Rekomendasi 5 Mobil SUV Paling Irit dan Tangguh

Selain MPV, mobil Sport Utility Vehicle (SUV) jadi salah satu model yang cukup diminati masyarakat Indonesia. Alasannya, mobil ini tak hanya punya desain yang gagah, tapi juga disokong dengan mesin bertenaga.

Menariknya lagi, selain dibekali dengan fitur-fitur terkini, mobil ini juga memiliki kapasitas penumpang yang besar sehingga bisa menampung banyak orang dan barang. Nah, buat kamu yang sedang mencari mobil SUV paling irit dan tangguh, berikut rekomendasinya untuk kamu.

Mobil SUV Paling Irit

Selain desainnya yang menarik, mobil SUV paling irit ini juga dilengkapi dengan banyak fitur untuk memanjakan para penggunanya. Ini dia ulasannya.

1. Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe jadi kendaraan pertama yang masuk dalam daftar mobil SUV paling irit. Bayangkan saja, mobil bikinan jenama Korea ini mampu menempuh jarak hingga 15,51 kilometer hanya dengan satu liter bensin saja.

Menariknya, meski terbilang hemat bahan bakar, mobil SUV dengan desain elegan ini dibekali dengan mesin yang terbilang bertenaga. Pada sektor dapur pacunya, Hyundai Santa Fe menggendong jantung mekanis dengan kapasitas 2.199 cc yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 198 HP dan torsi maksimal 445 nm.

Tidak berhenti sampai di situ saja. Menariknya lagi, salah satu mobil SUV paling irit ini juga dilengkapi dengan beragam fitur yang lengkap. Beberapa di antaranya adalah electric parking brake dengan autohold, paddle shift, push start button, dan wide panoramic sunroof (XG).

Sedangkan untuk sektor keamanan dan keselamatannya, mobil ini mengusung fitur seperti airbag pengemudi dan penumpang, sistem pengereman dengan ABS (Anti-Lock Braking System) dan EBD, Electronic Stability Control, Downhill Brake Control, dan Hill-start Assist.

Baca Juga: Ketahui 5 Perbedaan Mobil SUV dan MPV Berikut Ini.

2. Nissan X-Trail

Daftar mobil SUV paling irit selanjutnya adalah Nissan X-Trail. SUV andalan Nissan ini hadir dengan tampilan yang modern dan stylish. Hal itu bisa dilihat dari penggunaan LED signature lamp dengan desain yang futuristik dan sangat berkarakter.

Selain itu, di bagian buritannya, Nissan X-Trail menggunakan lampu belakang yang melebar ke sisi samping sekaligus menyempurnakan kesan sporty dan lebih mudah dilihat.

Dari sektor mesin, Nissan X-Trail hadir dalam dua varian, yakni 2.0 L dan 2.5 L. Untuk varian 2.0 L, mobil ini menggunakan tipe mesin MR20DD 4 silinder dengan 16 katup dan teknoogi DHC dan Dual CVTCS. Di atas kertas, mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 144 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 204 nm pada 4.400 rpm.

Sementara untuk versi 2.5 L, mobil ini menggunakan mesin berteknologi DOHC dengan 16 katup dan 4 silinder sertai memiliki teknologi Dual CVTCS, berkapasitas 2488 cc.

Hasilnya, mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 171 PS pada 6000 rpm, serta torsi maksimum 238 nm pada 4000 rpm. Meski terbilang bertenaga, mobil ini cukup hemat bahan bakar. Terbukti, Nissan X-Trail mampu menempuh jarak 15,7 kilometer untuk 1 liter bensin saja.

3. Chevrolet Captiva

Mobil SUV paling irit selanjutnya adalah Chevrolet Captiva. Mobil dengan desain garang ini sudah dilengkapi dengan DRL LED yang berada pada headlampnya. Selain itu, Captiva juga terlihat kekar dengan tarikan garis tegas pada sekujur bodinya.

Soal dapur pacunya, SUV ini dipersenjatai dengan mesin diesel DHOC 2.4 liter berkapasitas 2.384 cc. Di atas kertas, mobil ini mampu memuntahkan tenaga mencapai 171 PS dan torsi maksimal 225 nm.

Lebih lanjut, untuk membuat kinerja mesinnya bekerja dengan lebih maksimal, mobil ini sudah dibekali dengan teknologi Dual Continuous Variable Cam Phasing dan DBW. Hasilnya, mobil ini tak hanya bertenaga, tapi juga hemat bahan bakar. Chevrolet Captiva hanya butuh 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 16,5 kilometer.

4. Mazda CX-5

Ada beberapa alasan yang membuat Mazda CX-5 jadi salah satu SUV yang cukup laris di pasaran. Beberapa di antaranya adalah mobil ini memiliki desain yang keren serta hemat bahan bakar.

Mobil ini sudah menganut desain kekinian khas Mazda, Kodo Design. Desain ini didukung dengan penggunaan bodi mobil yang sudah menggunakan teknologi SkyActive.

Dibekali dengan mesin berkapasitas 2.500 cc, Mazda CX-5 mampu menghasilkan tenaga hingga 187 HP dan torsi 250 nm. Dengan perpaduan mesin bertenaga dan hemat bahan bakar, lengkap dengan bodi mobil yang aerodinamis, salah satu mobil SUV paling irit ini mampu menempuh jarak hingga 15 kilometer dengan 1 liter bahan bakar saja.

Lebih lanjut, SUV 5 penumpang ini juga memiliki fitur yang lengkap di kelasnya, yakni Adaptive LED Headlights, Lane-keep Assist System, Blind Spot Monitoring, Adaptive Front Lighting System, Lane Departure Warning System, Rear Cross Traffic Alert, Smart City Brake Support [Forward], Smart City Brake Support [Reverse], hingga Driver Attention Alert.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil SUV Paling Irit dan Tangguh.

5. Honda CR-V

Berbeda dengan SUV lainnya, Honda CR-V lebih mengusung desain yang mewah dan sporty. Hal itu bisa dilihat dari penggunaan Full LED Headlamp yang dilengkapi dengan LED Daytime Running Light (DRL). Tampilan tersebut semakin diperkuat dengan penggunaan LED foglamp untuk memberikan penerangan lebih baik saat melintasi jalan berkabut.

Mobil ini mengusung mesin berkapasitas 1,5 liter 4 silinder berteknologi VTEC yang mampu membuatnya menghasilkan daya maksimum sebesar 190 PS pada putaran mesin 5600 rpm. Sementara untuk torsi maksimumnya, Honda CR-V mencapai 240 Nm pada putaran mesin dari 2000 hingga 5000 rpm.

Tidak berhenti sampai di situ saja. Mobil ini juga dibekali dengan teknologi PGM-FI yang membuat asupan bahan bakarnya menjadi lebih irit, tapi tidak mempengaruhi performanya. Mobil ini mampu menempuh perjalanan hingga 14 kilometer dengan 1 liter bahan bakar saja.

Itu dia beberapa rekomendasi mobil SUV paling irit yang bisa kamu jadikan pilihan. Tentunya, hal tersebut bisa disesuaikan dengan kocek yang kamu punya. Kunjungi juga BeliMobilGue.co.id untuk cari tahu informasi jual-beli terkini.