Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Toyota Vios

Beberapa waktu belakangan ini, sedan jadi segmen yang cukup sepi peminat. Alasannya, selain kapasitas penumpang yang lebih sedikit dibandingkan dengan MPV (Multi Purpose Vehicle), sedan juga dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. 

Meski begitu, bukan berarti pasar mobil ini tidak ada peminatnya sama sekali. Orang-orang yang menginginkan mobil dengan mesin yang responsif dan tampilan yang gaya cenderung memilih mobil sedan. Nah, salah satu model yang cukup banyak peminatnya adalah mobil Toyota Vios.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Toyota Vios

Buat kamu yang menginginkan sebuah mobil sedan dengan tampilan yang menawan, Toyota Vios tentu bisa jadi pilihan. Namun, sudahkah kamu tahu tentang kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Vios? Jika belum, berikut ulasannya.

Kelebihan Mobil Toyota Vios

Eksterior Terlihat Sporty

Kelebihan mobil Toyota Vios yang pertama adalah mobil sedan andalan Toyota ini punya wajah yang sporty. Hal itu bisa dilihat dari penggunaan lampu utama dengan model LED dengan proyektor yang membuat sinarnya lebih terarah. Selain itu,mobil dengan dimensi 4425x1730x1500 mm ini juga sudah dibekali dengan Daytime Running Light (DRL) yang membuatnya makin tampil gaya. 

Lebih lanjut, agar tampilannya makin sporty, Toyota Vios menggunakan pelek dengan model two tone allow berukuran 16 inci. Sementara itu, di bagian buritannya, Toyota Vios menggunakan lampu belakang dengan ornamen modern, lengkap dengan LED light guide yang membuatnya terlihat sangat berkarakter di malam hari.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Toyota Vios Bekas di Tahun 2020.

Fitur Keselamatan Lengkap

Selain eksteriornya yang terlihat sporty, mobil Toyota Vios juga dibekali dengan beberapa fitur standar mobil kekinian, yakni dual SRS airbag, rem ABS+EBD+BA untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada para pengemudi dan penumpangnya selama di perjalanan. 

Selain itu, mobil ini juga masih dibekali dengan beberapa fitur tambahan lain yang cukup lengkap di kelasnya, yakni tujuh buah airbag, Hill Start Assist (HSA), vehicle stability control (VSC), hingga pengait kursi balita (ISOFIX) yang tersedia untuk semua tipe Toyota Vios, bahkan untuk versi yang paling murah sekalipun. Selain itu, mobil ini juga sudah diuji ASEAN NCAP dan lulus dengan predikat bintang lima. Menarik, bukan?

Mesin Bertenaga dan Hemat Bahan Bakar

Kelebihan mobil Toyota Vios yang berikutnya adalah dibekali dengan mesin bertenaga dan hemat bahan bakar. Mobil ini menggendong jantung mekanis DOHC yang menganut system Dual VVT-i dengan kapasitas mesin 1,5 liter. Di atas kertas, mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 107 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 140 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm. 

Menariknya lagi, meski mobil ini bertenaga nyatanya mesin yang diusung cukup ramah bahan bakar. Pasalnya, mobil ini juga sudah menyematkan pilihan mode berkendara Eco. Nah, semua tenaga yang dihasilkan oleh mesin bakal disalurkan dalam dua jenis pilihan transmisi, yakni 5-speed atau otomatis jenis CVT (continuous variable transmission).

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Nissan X-Trail Bekas di Tahun 2020.

Kekurangan Mobil Toyota Vios

Kabin Kurang Senyap

Semua pemilik kendaraan pasti setuju bahwa kabin yang senyap adalah hal utama yang harus dimiliki oleh sebuah mobil. Tujuannya jelas, yakni untuk memberikan kenyamanan bagi para pengemudi dan penumpangnya selama melakukan perjalanan baik jarak dekat atau jauh. 

Namun masalahnya, hal tersebut tidak didapat oleh para pengguna Toyota Vios. Pasalnya, mobil ini memiliki peredam kabin yang tergolong kurang baik. Meski terkesan sepele, hal ini tentu berimbas pada berkurangnya rasa nyaman para pengemudi atau penumpang karena suara mesin atau saat ban menggesek aspal hingga yang lainnya bisa terdengar sampai ke dalam kabin. Sudah jelas, bagian ini perlu dapat perhatian khusus dari Toyota selaku pabrikan yang melahirkan Vios.

Pilihan Mesin Kurang Variatif

Kekurangan mobil Toyota Vios yang berikutnya adalah hanya ada satu pilihan mesin untuk para konsumen yang hendak membelinya. Mobil ini masih menggunakan mesin yang tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya karena bagian ini tidak mendapatkan pengembangan dari pihak Toyota.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil Bekas di Bawah Rp50 Juta di Bekasi.

Bagaimana, setelah membaca kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Vios ini apakah kamu tertarik untuk membelinya? Jangan lupa kunjungi BeliMobilGue.co.id untuk mendapatkan beragam informasi menarik tentang otomotif, ya.