Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Toyota Kijang Kapsul

Jika berbicara soal mobil MPV terfavorit, jangan lupakan kiprah Toyota Kijang kapsul. Sebab, meski sudah berumur sekitar 20 tahun, mobil legendaris ini masih punya pamor yang tidak kalah dengan mobil MPV kekinian.

Buktinya, mobil ini masih cukup laku di pasar mobil bekas dan tidak sedikit penjual yang melelangnya dengan harga yang cukup tinggi untuk sebuah mobil lawas. Lantas, apa saja hal yang membuat mobil ini begitu banyak peminat meski umurnya sudah tidak lagi muda?

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Toyota Kijang Kapsul

Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Kijang Kapsul? Cari tahu selengkapnya di sini.

Kelebihan Mobil Toyota Kijang Kapsul

Memiliki 2 Pilihan Mesin

Mobil Toyota Kijang kapsul yang beredar di Indonesia hadir dalam dua pilihan mesin utama untuk konsumennya, yakni mesin bensin berkapasitas 1.800 cc dan mesin diesel dengan kubikasi 2.400 cc.

Ada yang menarik dalam penggunaan mesin diesel dengan kode 2L ini. Sebab, pada saat itu, Isuzu Panther jadi mobil MPV bermesin diesel yang tidak terkalahkan. Nah, untuk melawan kedigdayaan Isuzu Panther di segmen MPV bermesin diesel, mau tidak mau Toyota Kijang kapsul lantas merilis kendaraan dengan mesin diesel 2.400 cc tersebut. 

Di atas kertas, jantung mekanis yang digunakan mampu menghasilkan tenaga sebesar 86 Hp pada 4.200 rpm dan torsi sebesar 165 Nm pada putaran mesin 2.500 rpm. Meski tergolong bertenaga, nyatanya penjualan mobil Toyota Kijang kapsul bermesin diesel tidak sebagus mesin bensin 1.800 cc miliknya.

Suspensi Nyaman

Kelebihan mobil Toyota Kijang kapsul yang berikutnya adalah memiliki suspensi yang nyaman. Yap, sebagai sebuah mobil keluarga legendaris, Toyota Kijang kapsul menawarkan kenyamanan yang baik untuk pengemudi dan penumpangnya.

Mobil ini memiliki bantingan suspensi yang nyaman meski shockbreaker bagian belakang masih menggunakan model daun. Itu sebabnya, di pasar mobil bekas, Toyota Kijang kapsul masih memiliki harga yang tinggi dan banyak orang yang mencari mobil ini karena faktor kenyamanannya.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Toyota Kijang Bekas di Tahun 2020.

Kabin Luas

Selain desainnya yang tak ketinggalan zaman, mobil legendaris ini juga terkenal dengan kabin yang luas. Bahkan, Toyota Kijang kapsul punya kabin luas hingga kursi baris ketiga. Tak hanya menyediakan ruang kaki yang luas, nyatanya kamu juga bisa duduk dengan nyaman berkat pemilihan material kursi dan pelapisnya yang berkualitas.

Karena hadir dengan kabin yang luas dan leg untuk membuat penumpang nyaman, mobil ini jadi harus mengorbankan kapasitas bagasinya yang tidak terlalu lapang. Meski begitu, hal tersebut bisa diatasi dengan melipat kursi baris ketiga jika kamu tidak membawa banyak orang.

Material Body dan Chassis Tebal

Kelebihan mobil Toyota Kijang kapsul adalah body yang kuat dan tebal. Terlebih lagi mobil ini masih menggunakan struktur leader frame atau rangka tangga sehingga konstruksi rangka mobil lebih rigid sehingga tetap nyaman saat membawa delapan orang penumpang di kabin.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil Bekas yang Dijual di Medan.

Kekurangan Mobil Toyota Kijang Kapsul

Tarikan Lambat

Meski dibekali dengan mesin yang bertenaga, namun mobil Toyota Kijang Kapsul punya tarikan awal yang berat saat berakselerasi, tapi tenaganya sudah terasa saat putaran mesin bawah sehingga kamu tidak perlu khawatir membawa mobil ini ke daerah perbukitan atau daerah yang banyak jalan menanjak.

Boros Bensin

Jika kamu memiliki mobil dengan kapasitas mesin yang besar, sudah pasti mobil tersebut boros bahan bakar. Nah, hal ini jugalah yang akan kamu temui pada mobil Toyota Kijang kapsul. Bahkan, mobil ini punya konsumsi bahan bakar sekitar 7-8 kilometer untuk 1 liter bensin. Lumayan menguras kantong, bukan? 

Desain Dashboard Kuno

Sebenarnya hal ini merupakan sebuah konsekuensi jika kamu memilih mobil keluaran tahun lawas. Ya, selain desainnya yang tidak sekeren mobil-mobil zaman sekarang, biasanya mobil lawas juga punya interior yang kurang begitu menarik.

Nah, hal itulah yang juga akan kamu temukan pada mobil Toyota Kijang kapsul, khususnya bagian dashboard. Mobil ini punya desain dashboard yang monoton dan ketinggalan zaman. Namun, pada generasi facelift yang terakhir untuk tipe LGX atau Krista, warna dashboardnya sudah mengusung dual tone sehingga membuatnya terlihat lebih menarik.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Toyota Camry Bekas di Tahun 2020.

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Kijang kapsul yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa kunjungi BeliMobilGue.co.id untuk tahu informasi lebih lanjut seputar jual-beli mobil, ya.