Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Toyota Yaris

Toyota Yaris jadi salah satu model andalan PT Toyota Astra Motor (TAM) yang mampu memberikan penjualan cukup besar di segmen hatchback di Indonesia. Mobil berkapasitas lima orang penumpang ini sudah mendapatkan beberapa kali perubahan untuk semakin meremajakan penampilannya.

Selain tampilannya yang memanjakan mata, mobil yang identik dengan anak muda yang dinamis dan trendy ini juga tergolong mudah dimodifikasi sehingga membuatnya makin diminati anak muda. Meski begitu, bukan berarti mobil ini tidak punya kekurangan. Kekurangan dari mobil ini bisa dibilang cukup minor, atau hanya sedikit jika dibandingkan dengan kelebihan yang ditawarkannya.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Toyota Yaris

Nah, apakah kamu sedang menimbang untuk membeli sebuah Toyota Yaris baru? Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Yaris yang perlu kamu ketahui sebelum membeli. 

Kelebihan Mobil Toyota Yaris

Eksterior Sporty

Mobil ini mengalami beragam perubahan, salah satunya adalah dari sektor eksteriornya yang diubah menjadi lebih sporty dan kekinian. Hal tersebut bisa dilihat dari headlamp yang sudah mengadopsi projector dan dilengkapi dengan LED DRL. Selain itu, tersemat juga sepasang foglamp dengan desain baru yang berguna untuk menembus kabut dan hujan lebat. Hasilnya, mobil ini tak hanya tampil gaya, tapi juga mampu memberikan visibilitas yang ekstra untuk para pengemudinya. 

Lebih lanjut, mobil ini juga menggunakan pelek 16 inci dengan two-tone silver-black berbalut ban berukuran 195/50 R16 yang semakin membuat tampilannya jadi lebih sporty. Sementara di bagian buritannya, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan rear wiper, LED high-mounted stoplamp, dan rear roof spoiler.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Toyota Yaris Bekas di Tahun 2020.

Interior Makin Futuristik

Tak mau kalah dari eksteriornya, Toyota Yaris generasi terbaru juga mengalami perombakan pada bagian interiornya. Salah satu yang terlihat adalah munculnya layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung konektivitas USB, Aux, hingga mirror link. Selain itu, pengaturan AC juga sudah mengadopsi Digital AC.

Itu saja? Tentu tidak. Agar kesan futuristic dan sportynya lebih terasa, setir mobil Toyota Yaris juga sudah dibalut dengan leather dan terdapat steering wheel audio control switch. Selain itu, terdapat juga engine start/stop button agar terlihat makin kekinian.

Kabin Cukup Lega

Kelebihan mobil Toyota Yaris yang berikutnya adalah kabin yang cukup lega. Saat masuk ke dalam kabin, kamu akan mendapatkan ruang kaki dan kepala yang cukup luas untuk baris depan dan baris belakang yang sudah mengadopsi flat deck. Selain itu, jok semi-bucket pada bagian depan juga terasa ergonomis dan nyaman. 

Mesin Bertenaga dan Irit Bahan Bakar

Mobil ini dibekali dengan mesin bertipe 2NR-FE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.5L. Di atas kertas, mesin ini mampu menjanjikan tenaga sebesar 107 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 140 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan, otomatis 4-percepatan, dan CVT (facelift). Menariknya, mesin yang digunakan oleh mobil Toyota Yaris tak hanya bertenaga dan responsif, nyatanya mesin ini juga diklaim irit bahan bakar.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil Bekas yang Dijual di Jakarta Barat.

Kekurangan Mobil Toyota Yaris

Radius Putar yang Besar

Kekurangan mobil Toyota Yaris yang pertama adalah dari sisi radius putar. Radius putar dari mobil ini cukup besar sehingga membuat kamu harus mengambil ancang-ancang agak jauh saat hendak memutar balik. Nah, hal ini tentu jadi hal yang cukup menyebalkan jika kamu sedang mengemudikan mobil di daerah yang padat dan sempit. Namun, begitu kamu sudah terbiasa menggunakan mobil ini, rasanya hal tersebut tidak akan jadi masalah yang cukup berarti lagi. 

Ground Clearance Rendah

Mobil ini memiliki ground clearance yang cukup rendah, yakni sekitar 139 mm saja. Memang, dari segi tampilan hal tersebut akan membuat Toyota Yaris terlihat lebih sporty. Namun ada sisi negatifnya, yakni kamu harus berhati-hati saat melewati polisi tidur atau jalan rusak agar body mobil tidak baret akibat bergesekan dengan polisi tidur. 

Harga Cukup Tinggi

Kekurangan mobil Toyota Yaris yang terakhir adalah harga yang dibanderol cukup tinggi. Yap, untuk sebuah mobil hatchback perkotaan, Toyota Yaris punya banderol lumayan. Sebagai contoh, untuk varian terendahnya, Toyota Yaris G M/T, mobil ini dijual dengan harga sekitar Rp255 juta. Sedangkan untuk varian tertingginya, Toyota Yaris S CVT TRD, mobil ini dijual dengan harga sekitar Rp287,4 juta.

Nah, buat kamu yang punya bujet terbatas, tentu harus pikir-pikir lagi untuk membeli mobil ini. Sebab, dengan menambah uang beberapa juta lagi, kamu bisa mendapatkan sebuah mobil MPV dengan varian paling rendah.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil Bekas di Bawah Rp50 Juta di Bekasi.

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Yaris. Bagaimana, tertarik untuk memilikinya? Jangan lupa kunjungi BeliMobilGue.co.id untuk dapat informasi tentang Toyota Yaris atau jual-beli mobil lainnya, ya.