5 Mobil Paling Irit BBM yang Bisa Bikin Hemat

Ada beberapa hal yang jadi pertimbangan seseorang sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan idaman, salah satunya adalah tingkat konsumsi bahan bakar yang dihasilkan.

Hal tersebut rasanya tidak berlebihan. Sebab, sebagian besar masyarakat Indonesia masih mengandalkan kendaraan roda empat sebagai moda transportasi sehari-hari, baik untuk penggunaan harian di dalam kota atau bahkan untuk menempuh jarak yang jauh.

Di pasaran, ada banyak mobil irit bahan bakar yang bisa jadi pertimbangan. Namun, untuk memudahkan kamu, berikut kami sajikan daftar mobil paling irit untuk kamu.

Mobil Paling Irit dan Hemat BBM

Selain desain dan fitur menarik yang ditawarkan, tingkat konsumsi bahan bakar jadi salah satu hal acuan sebelum membeli sebuah kendaraan. Nah, jika kamu termasuk orang yang memperhatikan tingkat konsumsi bahan bakar, berikut daftar mobil paling irit yang bisa dijadikan pilihan.

1. Mitsubishi Mirage

Mobil paling irit yang pertama adalah Mitsubishi Mirage. Masuk dalam segmen city car, mobil ini sejatinya diciptakan untuk penggunaan harian. Itu sebabnya, selain memiliki desain yang ramping dan compact, Mitsubishi Mirage juga disokong dengan penggunaan mesin yang bertenaga, tapi juga hemat bahan bakar.

Mobil yang mengusung dapur pacu dengan kubikasi mesin 1,193 cc ini mampu mencatatkan tenaga maksimal 57 kW pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 100 nm pada putaran 4.000 rpm. Menariknya lagi, mobil yang mendapatkan bintang 4 pada hasil uji ASEAN N-CAP ini bahkan mampu menempuh jarak hingga 31 km/liter. Menarik, bukan?

2. Daihatsu Sigra

Mobil paling irit yang kedua adalah Daihatsu Sigra. Wajar jika Daihatsu Sigra masuk dalam daftar mobil paling irit. Sebab, mobil ini memang mendapat label sebagai mobil LCGC. Daihatsu Sigra mengandalkan mesin 1.2 L DOHC 4 silinder yang menjanjikan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 108 nm pada 4.200 rpm. Soal konsumsi bahan bakarnya, Daihatsu Sigra mampu menempuh jarak 19,3 km/liter.

Meski masuk sebagai mobil murah, salah satu mobil paling irit ini sudah dilengkapi dengan fitur yang terbilang lengkap. Beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan adalah dashboard dua warna, panel instrumen yang lengkap dengan multi information display (MID), kursi depan dengan armrest, pelipatan kursi one touch tumble, hingga audio yang bisa memainkan musik dari berbagai macam koneksi seperti Bluetooth, USB, atau AUX.

3. Honda Brio

Honda Brio jadi salah satu mobil yang paling mudah ditemukan di jalanan. Alasannya sederhana, mobil ini tak hanya dilengkapi dengan desain yang keren dan sporty, tapi juga dibekali dengan mesin yang bertenaga dan irit.

Mengusung mesin berkapasitas 1200 cc, mobil ini diklaim mampu memuntahkan tenaga maksimum sebesar 90 PS pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi maksimum 110 nm pada 4800 rpm.

Tidak berhenti sampai di situ, mobil ini juga menggunakan CVT with Earth Dreams Technology yang menjanjikan perpindahan transmisi yang lebih halus, performa mesin yang lebih maksimal, serta hemat bahan bakar. Lantas, berapa konsumsi bahan bakarnya? Mobil hatchback keren dari Honda ini mampu melaju hingga 21,2 km/liter.

4. Nissan March

Satu lagi mobil city car yang masuk dalam daftar mobil paling irit, yakni Nissan March. Dari segi tampilan, mobil ini memiliki desain yang sporty. Hal itu bisa dilihat dari penggunaan Daytime Running LED Light di bagian bumper depan. Selain itu, terdapat juga Rear Spoiler with LED High-Mounted Stop Lamp dengan desain aerodinamis.

Lebih lanjut, Nissan March sudah dilengkapi dengan fitur keamanan dan keselamatan yang baik di kelasnya, seperti Dual SRS Airbag yang akan mengembang secara otomatis saat mobil mengalami benturan keras dari depan. Selain itu, mobil ini juga sudah menerapkan fitur brake assist yang akan mencegah roda terkunci saat rem mendadak.

Sementara itu, di sisi jantung mekanisnya, Nissan March mengusung mesin berkapasitas 1198 cc yang juga dilengkapi dengan teknologi CVTC yang mampu membuatnya menghasilkan tenaga maksimal 76 PS pada 6.000 rpm, sekaligus mengefisiensikan bahan bakar dengan baik. Itu sebabnya, jangan heran jika salah satu mobil paling irit ini mampu melaju hingga 21 km untuk setiap liter BBM yang dikeluarkannya.

5. Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Mobil paling irit yang terakhir adalah Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. ‘Saudara kembar’ di segmen LCGC ini jadi pilihan utama buat sebagian orang yang mencari mobil untuk penggunaan sehari-hari dengan mesin yang irit bahan bakar.

City car yang mampu menampung 5 orang ini hadir dengan desain menarik dan compact yang membuatnya cocok digunakan untuk penggunaan sehari-hari di perkotaan dengan lalu lintas yang padat. Menariknya lagi, mobil ini bahkan mampu melaju hingga 19,3 km/liter.

Itu dia beberapa rekomendasi mobil paling irit yang bisa bikin kamu jadi lebih hemat. Dari kelima mobil tersebut, mana yang paling menarik perhatian kamu? Nah, jika kamu tertarik untuk membeli salah satunya, jangan lupa kunjungi BeliMobilGue.co.id untuk mendapatkan penawaran terbaik, ya.