Daftar 5 Mobil MPV Murah di Indonesia

Dari sekian banyak daftar mobil MPV murah, mana yang jadi pilihanmu? Sekalipun bertipe sama, nyatanya masing-masing MPV dari brand berbeda punya karakteristik dan fitur beda. Tentu saja, kita perlu mencari tahu setiap tipe demi memenuhi kebutuhan pribadi.

Mobil MPV atau Multi-Purpose Vehicle adalah kendaraan multifungsi yang diperuntukkan untuk kapasitas satu keluarga. Selain penumpang, jenis mobil ini juga dapat membawa barang yang cukup banyak sehingga dinilai fleksibel.

Di satu sisi, mobil MPV sering disebut minivan karena memiliki bentuk yang serupa namun lebih kecil serta ekonomis. Sebelum kendaraan berjenis ini terkenal, kita bisa melihat Volkswagen Type 2 yang menganut hampir semua konsep dasar MPV.

MPV Terkenal Serbaguna dan Ramai Peminat

Secara sederhana, MPV digambarkan memiliki tiga baris kursi yang menghadap ke depan, pintu penumpang geser dan pintu belakang belakang berengsel. Namun seiring berjalannya waktu, fitur mobil MPV kini semakin canggih dan hadir dengan berbagai macam fitur.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mobil MPV modern dirancang untuk mengangkut sejumlah besar orang dengan sejumlah fitur keselamatan yang mengusung kenyamanan. Perkiraan kapasitas antara lima dan tujuh orang—sudah termasuk ruang bagasi.

Bentuk mobil MPV biasanya lebih tinggi daripada mobil sedan keluarga rata-rata. Konsep tersebut dirancang demi memberikan ruang kepal yanga lebih besar dan kemudahan akses. Sementara dalam hal bentuk bodi, panjang MPV relatif pendek dan aerodinamis.

MPV datang dalam berbagai ukuran. Ada yang cenderung berkapasitas kecil seperti Citroen C3 Picasso, ada MPV yang berukuran sedang seperti Ford C-Max, lantas ada pula versi yang lebih besar contohnya Volkswagen Sharan.

Banyak model MPV masa kini dengan kursi yang dapat dilipat atau mudah dilepas, serta memiliki posisi tempat duduk tegak memaksimalkan penggunaan ruang interior. Beberapa MPV juga hadir dengan tiga kursi di baris depan dan belakang, sehingga totalnya menjadi enam.

Meski konsep MPV telah hadir sejak dekade 1960-an, namun secara resmi jenis kendaraan tersebut pertama kali hadir di Prancis pada tahun 1987 dengan nama Renault Espace.

Seiring berjalannya waktu, ada pula MPV berukuran kecil yang kerap disebut Mini MPV. Bagaimana perkembangan MPV dan daftar lengkap harganya di Indonesia? Simak berikut ini.

Perkembangan dan 5 Mobil MPV Murah di Indonesia

Berdasarkan sumber resmi, geliat MPV di Indonesia mulai menaik sejak kemunculan Toyota Kijang awal tahun 1990-an. Ada pula Isuzu Panther dengan mesin diesel 2300 cc OHV bertenaga 63 PS namun sangat irit.

Ada pula mobil MPV lain yakni Daihatsu Zebra Espass yang menawarkan mesin 1600 cc bertenaga 88 PS, sehingga unggul pada masanya. Kendati begitu, Daihatsu Carry bisa dibilang menjadi salah satu MPV yang laku dengan banyak keunggulan.

Lantas, apa saja mobil MPV murah di Indonesia yang bisa kamu beli saat ini? Simak daftar lengkapnya sebagai berikut ini.

1. Toyota Avanza, Rp192 Juta – Rp225 Juta

Bicara mobil MPV murah Indonesia, tak lengkap rasanya bila melewatkan Toyota Avanza. Jenis entry-level yang satu ini dikembangkan khusus buat masyarakat Tanah Air sebagai generasi penerus Toyota Kijang. Faktanya, Avanza adalah MPV paling laris di Indonesia.

Penjualan Toyota Avanza telah mencapai angka 1,7 juta unit per bulan Desember 2018 dan diprediksi bakal terus meningkat. Tak ayal, mobil MPV murah yang satu ini menjadi kendaraan terlaris Indonesia sejak tahun 2014 hingga 2018.

Baca Juga: 4 Cara Merawat Mobil Avanza Supaya Kuat dan Tahan Lama.

2. Daihatsu Xenia, Rp180 Juta – Rp215 Juta

Daihatsu Xenia kini hadir dengan versi terbaru yakni Grand New Xenia. Ada dua tipe yang bisa diperoleh, yakni 1.3X dan 1.3R. Ia memiliki mesin dual VVT-i yang mampu menghasilkan suara mobil nan halus, kencang, namun tetap irit bahan bakar.

Xenia turut dilengkapi fitur Dual SRS Airbag dan Side Impact Beam dengan AC Double Blower. Harga baru berada pada rentang Rp180 juta sampai Rp215 juta, meski kamu bisa mendapatkan nominal yang lebih murah.

3. Honda Mobilio, Rp189 Juta – Rp243 Juta

Tertarik untuk membeli mobil MPV murah yang satu ini? Ya. Honda Mobilio bisa kamu dapatkan dengan harga Rp189 juta sampai Rp243 juta. Harga tersebut khusus buat mobil baru. Kemungkinan rentang harga bekas bisa jauh di bawah angka tersebut.

Mulai dari S, E, E CVT, E CVT Prestige, RS, dan RS CVT, kamu bisa memilih jenis Honda Mobilio sesuai selera serta kebutuhan. Ukuran Honda Mobilio adalah 4.190 mm dan lebar 1.660 mm, cocok untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Baca Juga: 8 Mobil Keluarga Terbaik di Indonesia.

4. Mitsubishi Xpander, Rp190 Juta – Rp245 Juta

Mitsubishi Xpander tersedia dalam 5 tipe berbeda dengan dua pilihan sistem transmisi, yakni manual serta otomatis. Tak beda jauh dengan Honda Mobilio, rentang harga Xpander berkisar antara Rp190 juta hingga Rp245 juta.

Seluruh tipe dilengkapi sistem pengereman ABS + EBD serta Dual SRS Airbag. Ya, fitur-fitur tersebut mampu menunjang kebutuhan keluarga dengan kapasitas yang besar.

5. Wuling Confero, Rp130 Juta – Rp165 Juta

Tak kalah dengan empat daftar di atas, Wuling Confero sebagai mobil MPV murah asal China kini mulai diminati oleh banyak kalangan. Kisaran harganya paling murah dibanding daftar lain, yakni mulai dari Rp130 juta hingga Rp165 juta.

Berbagai daftar mobil MPV murah lain bisa kamu lihat dan bandingkan dengan jelas. Ya, cukup akses BeliMobilGue.co.id dan temukan pilihanmu dari sekarang!