Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Toyota Fortuner

Selain MPV, sektor SUV jadi salah satu segmen mobil di Indonesia dengan persaingan yang cukup sengit. Buktinya, produsen mobil cukup rajin meluncurkan varian mobilnya. Nah, salah satu yang tidak ketinggalan di segmen ini adalah Toyota lewat Fortunernya.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 silam, Toyota Fortuner sudah mengalami beberapa perubahan, baik itu eksterior, interior, hingga fitur-fitur yang disematkan. Nah, hal tersebut tentu dilakukan untuk menjadikan mobil ini sebagai top of mind masyarakat Indonesia di segmen SUV.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Toyota Fortuner

Toyota Fortuner jadi salah satu SUV yang paling diminati sekaligus menjadi salah satu tulang punggung Toyota. Meski begitu, bukan berarti mobil ini tampil manis tanpa cela. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner yang perlu kamu ketahui. 

Kelebihan Mobil Toyota Fortuner

Eksterior Gagah

Kelebihan mobil Toyota Fortuner yang pertama adalah tampilannya yang gagah dan sangar. Hal tersebut bisa dilihat dari hadirnya TRD Sportivo Grille, New TRD Sportivo Front Underguard, dan Rear Roof Spoiler yang membuat tampilan depan mobil ini semakin lebih gagah dan sporty.

Tidak berhenti sampai di situ. Mobil Toyota Fortuner juga sudah dibekali dengan New LED Daytime Running Light (DRL) dan foglamp yang dilapisi dengan aksen krom. Hasilnya, tak hanya membuat mobil tampil stylish, pemasangan komponen tersebut juga akan memaksimalkan pandangan pengemudi saat mengemudi di kondisi jalan yang gelap atau berkabut. 

Mesin Responsif

Mesin responsif jadi kelebihan mobil Toyota Fortuner yang kedua. Yap, dengan badan bongsornya, rasanya kurang jika Toyota tidak menyematkan jantung mekanis yang tak kalah gahar.

Toyota Fortuner dibekali dengan mesin 2KD-FTV VB Turbo Intercooler yang memiliki kapasitas mesin 2.494 cc. dengan mesin tersebut, mobil Toyota Fortuner mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 144 PS dengan putaran mesin 3.400 rpm dan torsi maksimal mencapai 35 kgm pada putaran mesin 2.899 rpm.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Toyota Fortuner Bekas di Tahun 2020.

Fitur Keselamatan dan Keamanan yang Lengkap

Sebagai sebuah SUV keluarga, sudah sepantasnya Toyota menyematkan banyak fitur keselamatan dan keamanan pada Fortuner. Sebagai contoh, mobil Toyota Fortuner sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbag yang berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan saat sedang terjadi kecelakaan fatal.

Lebih lanjut, untuk menjaga keamanan dan keselamatan penumpang dan pengemudinya, Toyota Fortuner juga sudah dibekali dengan fitur ABS + EBD yang berfungsi untuk menstabilkan pengereman meski mobil ini melakukan pengereman secara mendadak pada kecepatan tinggi. 

Suspensi Mampu Meredam Getaran dengan Baik

Lebih lanjut, di bagian suspensinya, Toyota Fortuner sudah dilengkapi dengan kualitas suspense yang sangat baik. Di bagian depannya, mobil ini menggunakan suspensi jenis double wishbone with coil spring & stabilizer. Sementara untuk bagian belakangnya, mobil ini sudah menggunakan suspensi 4 link with lateral rod & coil spring.

Hasilnya, kombinasi kedua jenis suspense tersebut membuat Toyota Fortuner mampu meredam getaran dengan sangat baik saat melewati jalan berlubang sehingga kamu bakal merasa nyaman saat di dalam mobil ini. Lebih lanjut, suspensi tersebut juga membuat mobil ini punya handling yang cukup baik.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil Pick Up Bekas di Jakarta Selatan. 

Kekurangan Mobil Toyota Fortuner

Konsumsi Bahan Bakar Boros

Ya, kamu tidak perlu heran dengan poin yang satu ini. Pasalnya, sudah bukan rahasia lagi jika sebuah kendaraan menggunakan mesin berkapasitas besar, maka sudah pasti mobil tersebut boros bahan bakar. Nah, hal inilah yang terjadi pada Toyota Fortuner. Kamu harus rela untuk merogoh kocek sedikit lebih dalam soal urusan bahan bakar.

Interior Kurang Variatif

Selain konsumsi bahan bakar yang boros, kekurangan Toyota Fortuner yang berikutnya adalah interior yang kurang variatif. Bahkan, interior Toyota Fortuner lebih terkesan monoton dan tidak terlalu mendapat banyak ubahan dari seri-seri sebelumnya.

Kursi Baris Tiga Sempit

Sebagai mobil yang memiliki dimensi besar dan bongsor, Toyota Fortuner ternyata punya kursi baris tiga yang terbilang sempit. Buat orang dewasa, hal ini akan sedikit mengganggu karena kamu tidak punya cukup ruang untuk kaki bergerak bebas.

Nah, hal ini tentu akan berimbas pada kenyamanan yang dirasakan oleh pengemudi khususnya saat melakoni perjalanan jarak jauh. Kursi baris ketiga ini lebih cocok digunakan oleh anak-anak saja.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil Bekas di Bawah Rp50 Juta di Bekasi.

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Fortuner yang perlu kamu ketahui. Dilihat dari beberapa hal tersebut, bisa dipastikan bahwa mobil ini punya banyak kelebihan daripada kekurangan sehingga bisa jadi pilihan buat kamu yang sedang mencari mobil SUV. Jangan lupa kunjungi BeliMobilGue.co.id untuk dapat informasi seputar jual-beli mobil lainnya.