Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Toyota Avanza

Wah, siapa ya yang tak kenal dengan Toyota Avanza. Si mobil favorit sejuta umat di Indonesia ini semakin oke saja. Jadi penasaran, apa saja ya kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Avanza? Yuk, simak ulasannya!

Sejak awal kemunculannya, Toyota Avanza cukup menyita perhatian. Tak hanya karena harganya yang cukup ekonomis, namun mobil MPV ini pun irit dan tersedia dalam banyak varian. Tak terasa, sudah 16 tahun Avanza hadir di Indonesia. Avanza sendiri pertama kali hadir di Indonesia pada 11 Desember 2013 lalu.

Melansir Mediaindonesia.com pada ulang tahunnya yang ke-16, Avanza mencetak penjualan sebanyak 1,8 juta unit di Indonesia. Pada awal tahun penjualan saja Avanza terbilang cukup terjual yaitu, 43 ribu unit.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Toyota Avanza Bekas di Tahun 2020.

Spesifikasi dan Perkembangan Mobil Toyota Avanza di Indonesia

Astra Indonesia selaku pemegang merek Toyota dan Daihatsu sering mengeluarkan dua tipe kendaraan yang sama untuk kedua mobil tersebut. Termasuk pula untuk Avanza.

Daihatsu pun punya saudara kembar beda spesifikasi dari Daihatsu yaitu, Xenia. Jangan heran, ternyata Avanza diproduksi di pabrikan Daihatsu, lho!

Seperti yang sudah disebut di atas, Toyota Avanza pertama kali meluncur pada tahun 2003 silam. Kala itu Avanza hadir dalam dua pilihan model yaitu, Avanza 1.3 E dan Avanza 1.3 E bertransmisi manual.

Populer dalam waktu yang sangat singkat, Avanza pun mengalami upgrade. Tahun 2004 Toyota Astra meluncurkan Avanza 1.3 S VVT-I dengan transmisi otomatis.

Melansir Wikipedia Indonesia, pada tahun 2006 Avanza menjelma menjadi New Avanza. Mobil anyar versi upgrade itu dipersenjatai dengan mesin 1.500 cc berteknologi VVT-i.

Toyota mengeluarkan All New Avanza pada November 2011. Toyota melakukan full model change, baik interior maupun eksterior. Hadir pula Toyota Veloz sebagai pilihan kasta teratas dari tipe Avanza terbaru ini.

Selanjutnya pada tahun 2014, Toyota menambah opsi varian Avanza Luxury yang tampil sangat mewah. Kemudian pada Agustus 2015, hadir pula Grand New Avanza dan Grand New Veloz hasil facelift dari seri sebelumnya. Teranyar, Toyota merilis versi facelift dari Avanza Generasi kedua pada Januari 2019.

Kebanyakan mobil Avanza dirancang dengan kapasitas mesin 1.300 cc. Namun, Toyota pun memberikan pilihan mesin kapasitas 1.500 cc untuk yang lebih mengutamakan kekuatan.

Baca Juga: 4 Cara Merawat Mobil Avanza Supaya Kuat dan Tahan Lama.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Toyota Avanza

Banyak juga ya ternyata variasi mobil Toyota Avanza yang bisa dijadikan pilihan. Sekarang mari bahas lebih jauh kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Avanza berikut ini.

Kelebihan Mobil Toyota Avanza

1. Kabin dan Bagasi yang Luas

Toyota Avanza memiliki penampakan yang ramping. Oleh karenanya, Toyota Avanza bisa dengan luwes masuk ke jalan-jalan area perumahan yang sempit.

Walaupun demikian, bagian kabinnya terasa cukup lega dan lapang. Begitu pula bagian bagasinya. Bila kursi bagian belakang dilipat ke depan, maka area bagasi menjadi sangat serta muat banyak.

2. Tombol Pengaturan AC dan Starter Sudah Modern

Untuk beberapa tipe Toyota Avanza, sudah memiliki tombol pengaturan AC yang berbentuk digital. Tidak usah diputar-putar lagi seperti kenop pintu atau kompor. Cukup klik saja!

Sementara itu, untuk Avanza produksi tahun 2019, tidak lagi menggunakan kunci kontak untuk starter. Sudah ada tombol start engine yang semakin memudahkan dalam menyalakan kendaraan.

3. AC pada Row Belakang dan Dilengkapi dengan Fitur RSE

Masalah pada mobil-mobil MPV berukuran panjang jaman dulu ialah ketiadaan blower AC pada row belakang. Nah, Toyota Avanza sudah punya fitur ini.

Di sisi lain, untuk Veloz terbaru, sudah memiliki fitur RSE alias rear seats entertainment berupa TV kabin. Letaknya sendiri ada di bawah blower AC row belakang.

4. Harga Jual Toyota Avanza Cukup Stabil

Enaknya punya Toyota Avanza juga bisa kamu rasakan ketika ingin menjualnya kembali. Disebutkan bahwa mobil ini punya harga purna jual yang cukup baik dan stabil.

Tidak hanya itu, jasa servis dan juga spare part pun mudah dan murah. Ini dikarenakan bengkel resmi Toyota sudah tersebar di penjuru Indonesia.

Kekurangan Mobil Toyota Avanza

1. Fitur Keamanan Kurang Baik

Bila mobil-mobil lain begitu fokus dengan fitur keamanannya, ternyata Avanza tidak begitu! Fitur keamanan dari mobil ini sangat minim. Untuk beberapa tipe yang lampau, mobilnya tidak dilengkapi dengan airbag. Sementara itu, Avanza pun tidak memiliki rem ABS yang sangat krusial pada keadaan mobil berbenturan.

2. Speedometer Tampak Gelap

Tampilan speedometer Toyota Avanza umumnya memiliki warna yang gelap. Hal ini tentu menyulitkan pengendara untuk lebih awas terhadap kecepatan dan indikator lainnya terutama di malam hari.

3. Kabin Kurang Senyap

Sering mendengar dengungan atau suara-suara bising saat mengendarai Toyota Avanza? Jangan heran, sebab salah satu yang jadi kekurangan mobil ini ialah kabinnya yang tak mampu meredam bising.

Hal ini ternyata berkorelasi dengan material-material pelapis interior Avanza yang dinilai murahan. Selain suara bising mobil, suara-suara dari luar seperti klakson pun tak dihindari.

Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Daihatsu Xenia.

Kurang lebih seperti itulah kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Avanza. Kenali lebih jauh dengan mengakses BeliMobilGue.co.id dari sekarang!