Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Toyota Agya

Sejak pertama kali diluncurkan beberapa tahun yang lalu, mobil andalan Toyota di segmen LCGC, Agya, jadi mobil yang memiliki cukup banyak peminat. Buktinya, model ini kerap mendapatkan beragam penyegaran di beberapa segmen untuk terus bisa memikat hati pecinta otomotif di Tanah Air, seperti eksterior, interior, hingga fitur-fitur yang disematkannya. 

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Toyota Agya

Pertanyaannya, apakah kamu jadi salah satu orang yang kepincut dengan tampilan menawan Toyota Agya dan tidak sabar ingin segera meminangnya dan memajangnya di garasi rumah? Sebelum membeli, pastikan dulu kamu sudah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Agya yang sudah dirangkum oleh tim BeliMobilGue.co.id berikut ini. Yuk, disimak! 

Kelebihan Mobil Toyota Agya

1. Desain Elegan

Meski masuk sebagai mobil LCGC, nyatanya Toyota Agya dibekali dengan tampilan yang elegan dan fresh, terlebih lagi Toyota Agya generasi terbarunya. Hal tersebut bisa dilihat dari penggunaan Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide dengan desain modern di bagian depan yang membuatnya tampak stylish dan elegan.

Lebih lanjut, mobil ini juga sudah menggunakan fog lamp dengan desain baru yang semakin mempercantik tampilannya. Hasilnya, Toyota Agya tidak tampil stylish, tapi juga mampu memberikan visibilitas maksimal pada pengemudi saat berkendara di malam hari atau jalan berkabut. 

Sementara di bagian buritannya, Toyota Agya dibekali dengan lampu belakang berdesain simple lengkap dengan spoiler kecil yang sudah mengusung High Mount Stop Lamp. Nah, dengan penggunaan komponen ini, Toyota Agya sukses mendeklarasikan dirinya sebagai sebuah city car modern dengan desain menarik yang cocok buat anak muda.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Toyota Agya Bekas di Tahun 2020.

2. Fitur Keamanan dan Keselamatan Cukup Lengkap di Kelasnya

Selain tampilan, fitur yang disematkan juga jadi salah satu pertimbangan orang-orang sebelum membeli sebuah kendaraan. Nah, hal itulah yang dilakukan Toyota untuk LCGC andalannya.

Mobil ini sudah dibekali dengan Dual SRS Airbags untuk mengurangi dampak benturan pada penumpang dan pengemudinya saat terjadi kecelakaan di jalan. Lebih lanjut, Toyota Agya Facelift juga sudah dilengkapi dengan Side Impact Beam yang mengurangi risiko benturan dari sisi samping. Menariknya lagi, untuk Toyota Agya tipe 1.2 TRD sudah menggunakan fitur pengereman ABS untuk memberikan kualitas pengereman yang lebih baik.

Lalu, bagaimana dengan fitur hiburannya? Tidak ada yang special dari mobil ini, yakni system audio yang bisa digunakan untuk memutar music dari berbagai format favorit, yakni MP4, MP3 dengan bantuan koneksi Bluetooth, USB port, hingga AUX.

3. Mesin Bandel

Toyota Agya dibekali dengan dua pilihan mesin, yakni kapasitas 1.0 liter dan 1.2 liter. Untuk varian 1.0 liter dibekali dengan mesin DOHC 3 silinder 12 katup yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 67 Ps per 6.000 rpm dan torsi 9.1 Kg.m per 4.400 rpm. 

Sedangkan untuk tipe 1.2 dilengkapi dengan mesin DOHC Dual VVT-I 16 katup yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 88 Ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimum hingga 11.0 Kg.m pada 4.200 rpm. Menariknya lagi, mesin yang digunakan oleh Toyota Agya sudah menggunakan teknologi fuel system EFI yang mampu menekan konsumsi bahan bakar sehingga jadi lebih irit, tapi tetap bandel.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil Bekas di Bawah Rp50 Juta di Bekasi.

Kekurangan Mobil Toyota Agya

1. Dimensi Ringkas

Mobil ini memiliki dimensi 3.660 x 1.600 x 1.520 mm, baik itu untuk versi 1.0 liter atau 1.2 liter. Itu artinya, dengan dimensi tersebut tentunya berimbas pada ruang kabin yang tidak terlalu luas. Pun dengan ruang bagasi dengan volume yang biasa-biasa saja. Jadi, kalau mobil ini diisi oleh lima orang, penumpang belakang duduk agak mepet. Itu artinya, mobil ini tidak terlalu cocok buat kamu yang memiliki anggota keluarga banyak.

2. Harga Mahal di Kelasnya

Dibandingkan dengan kompetitornya, Toyota Agya jadi mobil dengan banderol harga paling tinggi di kelas LCGC. Tipe termurah mobil ini dijual Rp132 juta, sedangkan tipe termahalnya Rp152,4 juta.

Sebagai pembanding, Honda Brio Satya termurah dijual Rp131,5 juta, sedangkan tipe termahalnya dilego sekitar Rp151,5 juta. Memang, perbandingan harga tersebut tidak terlalu besar. Tapi tetap saja selisih harga tersebut bisa saja membuat konsumen berpikir beberapa kali sebelum membelinya.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil Bekas yang Dijual di Tangerang Selatan.

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Agya yang perlu kamu tahu. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Agya, apakah kamu jadi untuk meminangnya? Jangan lupa kunungi BeliMobilGue.co.id untuk dapat informasi lebih lanjut soal jual-beli mobil, ya.