8 Mobil Keluarga Terbaik di Indonesia

Memilih mobil keluarga terbaik dapat membuat hidupmu dan keluarga jadi lebih mudah. Kira-kira, merek dan tipe mobil apa yang bagus untuk keluarga, ya?

Dari sekian banyak pilihan, ada beberapa hal yang membuat sebuah mobil keluarga jadi pilihan terbaik. Ukuran kabin, kegunaan, harga, hingga irit bahan bensin bisa jadi beberapa faktor penentunya.

Mobil Keluarga Terbaik Itu yang Seperti Apa, Ya?

Saat membawa pasangan, anak-anak, saudara, atau orang tua berkendara, hal yang paling didambakan dari sebuah mobil ialah kenyamanannya. Maka dari itu, kebanyakan orang yang sudah berkeluarga lebih memilih mobil yang punya kabin lega dan muat banyak.

Tipe mobil yang memenuhi kategori itu sendiri antara lain model Multi Purpose Vehicle atau MPV, Van, dan juga Sport Utility Vehicle alias SUV. Selain muat banyak orang, ketiga jenis mobil ini pun bisa menampung barang yang tak sedikit.

Tidak hanya muat banyak yang dicari, kelengkapan fitur keamanan sepert child lock, kursi yang empuk, hingga air bag juga turut dipertimbangkan.

Kemudian, fitur kenyamanan lain sepereti second row AC juga paling dicari. Di sisi lain, ada juga yang ingin mobil keluarga tersebut dilengkap fitur hiburan seperti TV kecil dan music player lengkap.

Pilihan Mobil Keluarga Terbaik yang Lega dan Muat Banyak

Mobil tipe sedan dan hatchback bisa saja jadi mobil keluarga. Namun demikian, jika ingin muat banyak, pilihan mobil keluarga terbaik biasanya jatuh pada kendaraan 7 seater. Maka itu, dalam artikel ini, BeliMobilGue.co.id akan membahas dan membeberkan beberapa pilihan mobil seven seater dari segmen kendaraan MPV.

Ayo, temukan mobil keluarga impianmu dengen mengetahui mobil mana yang paling pas untuk keluarga. Beberapa pilihan mobil keluarga terbaik bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Datsun Go+

Lebih terkenal dengan mobil-mobil tipe hatchback, Datsun pun memproduksi MPV 7 seater, lho! Varian MPV tersebut dikenal dengan tipe Datsun Go+.

Datsun GO+ memiliki kapasitas mesin 1.197 cc dan telah dilengkapi power steering serta air bag di daerah pengemudi. Harganya cukup murah yaitu mulai darai Rp120 juta hingga Rp130 juta. 

2. Suzuki APV

Mobil keluarga pilihan terbaik selanjutnya ialah Suzuki APV yang khas dengan desain kotaknya. Biarpun dari luar kelihatan sempit, namun APV bisa memuat 7 hingga 8 orang penumpang.

Di sisi lain, leg room yang diberikan pun cukup nyaman. Konsumsi bahan bakarnya sendiri cukup irit. Harga untuk Suzuki APV pada tahun 2019 ini berkisar antara Rp140 juta hingga Rp210 juta tergantung tipe.

3. Daihatsu Xenia

Beralih ke mobil sejuta umat yang diproduksi oleh Daihatsu, yaitu Xenia. Daihatsu telah memproduksi dua generasi Xenia di Indonesia. Generasi pertama yaitu produksi tahun 2003 – 2011 dan generasi kedua yaitu produksi tahun 2011 – sekarang.

Baik Xenia bekas produksi lama maupun terbaru yaitu Grand New Xenia masih digandrungi keluarga-keluarga di Indonesia. Pasalnya, selain punya eksterior cukup mewah dan fitur lengkap, Xenia pun punya harga relatif terjangkau.

Beberapa fitur utama Xenia yang bisa dinikmati antara lain ialah dual SRS airbag hingga mesin dengan teknologi dual VVT-I. Harga Grand New Xenia baru sendiri berkisar antara Rp150 juta hingga Rp220 juta tergantung tipe.

4. Toyota Avanza

Setali tiga uang dengan Daihatsu Xenia, Toyota yang juga diproduksi oleh Astra juga punya New Avanza. Dibandingkan dengan Toyota Avanza terdahulu, New Avanza tampil lebih lebar namun punya kelokan bodi yang tampak lebih eksklusif. Terlebih lagi jika kamu memilih Toyota Avanza Veloz sebagai mobil keluarga terbaik.

Memiliki fitur yang tak begitu jauh dari Xenia, New Avanza ada yang dilengkapi dengan layar berukuran 6,1 inci. Harganya sendiri lebih mahal sedikit, yaitu sekitar Rp180 juta hingga Rp220 juta.

5. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga dan All New Ertiga juga kerap ditasbihkan sebagai mobil keluarga terbaik di tahun 2019. Tersedia dengan pilihan transmisi matic dan manual, mobil three row ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp190 juta pada awal tahun 2019.

6. Honda Mobilio

Siapa yang tidak kenal dengan merek mobil Honda. Pabrikan mobil asal Jepang ini selalu mencetak mobil-mobil yang terkesan elegan dan juga sporty. Mobil keluarga Honda yaitu Mobilio pun tak lepas dari kesan ini.

Tahukah kamu, Mobilio ternyata pernah mendapat gelar MPV terbaik pada 2018, lho! Selain punya fitur lengkap dari segi keamanan dan kenyamanan, Mobilio pun dilengkapi dengan sistem pengereman ABS + EBD. Kamu bisa mendapatkan Mobilio dengan harga mulai dari Rp195 juta.

7. Toyota Kijang Innova

Masih dari Toyota, pilihan mobil keluarga terbaik selanjutnya jatuh pada Kijang Innova. Telah mengalami berkali-kali upgrade, kini pilihan yang bisa kamu beli di pasaran adalah Toyota All New Innova.

Innova hadir dengan pilihan mobil berbahan bakar bensin dan juga solar. Itu sebanyak Innova begitu disukai karena terdapat pilihan bahan bakar yang irit namun mesinnya tetap bandel.

Harga All New Innova memang cukup mahal yaitu mulai dari Rp305 juta. Namun, dengan harga tersebut, kenyamanan dan keamanan akan sangat kamu rasakan.

8. Wuling Confero S

Beberapa waktu belakang ini, Wuling, mobil pabrikan China tengah naik daun. Salah satu pilihan yang sesuai dan pas untuk kendaraan keluarga dari Wuling ialah Confero S.

Wuling Confero S punya bodi yang cukup lebar dan nyaman. Kendaraan tipe MPV ini dilengkapi dengan beberapa fitur seperti two tone velg, projector lamp, day running light, dan side-body molding.

Hal yang paling menakjubkan dari Wuling ialah harganya yang sangat murah. Untuk MPV dengan kapasitas mesin 1.500 cc dan fitur canggih, Confero S dibandrol dengan harga Rp135 juta hingga Rp175 juta tergantung tipe.

Itu dia rekomendasi mobil keluarga terbaik dari kelas MPV. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa dijadikan bahan pertimbanganmu dalam memilih kendaraan keluarga, ya!