Simak Rekomendasi 6 Mobil Hatchback Bekas Terbaik

Ingin punya mobil tipe hatchback dengan harga murah ? Rekomendasi mobil hatchback bekas terbaik di bawah ini bisa jadi referensimu!

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Mobil Tipe Hatchback

Hatchback merupakan sebuah istilah untuk menyebut mobil sedan berekor. Berekor? Ya! Perlu kamu ketahui, umumnya sebuah sedan dibagi menjadi tiga area, yaitu:

  • Area A atau ruang mesin.
  • Area B atau ruang kabin.
  • Area C atau tempat penyimpanan barang/bagasi.

Nah, hatchback hanya memiliki area A dan B. Sementara itu, area C yang seharusnya jadi bagasi, menjadi area kabin namun tanpa tempat duduk. Itu sebabnya bagian belakang dari mobil ini kerap disebut sebagai ekor.

Umumnya, hatchback lebih diperuntukkan untuk medan jalanan kota saja. Pasalnya, bodinya yang tidak terlalu tinggi bisa mudah rusak jika dikendarai di jalanan berbatu dan tak rata.

Dibandingkan city car dan sedan pada umumnya, mobil untuk lima penumpang termasuk sopir ini memberikan ruang kabin yang lebih luas. Di sisi lain, area ekornya pun bisa digunakan sebagai bagasi yang muat banyak barang.

Banyak orang yang kerap masih bingung membedakan antara city car dan hatchback. Mudah saja! Kamu bisa melihat perbedaannya melalui kapasitas mesin yang dimiliki. Mobil hatchback umumnya punya kapasitas mesin 1.4 L dan 1.5 L sementara city car di bawahnya.

Rekomendasi Mobil Bekas Hatchback Terbaik

Rekomendasi mobil hatchback bekas terbaik ini bisa jadi referensimu. Lihat, yuk!

1. Honda Jazz

Honda Jazz selalu jadi dambaan orang-orang berkat desainnya yang sporty dan stylish. Tak heran bila Honda Jazz dinobatkan sebagai salah satu rekomendasi mobil hatchback terbaik.

Honda Jazz sendiri sudah begitu malang melintang di Indonesia. Hal ini terbukti dari diproduksinya mobil ini hingga tiga generasi. Soal harga, Honda Jazz bekas bisa diadu! Berikut detail harga mobil Honda Jazz bekas di pasar kendaraan second:

  • Harga Honda Jazz Generasi I bekas produksi tahun 2003 hingga 2007: Mulai dari Rp60 jutaan hingga Rp80 jutaan.
  • Harga Honda Jazz Generasi II bekas: Mulai dari Rp88 jutaan hingga Rp90 jutaan.

Baca Juga: Simak Daftar Harga Honda Jazz Terbaru Berikut Ini!

2. Toyota Yaris

Rekomendasi mobil hatchback bekas terbaik selanjutnya ialah Toyota Yaris. Yaris baru masuk ke Indonesia pada sekitar 2006, namun ternyata mobil ini sudah dilahirkan sejak tahun 1999, lho!

Hatchback berkapasitas 1.500 cc ini disebut-sebut sebagai tandingan Honda Jazz namun dengan harga yang lebih murah. Sejak awal kehadirannya, kini produksi Yaris sudah masuk ke generasi III dengan tampilan yang lebih lebar dan modern.

Toyota Yaris bekas keluaran tahun 2006 bisa ditemukan mulai harga Rp85 jutaan. Sementara itu untuk Yaris Generasi III bekas bisa ditemukan mulai dari Rp215 jutaan tergantung kondisi.

3. Suzuki Baleno

Suzuki Baleno yang dulunya bertipe sedan kini menjelma dengan lebih modern sebagai hatchback. Berkapasitas 1.2 liter atau 1.397 cc, Baleno hadir sebagai salah satu hatchback andalan Suzuki.

Baleno hatchback pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 lalu di GIIAS. Mobil bekas Baleno tahun 2017 bisa dibeli mulai harga Rp160 jutaan tergantung kondisi dan daerah.

4. Nissan Latio

Popularitas hatchback dari Nissan satu ini tidak begitu terang memang. Ya, Nissan Latio yang merupakan hatchback 5 pintu. Biarpun begitu, bukan berarti mobil ini tidak menarik untuk dimiliki, lho!

Nissan Latio memiliki kapasitas mesin 1.5 L hingga 1.8 L. Kecil-kecil cabe rawit ternyata, ya! Di sisi lain, desain Nissan Latio sangat simpel namun nampak sangat mewah dan elegan.

Berapa harga salah satu mobil bekas hatchback terbaik dari Nissan ini, ya? Ternyata kamu bisa membelinya mulai dari harga Rp70 jutaan tergantung kondisi.

Baca Juga: Tangani Sebelum Terlambat! Ini 5 Dampak Mobil Terkena Banjir.

5. Mazda 2

Ingin rekomendasi mobil hatchback bekas terbaik yang cukup mewah? Mazda 2 nampaknya cocok untuk dijadikan pilihan. Tak seperti mobil asal Jepang lainnya yang umum di Indonesia, Mazda sudah masuk kategori berlabel mewah dan mahal. Biarpun begitu, kamu bisa beli versi bekasnya sehingga harganya jadi terjangkau.

Kini, sudah hadir Mazda 3 yang begitu modern dan keren. Namun walaupun begitu, Mazda 2 lama kondisi bekas pun masih bagus untuk dimiliki.

Mazda 2 memiliki kapasitas mesin 1.5 L atau 1.496 cc. Dengan demikian, tak diragukan lagi tarikannya di jalan, bukan? Harga bekas dari Mazda 2 di pasar kendaran second bisa ditemui mulai dari Rp115 jutaan, lho!

6. Honda Civic Turbo

Rekomendasi mobil hatchback terbaik selanjutnya jatuh pada Honda Civic Turbo. Biarpun dikategorikan sebagai hatchback, mobil ini punya desain bodi yang menyerupai sedan modern.

Kapasitas mesin mobil ini mencapai 1.500 cc dan mampu menghasilkan tenaga hingga 170 hp. Hal yang menarik di samping desainnya, Honda Civic Turbo hatchback diklaim mampu mencapai kecepata 0-100 km per jalam hanya dalam waktu 7,7 detik.

Harga Civic Turbo terbaru saat ini hampir menyentuh angka Rp500 jutaan. Sementara untuk versi bekasnya, mobil ini bisa ditemukan mulai dari harga Rp350 jutaan tergantung tahun produksi dan kondisi.

Itu dia beberapa rekomendasi mobil hatchback bekas terbaik dari BeliMobilGue.co.id. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya!