun 2020.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Nissan March

Setelah mengenali spesifikasinya, mari bahas kelebihan dan kekurangan mobil Nissan March yang sering didiskusikan pecinta otomotif. Berikut ulasan lengkapnya.

Kelebihan Mobil Nissan March

1. Suspensi Nissan March Empuk

Biarpun tergolong mobil kecil, namun Nissan March dianggap enak ditunggangi karena punya suspensi empuk. Mobil ini dilengkapi dengan suspensi macpherson strut with coil springs pada bagian depan dan torsion beam pada bagian blakang. Biarpun dikendarai pada jalan bergelombang dan bolong sekalipun, mobil ini tetap terasa nyaman.

2. Kabin dan Bagasi Besar

Untuk sekelas mobil mini hatchaback, Nissan March tergolong memiliki kabin dan bagasi yang lega. Maka itu, biarpun diisi 5 penumpang (2 depan dan 3 belakang), kabin tetap terasa nyaman. Di sisi lain, bagian belakang atau ekor mobil masih tersisi ruang yang juga besar. Barang-barang pun bisa muat banyak di bagasinya.

3. Dilengkapi Tilt Steering

Kelebihan mobil Nissan March selanjutnya ialah kehadiran fitur tilt steering. Berkatnya, pengendara bisa lebih nyaman untuk mengatur tinggi atau rendahnya setir sesuai dengan kebutuhan.

4. Sistem Keamanan Berkendara Berlapis

Kecil-kecil cabe rawit juga nih Nissan March. Selain suspensi, kabin, dan fitur tilt steering, mini hatchback ini juga dilengkapi dengan sistem keamaanan yang sangat mendukung.

Mobil ini sudah dilengkapi dengan Dual SRS AirBag dalam kabin. Sensor parkir 4 titik, sabuk pengaman 3 titik, dan ISOFIX Tetcher pun ada dalamnya.

Sementara itu untuk sistem pengereman, March dipersenjatai dengan fitur Anti Lock Breaking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD). Di sisi lain, terdapat Vehicle Dynamic Control (VDC) bersensor yang memudahkan pengemudi mengendalikan mobil.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Nissan X-Trail Bekas di Tahun 2020.

Kekurangan Mobil Nissan March

Lantas apa kekurangan mobil Nissan March yang cukup disorot para pecinta otomatif? Ini dia beberapa hal yang perlu diketahui dan diwaspadai:

  1. Getaran mesin mobil Nissan March saat dikendarai pada kecepatan tinggi cukup kuat sehingga kerap mengganggu pengendara dan penumpang.
  2. Material interior kabin terkesan murah dan kualitasnya kurang baik.
  3. Bila dikendarai pada jalan menikung mobil terasa limbung. Hal ini disebut merupakan salah satu efek negatif dari suspensi Nissan March yang kelewat empuk.
  4. Tidak ada cup holder pada doortrim.
  5. Kabin bagian belakang dinilai kurang praktis.

Baca Juga: Berapa Harga Jual Mobil Nissan? Simak Berikut Ini!

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan mobil Nissan March tahun 2020. Ingin membandingkan dengan mobil lain juga? Kunjungi BeliMobilGue.co.id dan temukan kendaraan roda empat idamanmu. Prosesnya cepat serta mudah, lho!