Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Suzuki Ertiga

Sebagai salah satu produsen mobil terkenal di Indonesia, Suzuki menyuguhkan berbagai jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tipe LCGC, city car wagon, SUV, hingga MPV.

Berbicara soal mobil multi purpose vehicle alias MPV, Suzuki pun tidak ketinggalan meramaikan. Selain Suzuki APV, produsen mobil asal Jepang tersebut mengandalkan Suzuki Ertiga.

Suzuki Ertiga disebut sebagai angin segar di tengah berbagai desain MPV yang begitu-begitu saja. Memangnya apa saja faktor yang membuat Ertiga cukup diminati? Apa pula kekurangan mobil ini dibandingkan mobil-mobil di kelasnya? Berikut ulasan dari BeliMobilGue.co.id.

Perkembangan Mobil Suzuki Ertiga dari Masa ke Masa

Suzuki Ertiga merupakan dirakit untuk pasar Indonesia pada 2012 silam. Pabrik perakitannya sendiri terletak di Bekasi.

Mobil dengan kabin berisi tiga baris kursi ini mampu menampung tujuh penumpang termasuk sopir. Hingga kini, Suzuki Ertiga di Indonesia sudah hadir dalam dua generasi.

Generasi pertama Suzuki Ertiga tersedia dalam dua pilihan yaitu mesin berbahan bakar bensin dan diesel. Masing-masing mobil tersebut terdiri dari pilihan transmisi manual maupun otomatis.

Suzuki Ertiga generasi pertama berbahan bakar bensin menggunakan mesin berkapasitas 1.373 cc dengan tipe DOHC-VVT 4 silinder. Sementara itu pilihan dieselnya menggunakan mesin berkapasitas 1.248 cc Turbo SHVS 4 silinder.

Suzuki kemudian meluncurkan versi upgrade Suzuki Ertiga ke generasi kedua pada November 2018. Masih sama seperti generasi pertama, tipe mobil Suzuki Ertiga terbaru pun menyediakan pilihan mesin berbahan bakar bensin dan diesel. Bedanya, kali ini Suzuki menambahkan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Beberapa bulan setelahnya, tepatnya 15 Februari 2019, Ertiga kembali muncul dengan sejumlah penambahan. Mobil Ertiga Improvement bertipe GL & GX ini dilengkapi dengan beberapa fitur seperti velg alloy two-tone black polisheddefogger depan, wiring harness untuk kamera mundur, touchscreen head unit merek JVC, dan fog lamp.

Lepas sebulan dari kehadiran seri Improvement, Suzuki merilis Ertiga Sport pada 22 Maret 2019. Mobil terbaru ini dilengkapi fitur-fitur baru di antaranya kamera mundur, ESP, hingga sport body kit. 

Baca Juga: Honda Mobilio vs Mitsubishi Xpander, Mana yang Lebih Baik dan Irit?

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Suzuki Ertiga

Sebelum memilih kendaraan pribadi, tentu kamu ingin mengetahui bibit, bebet, bobot, dari calon mobil yang akan dibeli ‘kan? Maka itu, pelajari yuk kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki Ertiga berikut ini.

Kelebihan Mobil Suzuki Ertiga

1. Memiliki Tarikan Mesin yang Bertenaga

Suzuki Ertiga dipersenjatai dengan mesin berkapasitas di bawah 2.000 cc. Namun demikian tarikan yang dihasilkan tidak bisa dianggap sepele.

Ertiga terbaru menggunakan mesin K14B DOHC-VVT berkatup 16 dan silinder 4 in-line. Dengan demikian mobil ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 95 PS pada putaran 6000 rpm. Torsi maksimal yang dihasilkan ialah 130 Nm pada putaran 4000 rpm.

Sementara itu, untuk Ertiga yang menggunakan teknologi mesin VVT juga irit bahan bakar. Hal ini karena terdapat fitur metal timing chain, MPI, dan Drive Wire Technology yang membuat mesin bekerja maksimal dengan konsumsi bahar efisien.

2. Hemat Konsumsi BBM

Enaknya punya Suzuki Ertiga ialah tarikan kencang namun konsumsi bahan bakarnya irit. Dibandingkan dengan MPV sekelas, Suzuki Ertiga mampu melaju sejauh 12-18 kilometer per liter BBM.

Sementara itu, Suzuki Ertiga mampu berkendara sejauh 27,8 km per liternya. Hal ini mungkin dilakukan apabila kamu mampu menjaga putaran mesin di bawah 2.000 rpm.

3. Fitur Keamanan dan Kenyamanan yang Lengkap

Bila dikomparasi dengan MPV sejenis, Suzuki Ertiga ternyata dibekali dengan berbagai fitur keamanan. Lengkap dan dijamin juga bisa menjaga mobil kesayangan dari pencurian yang tak diinginkan.

Beberapa fitur keamanan yang juga memberikan keamanan dari mobil Suzuki Ertiga antara lain terdapat armrest pada bangku belakang, dilengkapi dengan airbag tipe tertinggi, serta terdapat pula audio dan immobilizer yang baik dari mobil ini.

4. Ruang Kabin yang Senyap

Mobil-mobil MPV banyak yang didesain cukup ceper sehingga hampir menyerupai sedan. Akibatnya kabin mobil pun jadi berisik dan tak nyaman.

Berbeda dengan MPV lainnya, Suzuki Ertiga sangat nyaman dan menyenangkan untuk dikendarai. Hal ini diakibatkan oleh kabin interior yang berkondisi senyap. Suspensi yang dimiliki pun stabil dan empuk ketika diajak bermanuver di jalan meliuk.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Suzuki Ertiga Bekas di Tahun 2020.

Kekurangan Mobil Suzuki Ertiga

1. Jok Baris Kedua Tak Bisa Dilipat

Mobil-mobil MPV identik dengan ruangan baris ketiga yang mana joknya dapat dilipat. Umumnya, jok pada baris kedua pun dapat dilipat ke depan sehingga dapat menimbulkan hambatan.

Di sisi lain, jok pada baris ketiga tidak mengarah ke depan, melainkan ke belakang. Hal ini bisa menyebabkan jok tersebut jadi mudah kotor akibat barang yang dibawa dan ditempatkan pada area belakang.

2. Tak Terdapat Headrest pada Jok Baris Dua

Kekurangan mobil Suzuki Ertiga lainnya ialah tak adanya sandaran kepala atau headrest pada kursi penumpang baris kedua. Hal ini tentu akan melelahkan bagi penumpang, terlebih mereka yang duduk pada bagian tengah.

Padahal, fitur demikian cukup lazim hadir pada mobil-mobil MPV lainnya. Tak sedikit dari mobil tersebut yang melengkapi headrest-nya dengan fitur adjustable sehingga dapat diatur sesuai kenyamanan.

3. Kualitas Ban Tak Premium

Ban yang melengkapi mobil Suzuki Ertiga disebut-sebut memiliki grade ekonomi. Hal ini pun berdampak pada kenyamanan saat berkendara.

Di sisi lain, hal ini membuat banyak pemilik Ertiga harus mengganti ban ketika sudah menempuh jarak 40 ribu kilometer. Ada pula beberapa pemilik yang memilih ban berisikan nitrogen agar bisa lebih nyaman.

4. Tak Dilengkapi Indikator ECO

Rasanya kurang pas bila sebuah mobil irit tak memiliki indikator ECO. Hal inilah yang terjadi pada mobil Suzuki Ertiga.

Biarpun dianggap minor, namun fitur ini bisa membuat pengemudi jadi lebih sadar dengan cara mengemudi mereka terhadap lingkungan. Pengemudi pun tidak dapat mengetahui apakah cara berkendara mereka sudah efisien menghemat bahan bakar atau tidak.

Baca Juga: 8 Mobil Keluarga Terbaik di Indonesia.

Semoga penjelasan BeliMobilGue.co.id mengenai kekurangan dan kelebihan mobil Suzuki Ertiga di atas cukup menggambarkan apa yang kamu butuhkan!